Connect With Us

Pertama di Indonesia, Mobil Listrik Tanpa Sopir Diuji Coba di BSD City Tangerang

Tim TangerangNews.com | Jumat, 20 Mei 2022 | 18:22

Menhub Budi Karya meresmikan uji coba mobil listrik tanpa sopir pertama di Indonesia di QBig, Bumi Serpong Damai (BSD), Kabupaten Tangerang pada Jumat 20 Mei 2022. (@TangerangNews / Liputan6)

TANGERANGNEWS.com-Mobil autonomous vehicle atau tanpa sopir yang pertama di Indonesia diuji coba di QBig, Bumi Serpong Damai (BSD), Kabupaten Tangerang pada Jumat 20 Mei 2022.

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi menjajal pertama kali mobil canggih tersebut. Ia mengaku bangga pihak swasta ikut dalam satu proyek kebanggaan bangsa ini, yakni autonomous vehicle.

Budi Karya langsung mengacungkan jempol setelah mencoba mobil otomatis ini di kawasan perbelanjaan Q Big. "Keren banget," ucapnya, seperti dilansir dari CNBCIndonesia.

Namun Budi Karya belum dapat memerinci kapan kendaraan autonomous ini dapat diterapkan pada jalan umum. Hal tersebut karena  saat ini regulasinya masih belum ada.

Meski begitu, dia akan mengupayakan agar bisa terwujud nantinya. "Masih ada pada level autonomous vehicle level three, namun kita selalu mendukung upaya perbaikan itu," tutur Budi Karya.

Oleh karena itu dia pun berharap autonomous car sebagai basis transportasi masal yang di kota BSD ini menjadi tempat uji coba penerapannya, sehingga Indonesia yang tadinya konsentrasi pada kendaraan pribadi bisa melompat ke kendaraan umum dan langsung autonomous car.

"Kita jadikan BSD tempat laboratorium. Untuk apa yang dilakukan dalam hal regulasi kita dukung kami di belakang melaksanakan tugas negara," kata Budi Karya.

Menurut dia, karena hal itu bukan tugas pemerintah saja namun pihak swasta juga punya kesempatan.

Penetapan sistem transportasi ini adalah salah satu agenda negara maju dalam mewujudkan kota pintar bersinergi hijau tanpa awak. Budi Karya mengapresiasi Sinar Mas Land dalam mengembangkan transportasi masa depan dalam kota di Indonesia.

Chief Digital Tech Ecosystem & Development Sinarmas Land Irawan Harahap menyebutkan kendaraan otonom ini berasal dari Perancis dengan merek dagang Navya varian Arma. Kendaraan tersebut beroperasi di dua titik lokasi, yaitu Q Big BSD City dan kawasan BSD Green Office Park.

Navya Arma mempunyai penggerak listrik dan battery pack berkapasitas 33 kWh yang dapat bertahan selama 9 jam. Kendaraan listrik itu berdimensi 4,7 m x 2,1 m dengan kapasitas penumpang 15 orang, dengan formasi 11 duduk dan 4 berdiri.

Dijelaskan lebih lanjut, transportasi listrik tanpa awak ini mempunyai kemampuan akselerasi, navigasi, hingga dapat mendeteksi kondisi lingkungan di sekitarnya, termasuk menghindari halangan dan melakukan pemberhentian secara otonom.

Sementara itu bagi masyarakat umum yang ingin mencoba kendaraan listrik otonom ini harus melakukan pendaftaran melalui aplikasi OneSmile terlebih dahulu dan mengisi survei sebelum dan sesudah menikmati kendaraan tersebut.

TEKNO
Trafik Data Telkomsel Diprediksi Melonjak 15% saat RAFI 2024, Paling Tinggi Game Online

Trafik Data Telkomsel Diprediksi Melonjak 15% saat RAFI 2024, Paling Tinggi Game Online

Kamis, 28 Maret 2024 | 01:09

Telkomsel memproyeksikan terjadinya pertumbuhan trafik broadband hingga 15,22% dibandingkan hari biasa selama momen Ramadan dan Idulfitri (RAFI) 2024.

AYO! TANGERANG CERDAS
Terbatas hingga 31 Mei, Simak Syarat dan Cara Daftar Pra PPDB SD 2024 Kota Tangerang

Terbatas hingga 31 Mei, Simak Syarat dan Cara Daftar Pra PPDB SD 2024 Kota Tangerang

Kamis, 28 Maret 2024 | 12:29

Pemerintah Kota Tangerang telah membuka pendaftaran Pra Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) untuk tahun ajaran baru. Tahap ini merupakan bagian dari proses PPDB yang harus diikuti.

PROPERTI
Rekomendasi Warna Cat Rumah untuk Sambut Lebaran 2024

Rekomendasi Warna Cat Rumah untuk Sambut Lebaran 2024

Senin, 25 Maret 2024 | 20:03

Sudah menjadi tradisi di Indonesia, momen hari raya menjadi kesempatan yang baik untuk berkumpul bersama kerabat dan sahabat.

HIBURAN
Lagi Viral di TikTok, Begini Cara Lihat Tahun Lama di Aplikasi Google Maps

Lagi Viral di TikTok, Begini Cara Lihat Tahun Lama di Aplikasi Google Maps

Rabu, 27 Maret 2024 | 14:35

Baru-baru ini tengah viral di media sosial TikTok sebuah tren melihat tahun lama di aplikasi Google Maps.

""Kekuatan dan perkembangan datang hanya dari usaha dan perjuangan yang terus menerus""

Napoleon Hill