Connect With Us

Pasien Isolasi Covid- 19 di Kabupaten Tangerang Meningkat 100 Persen

Tim TangerangNews.com | Sabtu, 5 Februari 2022 | 18:38

Dinas Kesehatan Kabupaten Tangerang menyampaikan perkembangan kasus aktif Covid-19 mengalami tren peningkatan. (@TangerangNews / Diskominfo Kab. Tangerang)

TANGERANGNEWS.com–Dinas Kesehatan Kabupaten Tangerang menyebutkan, perkembangan kasus aktif Covid-19 di wilayahnya mengalami tren peningkatan dengan jumlah 600 kasus.

Dari 600 kasus aktif tersebut, diketahui sekitar 250 orang menjalani isolasi, sedangkan sekitar 300 orang menjalani isolasi mandiri di rumah masing-masing, dan sisanya menjalani perawatan di rumah sakit rujukan.

"Berdasarkan laporan untuk pasien perawatan belum ada peningkatan yang signifikan, tingkat pemakaian bed occupancy rate (BOR) masih normal, hanya di tingkat pasien isolasi saja yang meningkat hampir 100 persen," ujar Kepala Bidang Pelayanan Kesehatan pada Dinkes Kabupaten Tangerang, Faridz di Tangerang, Jumat 4 Februari 2022. 

Faridz  mengatakan, dengan adanya tren peningkatan kasus tersebut, Pemkab Tangerang sudah mulai melakukan beberapa persiapan, di antaranya melakukan antisipasi ketersediaan obat-obatan dan oksigen di setiap fasilitas kesehatan yang ada.

Dari hasil pengecekan, pihaknya pun mencatat ketersediaan cadangan oksigen yang berada di gudang penyimpanan di daerah itu ada sebanyak 386 meter kubik.

Sedangkan untuk stok obat-obatan Covid-19 dari beberapa merek seperti jenis Levofloxacin, Azitromisin, Remdesivir, Favipiravir dan Oseltamivir ada sekitar 12 ribu. Sementara untuk oksigen dan obat yang ada di RS maupun puskesmas, stok masih cukup. 

“Tetapi saya belum bisa merinci karena laporan itu biasanya langsung ke gudang farmasi. “Biasanya kalau mereka ada batas tertentu misalkan tinggal beberapa persen lagi akan lapor ke kita," lanjut Faridz.

Menurut dia, jika nantinya terjadi lonjakan kasus Covid-19 yang signifikan, maka pihaknya akan langsung berkoordinasi dengan pemerintah Provinsi Banten terkait bantuan atau penambahan suplay obat-obatan dan oksigen tersebut.

"Biasanya nanti kalau lonjakan kasus ini terus meningkat, kita biasanya mengajukan bantuan ke Provinsi," ungkapnya.

Ia memastikan, jika ketersediaan obat-obatan dan oksigen di wilayah Kabupaten Tangerang itu selama ini masih aman dan terkendali. Namun, hana saja dari tingkat kebutuhan tempat isolasi sangat tinggi.

"Sekarang kita hanya membutuhkan tempat isolasi saja, untuk obat-obatan dan oksigen saat ini cukup," tutur Faridz.

Berdasarkan data penyebaran Covid-19 Dinas Kesehatan Kabupaten Tangerang, per tanggal 4 Februari 2022, tercatat total kasus terkonfirmasi positif virus corona 28.264 orang, dengan rincian pasien menjalani isolasi 721 orang, pasien menjalani perawatan 22 orang. Kemudian pasien sembuh 27.125 orang dan pasien meninggal akibat Covid-19 total 396 orang.

TANGSEL
Usai Didemo Warga, BRIN Kembali Buka Jalan Raya Puspitek

Usai Didemo Warga, BRIN Kembali Buka Jalan Raya Puspitek

Selasa, 23 April 2024 | 15:22

Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) kabulkan tuntutan warga mengenai pembatalan penutupan Jalan Ray Puspitek yang menghubungkan kawasan Muncul, Kecamatan Setu, Kota Tangsel dengan Gunung Sindur, Kabupaten Bogor.

KAB. TANGERANG
Sekda Tangerang Minta Guru Tingkatkan Kualitas Pendidikan 

Sekda Tangerang Minta Guru Tingkatkan Kualitas Pendidikan 

Selasa, 23 April 2024 | 20:18

Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Tangerang Moch Maesyal Rasyid mengajak guru-guru dari Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) dan Pergerakan Guru Madrasah Indonesia (PGMI) di Kecamatan Pagedangan

BANDARA
Imbas Erupsi Gunung, AirNav Perpanjang Penutupan Bandara Sam Ratulangi Manado 

Imbas Erupsi Gunung, AirNav Perpanjang Penutupan Bandara Sam Ratulangi Manado 

Kamis, 18 April 2024 | 15:03

Gunung Ruang di Sulawesi Utara mengalami erupsi dengan ketinggian letusan mencapai 3725 meter di atas permukaan laut pada Rabu, 17 April 2024.

""Kekuatan dan perkembangan datang hanya dari usaha dan perjuangan yang terus menerus""

Napoleon Hill