Connect With Us

Produk UMKM Kabupaten Tangerang Bakal Dipasarkan ke Eropa

Rangga Agung Zuliansyah | Jumat, 24 Desember 2021 | 19:40

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tangerang tengah menjalin kerjasama antara Forum Usaha Mikro (Forsamik) Kabupaten Tangerang dengan Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia Komite Turki. (@TangerangNews / Rangga Agung Zuliansyah)

TANGERANGNEWS.com-Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tangerang tengah mendorong daya saing produk UMKM agar dapat menembus pasar Eropa, dengan menfasilitasi kerjasama antara Forum Usaha Mikro (Forsamik) Kabupaten Tangerang dengan Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia Komite Turki.

Kerja sama ini ditandai dengan penandatanganan nota kesepakatan antara kedua organisasi tersebut, Jumat 24 Deseber 2021.

"Saya mengapresiasi adanya kesepakatan ini, karena dengan adanya MoU ini diharapkan dapat meningkatkan kapasitas UMKM di kabupaten Tangerang agar makin berdaya saing baik di tingkat nasional maupun global," kata Kepala Bidang Kemitraan dan Promosi Pada Dinas Koperasi dan Usaha Mikro Parikin.

Dia berharap Kadin terus bersinergi bersama Pemerintah Daerah, serta memiliki tanggungjawab bersama dalam meningkatkan ekonomi dan penciptaan lapangan kerja baru di masyarakat melalui sektor UMKM.

Wakil dari Kadin Indonesia Komite Turki, Alfian mengatakan, UMKM saat ini sangat terdampak oleh COVID-19. Karena itu, pihaknya terus berinovasi agar para UMKM selalu merasakan dampak positif dengan adanya kerjasama ini.

"Untuk itu kami bersama dengan Forsamik Kabupaten Tangerang melakukan terobosan, salah satunya yaitu membawa sampel produk dari Kabupaten Tangerang, dan mudah-mudahan bisa diterima oleh Turki baik secara teknis maupun secara legal (resmi)," jelasnya.

Adapun beberapa produk UMKM yang sudah masuk ke pasar Turki yaitu bir pletok, minuman lemon dan jahe. "Karena di sana sedang memasuki musim salju, minuman yang berbahan rempah sangat digemari di sana," tuturnya.

Menurutnya, Kadin akan terus bersinergi dengan Pemerintah Daerah karena Pemda merupakan pemberi kebijakan mulai dari perijinan hingga pembinaan. Selain itu pihaknya juga perlu mendapat pengawasan oleh seluruh elemen masyarakat seperti LSM, Anggota Dewan bahkan sampai wartawan juga sangat penting supaya bisa semakin baik.

WISATA
 Hotel Sahid Serpong Angkat Kuliner Khas Kampung Cilenggang Tangsel Sebagai Menu Bukber

Hotel Sahid Serpong Angkat Kuliner Khas Kampung Cilenggang Tangsel Sebagai Menu Bukber

Sabtu, 16 Maret 2024 | 12:33

Ada yang unik pada menu buka puasa bersama (bukber) Ramadan, di Hotel Sahid Serpong. Sekitar 40 varian makanan bertema "Kampung Cilenggang" tersedia di sini.

HIBURAN
Lagi Viral di TikTok, Begini Cara Lihat Tahun Lama di Aplikasi Google Maps

Lagi Viral di TikTok, Begini Cara Lihat Tahun Lama di Aplikasi Google Maps

Rabu, 27 Maret 2024 | 14:35

Baru-baru ini tengah viral di media sosial TikTok sebuah tren melihat tahun lama di aplikasi Google Maps.

BANDARA
6 April Puncak Arus Mudik Lebaran di Bandara Soetta, Diprediksi Capai 188.795 Penumpang

6 April Puncak Arus Mudik Lebaran di Bandara Soetta, Diprediksi Capai 188.795 Penumpang

Kamis, 28 Maret 2024 | 16:54

Arus mudik di Bandara Soekarno-Hatta (Soetta), Kota Tangerang akan berlangsung selama 18 hari tanggal 3-18 April 2024.

TANGSEL
Tangsel Tuan Rumah Porprov Banten 2026, Begini Persiapannya

Tangsel Tuan Rumah Porprov Banten 2026, Begini Persiapannya

Kamis, 28 Maret 2024 | 16:36

Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) VII Banten 2026 mendatang akan diselenggarakan di Kota Tangerang Selatan (Tangsel).

""Kekuatan dan perkembangan datang hanya dari usaha dan perjuangan yang terus menerus""

Napoleon Hill