Connect With Us

KLHK Gelar Gerakan Bersih Pantai di Teluknaga Tangerang

Tim TangerangNews.com | Sabtu, 12 Maret 2022 | 15:50

Wakil Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK), Alue Dohong menggelar kegiatan bersih pantai di Teluknaga, Kabupaten Tangerang, Banten pada Sabtu 12 Maret 2022. (@TangerangNews / Antara)

TANGERANGNEWS.com–Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) menggelar kegiatan pointer bersih pantai "Coastal-Clean Up" pada rangkaian Hari Bakti Ribawan 2022 di Tanjung Pasir, Kecamatan Teluknaga, Kabupaten Tangerang, Banten pada Sabtu 12 Maret 2022.

Wakil Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Alue Dohong mengatakan, gerakan atau kegiatan dalam menangani serta mengurangi limbah padat di laut akan menjadi agenda rutin secara nasional.

"Kegiatan ini bukan hanya secara parsial saja, tetapi diharapkan bisa menjadi gerakan nasional secara terus menerus," ujarnya dalam kegiatan tersebut Sabtu ini.

Selama ini, kata Alue Dohong, pemerintah Indonesia sudah mengambil langkah strategis dalam penanganan sampah padat di laut, terutama pada sampah jenis plastik dan telah mengimplementasikan target pengurangan sebesar 30 persen serta penanganan-nya sebanyak 70 persen pada 2025.

Menurut dia, pihaknya juga sudah memonitor sejak 2017, dan pada 2021 ada 40 persen komposisi sampah yang ada di pantai ini adalah berasal dari plastik. “Oleh sebab itu hal ini harus segera ditangani oleh semua pihak," ucapnya.

Ia menjelaskan, gerakan aksi nasional untuk mengurangi limbah padat di laut ini tentunya akan dilakukan melalui beberapa kegiatan dengan berkolaborasi oleh semua pemangku kepentingan, mulai dari pemerintah daerah, pihak swasta hingga masyarakat.

"Seperti hari ini, kita melaksanakan kegiatan di tujuh tempat dari beberapa provinsi yang ada di Indonesia salah satunya di Tanjung Pasir, Tangerang, Banten ini," katanya.

Lebih lanjut dikatakan, pada gerakan penguatan kesadaran peduli terhadap lingkungan di dalam negeri ini merupakan langkah konkret pemerintah untuk merespon tantangan baru masyarakat global dalam menjaga ekosistem hayati laut, yakni pencemaran sampah plastik dan mikroplastik.

"Gerakan penanganan limbah padat laut ini juga dilakukan secara global, di semua negara melakukan hal yang sama. Karena sampah laut terutama pada sampah plastik telah menjadi masalah global," terangnya.

Alue Dohong menyebutkan, saat ini berdasarkan keseluruhan jenis bahan sampah, seperti plastik paling banyak di antara jenis sampah lainnya, di mana beratnya mencapai 1432,37 gr/m2 atau sebesar 44 persen dari berat total sampah yang ditemukan dan nilai rata-rata 59,68 gr/m2.

Berikutnya, sampah kedua terbanyak jenis kaca dan keramik, beratnya mencapai 498,98 gr/m2 atau sebesar 15 persen dari berat total sampah yang ditemukan dan nilai rata-rata 20,79 gr/m2.

Adapun berdasarkan jumlahnya, plastik juga paling banyak dengan total kepadatan sebesar 162,17 pcs/m2 dan sampah kaca dan keramik sebesar 55,78 pcs/m2.

"Berdasarkan hasil analisis data pemantauan, sampah yang paling banyak dijumpai dan memiliki kepadatan tertinggi dari semua lokasi pada tahun 2021 berasal dari jenis plastik,” ungkapnya.

Jenis plastik tersebut, lanjut dia, kantong plastik dan wadah makanan cepat saji paling banyak ditemukan sebagai sampah plastik dengan kepadatan tertinggi yang dijumpai sepanjang 2021.

OPINI
Ramadan Bulan Ampunan, Utang Pinjol Malah Bertebaran

Ramadan Bulan Ampunan, Utang Pinjol Malah Bertebaran

Rabu, 20 Maret 2024 | 15:57

Ramadan adalah bulan suci yang identik dengan ampunan dan bulan penuh ketakwaan. Namun, nyatanya hal ini tidak menjadikan pelaku kemaksiatan berkurang. Salah satu kemaksiatan yang semakin marak adalah pinjaman online atau pinjol.

HIBURAN
Lagi Viral di TikTok, Begini Cara Lihat Tahun Lama di Aplikasi Google Maps

Lagi Viral di TikTok, Begini Cara Lihat Tahun Lama di Aplikasi Google Maps

Rabu, 27 Maret 2024 | 14:35

Baru-baru ini tengah viral di media sosial TikTok sebuah tren melihat tahun lama di aplikasi Google Maps.

TEKNO
Trafik Data Telkomsel Diprediksi Melonjak 15% saat RAFI 2024, Paling Tinggi Game Online

Trafik Data Telkomsel Diprediksi Melonjak 15% saat RAFI 2024, Paling Tinggi Game Online

Kamis, 28 Maret 2024 | 01:09

Telkomsel memproyeksikan terjadinya pertumbuhan trafik broadband hingga 15,22% dibandingkan hari biasa selama momen Ramadan dan Idulfitri (RAFI) 2024.

BANTEN
UMKM Binaan PLN Banten Jadi Sorotan di Bazar Kementerian ESDM 2024

UMKM Binaan PLN Banten Jadi Sorotan di Bazar Kementerian ESDM 2024

Kamis, 28 Maret 2024 | 10:45

Sejumlah pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) binaan PT PLN (Persero) Unit Induk Distribusi Banten (PLN UID Banten) berpartisipasi dalam bazar bertajuk "Sobat Energi Belanja UMKM 2024" .

""Kekuatan dan perkembangan datang hanya dari usaha dan perjuangan yang terus menerus""

Napoleon Hill