Connect With Us

Puluhan Warga Terdampak Angin Puting Beliung di Kabupaten Tangerang Mengungsi

Dimas Wisnu Saputra | Kamis, 23 Februari 2023 | 21:06

Rumah warga yang rusak akibat angin puting beliung di Kabupaten Tangerang, Kamis 23 Februari 2023. (@TangerangNews / Dimas Wisnu Saputra)

TANGERANGNEWS.com-Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Tangerang, melaporkan ada puluhan warga yang mengungsi karena rumahnya rusak parah diterjang angin puting, pada Senin, 20 Februari 2023 lalu.

"Mereka mengungsi di rumah saudara, karena mereka tidak mau dibuat tenda pengungsian," kata Kepala BPBD Kabupaten Tangerang Ujat Sudrajat kepada Tangerangnews.com, Kamis, 23 Februari 2023.

Berdasarkan data yang berhasil dihimpun oleh BPBD, ada sekitar 69 unit rumah warga rusak akibat terdampak bencana tersebut. Sekitar 24 unit rumah mengalami rusak berat dan 45 rumah lainnya hanya rusak ringan.

"Kalau dari data ada 41 rumah warga di Sukadiri dan di Mauk ada 28 rumah, jadi jumlah total ada 69 rumah yang terdampak," kata Ujat.

Dari puluhan rumah dengan kondisi rusak berat, sedikitnya 24 kepala keluarga (KK) memilih mengungsi di tempat kerabatnya.

Sementara, puluhan KK lainnya, bertahan di rumah masing-masing kendati huniannya masih dinilai layak untuk ditempati.

"Jumlah pastinya kita saat ini belum update, tapi kemungkinan yang mengungsi itu warga yang rumahnya rusak berat," ujar Ujat.

Untuk bencana angin puting beliung yang melanda daerah Kabupaten Tangerang ini terjadi di dua wilayah kecamatan, di antaranya di Sukadiri tepatnya di Kampung Gang Tali RT07/05 dan 08, RT01/03, serta RT02/05.

"Kemudian, di Kecamatan Mauk terjadi di Kampung Buaran Asem RT02/04, lalu RT02, 03 dan 05 di RW 03," ungkapnya.

Atas adanya peristiwa itu, BPBD Kabupaten Tangerang telah menerjunkan tim untuk melakukan penanganan dan memberikan bantuan sembako kepada terdampak bencana.

Adapun bantuan logistik yang diserahkan di Kecamatan Sukadiri berupa 45 Paket Sembako, 45 minyak ukuran 1 liter, dan 45 Terigu ukuran 1 Kg. Untuk warga Mauk 29 yakni paket sembako, 29 minyak ukuran 1 liter, dan 29 terigu ukuran 1 Kg.

"Kami berharap bantuan yang sudah diberikan dapat membantu meringankan beban masyarakat yang terdampak, baik di Kecamatan Sukadiri ataupun Mauk," pungkasnya.

TOKOH
Mengenal Baden Powell dan Sejarah Dicetuskannya Pramuka

Mengenal Baden Powell dan Sejarah Dicetuskannya Pramuka

Kamis, 22 Februari 2024 | 15:37

Praja Muda Karana atau Pramuka merupakan gerakan kepanduan paling populer yang dicetuskan oleh Baden Powell.

AYO! TANGERANG CERDAS
Universitas Atma Jaya BSD Serpong Ditetapkan Jadi Pusat Keunggulan Pendidikan

Universitas Atma Jaya BSD Serpong Ditetapkan Jadi Pusat Keunggulan Pendidikan

Kamis, 25 April 2024 | 07:43

Universitas Katolik Indonesia Atma Jaya kampus BSD Serpong ditetapkan jadi pusat keunggulan pendidikan atau Education Excellence.

BISNIS
Kota Tangerang Buka Pintu Jika Apple Investasi di Indonesia 

Kota Tangerang Buka Pintu Jika Apple Investasi di Indonesia 

Rabu, 24 April 2024 | 09:53

Pemerintah pusat tengah menjalankan rencana strategis bersama salah satu perusahaan teknologi terbesar di dunia, Apple.

OPINI
Gurita Korupsi, Praktik Culas Pertambangan “Si Emas Putih”

Gurita Korupsi, Praktik Culas Pertambangan “Si Emas Putih”

Senin, 15 April 2024 | 12:24

Jagat dunia maya tengah dihebohkan oleh kasus korupsi super besar yang terjadi baru-baru ini, yakni korupsi yang melibatkan suami dari aktris Sandra Dewi, Harvey Moeis, serta Helena Lim sosok yang terkenal sebagai crazy rich Pantai Indah Kapuk (PIK).

""Kekuatan dan perkembangan datang hanya dari usaha dan perjuangan yang terus menerus""

Napoleon Hill