Connect With Us

Selain Ciputat Tangsel, Ini Wilayah Lain di Tangerang yang Termasuk 20 Kota Terpanas di Indonesia

Tim TangerangNews.com | Sabtu, 14 Mei 2022 | 20:00

| Dibaca : 3625

Ilustrasi cuaca panas di Indonesia. (@TangerangNews / Freepik)

TANGERANGNEWS.com-Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) baru-baru ini mencatat wilayah Ciputat, Kota Tangerang Selatan (Tangsel) menjadi daerah yang suhunya paling panas di Jabodetabek dan juga di Indonesia.

Selain Ciputat, ada daerah lain di Tangerang yang juga termasuk dalam wilayah yang sedang mengalami suhu panas yang tinggi di Indonesia. Berdasarkan informasi suhu maksimum harian terbaru yang dihimpun BMKG, wilayah lain di Tangerang yang termasuk dalam wilayah yang mengalami suhu panas tinggi, yaitu Legok di Kabupaten Tangerang.

Dilansir dari data BMKG per 10-11 Mei 2022, Legok termasuk dalam 20 wilayah di Indonesia dengan suhu panas tinggi, yaitu 34, 2 derajat celcius berdasarkan titik pengamatan Stasiun Meteorologi Budiarto.

Terjadinya suhu panas yang tinggi ini, salah satunya karena posisi Matahari yang sedang berada di wilayah utara Ekuator, dan menjadikan pertumbuhan awan hujan semakin berkurang. Tingginya suhu itu bisa dirasakan belakangan ini di sejumlah wilayah atau daerah di Indonesia.

Kepala Pusat Meteorologi Publik BMKG Fahry Rajab sebelumnya menyebut Ciputat menjadi wilayah atau daerah dengan suhu terpanas sejak Minggu 7 Mei 2022 berdasarkan stasiun titik pengamatan BMKG. “Itu diambil dari data di titik pengamatan," kata Fahry, Kamis 12 Mei 2022.

Fahry menerangkan mengenai cakupan wilayah yang masuk dalam pengamatan di Stasiun BMKG Ciputat. Menurut dia, hal tersebut tergantung jenis permukaannya. Bila permukaannya datar, suhunya relatif sama dalam radius yang luas.

Belakang ini sejumlah wilayah di Indonesia dilanda suhu panas. Sebelumnya, BMKG mencatat suhunya mencapai 36,1 derajat celcius. Berdasarkan pantauan BMKG, sejumlah wilayah di Indonesia punya suhu panas beragam setiap harinya.

Suhu maksimum terukur selama periode tanggal 1-7 Mei 2022 berkisar antara 33-36,1 derajat celcius. Suhu maksimum tertinggi hingga 36,1 derajat celcius terjadi di wilayah Tangerang-Banten dan Kalimarau-Kalimantan Utara.

TANGSEL
Polisi Mulai Telusuri Kasus Dugaan Pemalsuan Gelar S2 Ketua IDI Tangsel

Polisi Mulai Telusuri Kasus Dugaan Pemalsuan Gelar S2 Ketua IDI Tangsel

Selasa, 27 September 2022 | 22:26

TANGERANGNEWS.com-Kepolisian mulai menelusuri kasus dugaan pemalsuan gelar Magister (S2) Ketua Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Kota Tangerang Selatan Fajar Siddiq, setelah dilaporkan seorang warga.

PROPERTI
Dekat Tol Serbaraja, Ciputra Hadirkan Citra Garden Serpong

Dekat Tol Serbaraja, Ciputra Hadirkan Citra Garden Serpong

Senin, 26 September 2022 | 08:05

TANGERANGNEWS.com-Ciputra Group melalui anak usahanya Ciputra Residence menghadirkan proyek hunian terbaru, Citra Garden Serpong yang memiliki lokasi strategis.

BISNIS
Segera Cair! Ini Syarat Penerima BLT Ojol hingga UMKM

Segera Cair! Ini Syarat Penerima BLT Ojol hingga UMKM

Rabu, 28 September 2022 | 13:22

TANGERANGNEWS.com-Bantuan langsung tunai (BLT) bahan bakar minyak (BBM) turut menyasar ojek, baik kovensional maupun ojek online (ojol), serta UMKM.

HIBURAN
Hindari Keributan, Pengendara Tangerang Wajib Tahu Etika Membunyikan Klakson

Hindari Keributan, Pengendara Tangerang Wajib Tahu Etika Membunyikan Klakson

Senin, 26 September 2022 | 15:14

TANGERANGNEWS.com-Layaknya Ibukota Jakarta, Tangerang merupakan wilayah yang sering dilanda kemacetan lalu lintas.

""Kekuatan dan perkembangan datang hanya dari usaha dan perjuangan yang terus menerus""

Napoleon Hill