Connect With Us

Call Center 112 Kabupaten Tangerang Terima 15.565 Panggilan Prank

Rangga Agung Zuliansyah | Jumat, 29 April 2022 | 23:59

Call Center 112 Kabupaten Tangerang. (@TangerangNews / Rangga Agung Zuliansyah)

TANGERANGNEWS.com-Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kabupaten Tangerang mencatat sepanjang Januari hingga April 2022, layanan Call Center 112 telah mendapatkan 15.565 panggilan palsu atau prank call.

"Kalau untuk prank call ini ada 15.565 panggilan, kami harap kedepannya masyarakat dapat menggunakan layanan ini dengan sebaik-baiknya," kata Kepala Bidang Aplikasi Informatika pada Diskominfo Kabupaten Tangerang Cecep Khaerudin, Jumat 29 April 2022.

Sementara jumlah aduan yang sudah ditindaklanjuti ada sebanyak 212 panggilan. Terdiri dari aduan kebakaran, kecelakaan, kriminal, evakuasi hewan liar dan lain sebagainya.

"Sedangkan untuk permintaan informasi seperti lokasi vaksinasi, layanan ini telah menangani 4.347 panggilan," ujar Cecep.

Menurutnya, selama periode curi mudik Lebaran 2022, pihaknya tetap membuka layanan panggilan darurat Call Center 112 selama 24 jam, pada 29 April hingga 8 Mei mendatang.

Pemkab mengakomodir kebutuhan para pemudik maupun masyarakat Kabupaten Tangerang khususnya dalam menangani soal kegawatdaruratan.

Pengaduan terkait layanan darurat medis, kriminal, bencana, kebakaran, kecelakaan, keamanan dan ketertiban, serta hal lain seperti evakuasi hewan buas, pohon tumbang, dan juga permintaan informasi akan siap diterima.

"Kami juga selalu berkomunikasi dengan pihak Kepolisian, BPBD dan Satpol PP untuk menangani perihal kegawatdaruratan, khususnya di masa cuti Lebaran ini," ucap Cecep.

Dalam operasinya, komposisi petugas Call Center 112 terdiri dari 13 orang yang terbagi menjadi tiga shift, yakni tiga orang per shift dan empat orang mendapat libur per hari.

Mereka memiliki tugas untuk melakukan komunikasi kepada instansi terkait untuk menangani persoalan kegawatdaruratan.

"Contohnya seperti ada kebakaran, operator ini bertugas untuk menyambungkan kepada dinas terkait seperti BPBD. Selain itu, kami juga lakukan pembagian shift kepada operator, hal ini kami lakukan agar panggilan kedaruratan tetap berjalan namun di saat yang sama para petugas tetap dapat merayakan Hari Raya Idul Fitri,” ucapnya.

Sebagai informasi, layanan panggilan darurat Call Center 112 merupakan inovasi Pemkab Tangerang, untuk menangani kegawatdaruratan di Kabupaten Tangerang selama 24 jam penuh.

Melalui layanan ini, masyarakat dapat melakukan pelaporan dengan cepat, mudah dan bebas pulsa. Dengan adanya layanan ini, diharapkan pemudik yang singgah atau melintasi jalur Kabupaten Tangerang dapat merasa aman dan nyaman.

MANCANEGARA
Sering Dianggap Negara Terjorok, Ini 22 Fakta Unik India

Sering Dianggap Negara Terjorok, Ini 22 Fakta Unik India

Rabu, 20 Maret 2024 | 13:33

India merupakan negara yang terletak di Asia Selatan dengan jumlah penduduk terbanyak di dunia menggeser posisi Tiongkok.

WISATA
 Hotel Sahid Serpong Angkat Kuliner Khas Kampung Cilenggang Tangsel Sebagai Menu Bukber

Hotel Sahid Serpong Angkat Kuliner Khas Kampung Cilenggang Tangsel Sebagai Menu Bukber

Sabtu, 16 Maret 2024 | 12:33

Ada yang unik pada menu buka puasa bersama (bukber) Ramadan, di Hotel Sahid Serpong. Sekitar 40 varian makanan bertema "Kampung Cilenggang" tersedia di sini.

KOTA TANGERANG
Polsek Karawaci Beri Santunan dan Buka Puasa Bersama Anak Yatim Piatu

Polsek Karawaci Beri Santunan dan Buka Puasa Bersama Anak Yatim Piatu

Kamis, 28 Maret 2024 | 12:47

Polsek Karawaci, Polres Metro Tangerang Kota, menggelar acara buka puasa bersama dan santunan anak yatim-piatu, dalam upaya mempererat hubungan antara Kepolisian dengan masyarakat setempat.

""Kekuatan dan perkembangan datang hanya dari usaha dan perjuangan yang terus menerus""

Napoleon Hill