Connect With Us

Cuaca Buruk, Harga Cabai Merah di Kabupaten Tangerang Tembus Rp100 Ribu per Kilogram

Rangga Agung Zuliansyah | Senin, 13 Juni 2022 | 16:01

| Dibaca : 282

Pedagang bahan pokok di Pasar Kabupaten Tangerang. (@TangerangNews / Rangga Agung Zuliansyah)

TANGERANGNEWS.com-Sejumlah harga bahan pokok pangan di Pasar Kabupaten Tangerang mengalami lonjakan. Hal ini akibat cuaca buruk yang membuat hasil panen petani berkurang.

Kenaikan yang paling drastis terjadi pada cabai merah keriting dan besar yang sebelumnya Rp40.000 naik menjadi Rp100.000 per kilogram.

Kepala Bidang (Kabid) Perdagangan pada Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kabupaten Tangerang Iskandar Nordat mengatakan, cuaca yang tidak menentu saat ini menyebabkan pada banyak masalah, seperti distribusi hasil panen yang dipengaruhi masalah transportasi serta keterlambatan pengiriman menyebabkan kerusakan hasil panen.

"Sehingga berpengaruh pada kestabilan harga," katanya, Senin 13 Juni 2022.

Saat memasuki bulan Juni 2022 ini, seharusnya sudah masuk musim kemarau. Tetapi kini kondisinya masih musim penghujan, sehingga membuat kualitas sejumlah komoditas mengalami penurunan.

"Cuaca kurang baik ini sangat mempengaruhi produktivitas petani dan ditambah adanya risiko penyakit buah atau tanaman yang mengakibatkan penurunan kualitas," kata Iskandar.

Ia menjelaskan, komoditas yang mengalami kenaikan harga karena cuaca buruk ini, di antaranya seperti cabai merah keriting, cabai merah besar, bawang merah, sayur-sayuran dan lain sebagainya.

Sementara itu, komoditas lainnya seperti telur dan ayam juga mengalami kenaikan harga yang sama diakibatkan adanya penurunan produktivitas selama musim penghujan ini.

"Sedangkan harga daging sapi terpantau stabil. Ketersediaan daging sapi pun terbilang aman," tutur Iskandar,.

Berdasarkan informasi, untuk harga bawang merah yang harga normalnya Rp32.000, naik menjadi Rp63.000 per kilogram. Sedangkan bawang putih dari Rp25.000 menjadi Rp40.000 per kilogram.

Selanjutnya, harga telur ayam broiler dari Rp24.000 naik menjadi Rp28.000 per kilogram. Daging ayam ras dari Rp35.000 menjadi Rp50.000 per kilogram, sedangkan daging sapi dari Rp110.000 naik menjadi Rp140.000 per kilogram.

Iskandar menambahkan, untuk menekan kenaikan harga tersebut, Disperindag Kabupaten Tangerang akan berkoordinasi dengan Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan setempat, untuk stabilisasi harga dan memenuhi kebutuhan pangan yang ada.

"Tentunya kita akan berupaya menekan kenaikan harga bahan pokok yang terjadi saat ini, dengan melakukan koordinasi bersama instansi terkait lainnya," jelasnya.

KAB. TANGERANG
Mayat Pria Tanpa Busana Ditemukan Mengambang di Jayanti Tangerang

Mayat Pria Tanpa Busana Ditemukan Mengambang di Jayanti Tangerang

Rabu, 10 Agustus 2022 | 20:02

TANGERANGNEWS.com-Sesosok mayat pria ditemukan dalam kondisi mengenaskan dan tidak mengenakan busana di Kali Cidurian, Kecamatan Jayanti, Kabupaten Tangerang, pada Rabu 10 Agustus 2022 sekitar pukul 10.00 WIB.

NASIONAL
Tren Perekonomian Tumbuh, Aksi Lead by Example Indonesia Jadi Perhatian Dunia

Tren Perekonomian Tumbuh, Aksi Lead by Example Indonesia Jadi Perhatian Dunia

Rabu, 10 Agustus 2022 | 19:34

TANGERANGNEWS.com-Tren pertumbuhan perekonomian Indonesia terus memperlihatkan hasil yang sangat baik dan memberikan optimisme bagi berlanjutnya penguatan perekonomian ke depan. Setelah tumbuh positif pada dua kuartal sebelumnya

BISNIS
Hadir di Benton Junction Lippo Karawaci, Wine & Spirit Co Sediakan Tempat Nge-wine Sambil Nongkrong

Hadir di Benton Junction Lippo Karawaci, Wine & Spirit Co Sediakan Tempat Nge-wine Sambil Nongkrong

Rabu, 10 Agustus 2022 | 20:14

TANGERANGNEWS.com-Wine & Spirit Co (WSC) kini hadir di Benton Junction Lippo Karawaci, Kelapa Dua, Kabupaten Tangerang. Gerai baru ini merupakan cabang kedelapan di Indonesia dan ketiga di Tangerang.

AYO! TANGERANG CERDAS
Tumbuh Luar Biasa, UMT Disebut Mampu Cetak Generasi Unggul

Tumbuh Luar Biasa, UMT Disebut Mampu Cetak Generasi Unggul

Rabu, 3 Agustus 2022 | 17:46

TANGERANGNEWS.com-Universitas Muhammadiyah Tangerang (UMT) disebut baru seumur jagung, tetapi sudah mengalami pertumbungan yang sangat luar biasa. Eksistensi UMT juga kini disebut mampu mencetak generasi yang unggul.

""Kekuatan dan perkembangan datang hanya dari usaha dan perjuangan yang terus menerus""

Napoleon Hill