Connect With Us

Warga Beralih Jadi Wirausaha, Pemohon Kartu Kuning di Kabupaten Tangerang Menurun

Rangga Agung Zuliansyah | Kamis, 14 Juli 2022 | 11:27

Layanan pembuatan kartu kuning di Dinas Tenaga Kerja Kabupaten Tangerang. (@TangerangNews / Rangga Agung Zuliansyah)

TANGERANGNEWS.com-Pemohon penerbitan kartu pencari kerja atau kartu kuning (AK-1) di wilayah Kabupaten Tangerang dinilai mengalami penurunan dibanding tahun lalu.

Berdasarkan data Dinas Tenaga Kerja Kabupaten Tangerang, terhitung dari bulan Januari-Juni 2022 ada sebanyak 21.531 orang yang melakukan permohonan kartu pencari kerja secara online.

Kepala Bidang Penempatan dan Perluasan Kesempatan Kerja pada Disnaker Kabupaten Tangerang, Iis Kurniati menjelaskan, jika dibandingkan dengan tahun sebelumnya yang terhitung  Januari-Desember 2021 yang mencapai 47.514 orang, maka kemungkinan besar permohonan kartu pencari kerja di tahun ini menurun dibandingkan tahun lalu.

"Kemungkinan pada tahun ini menurun, karena di tahun lalu mencapai 47 ribu. Jadi jika dirata-ratakan tahun lalu itu per bulannya bisa mencapai 3.900 orang," ujarnya. 

Menurutnya, penurunan ini kemungkinan diakibatkan karena banyak masyarakat beralih profesi menjadi wirausaha dibanding mencari kerja.

Selain itu, sebagian besar dari pemohon didominasi oleh siswa baru lulusan SMA/SMK sederajat, karena rata-rata baru menyertakan bukti kelulusan tanpa menyertakan ijazah.

"Kebanyakan pemohon ini lulusan baru tahun 2021-2022, karena mereka bisa mengajukan hanya dengan menyertakan surat kelulusan tanpa ijazah dan itu sudah boleh membuat AK-1," tuturnya.

Ia pun berharap, dengan kepemilikan AK-1 dapat mempermudah pencaker untuk mendapatkan informasi seputar lowongan pekerjaan dengan mengakses web siapkerja.tangerangkab.go.id. 

"Di aplikasi itu juga terdapat loker yang disampaikan oleh perusahaa sehingga bisa mempermudah pencari kerja untuk mendapatkan informasi lowongan kerja," harap Iis.

AYO! TANGERANG CERDAS
Universitas Atma Jaya BSD Serpong Ditetapkan Jadi Pusat Keunggulan Pendidikan

Universitas Atma Jaya BSD Serpong Ditetapkan Jadi Pusat Keunggulan Pendidikan

Kamis, 25 April 2024 | 07:43

Universitas Katolik Indonesia Atma Jaya kampus BSD Serpong ditetapkan jadi pusat keunggulan pendidikan atau Education Excellence.

BANDARA
Imbas Erupsi Gunung, AirNav Perpanjang Penutupan Bandara Sam Ratulangi Manado 

Imbas Erupsi Gunung, AirNav Perpanjang Penutupan Bandara Sam Ratulangi Manado 

Kamis, 18 April 2024 | 15:03

Gunung Ruang di Sulawesi Utara mengalami erupsi dengan ketinggian letusan mencapai 3725 meter di atas permukaan laut pada Rabu, 17 April 2024.

NASIONAL
Awas Penipuan, Ini Ciri-ciri Petugas Resmi PLN

Awas Penipuan, Ini Ciri-ciri Petugas Resmi PLN

Kamis, 25 April 2024 | 18:19

Tindak kejahatan dengan modus penipuan kian marak terjadi, salah satunya ialah mengaku sebagai petugas PLN.

""Kekuatan dan perkembangan datang hanya dari usaha dan perjuangan yang terus menerus""

Napoleon Hill