Connect With Us

Bupati Minta Warga Kelapa Dua dan Pagedangan Segera Beralih ke Layanan Air Bersih Perumdam TKR

Redaksi | Rabu, 15 Maret 2023 | 19:49

Bupati Tangerang Ahmed Zaki Iskandar meresmikan reservoir dan pompa booster Perumdam Tirta Kerta Raharja (TKR) Jalan Raya Legok - Karawaci, Bojong Nangka, Kecamatan Kelapa Dua, Kabupaten Tangerang, Rabu, 15 Maret 2023. (@TangerangNews / Fahrul Dwi Putra)

TANGERANGNEWS.com- Bupati Tangerang Ahmed Zaki Iskandar meresmikan reservoir dan pompa booster Perumdam Tirta Kerta Raharja (TKR) Jalan Raya Legok - Karawaci, Bojong Nangka, Kecamatan Kelapa Dua, Kabupaten Tangerang, Rabu, 15 Maret 2023.

Reservoir dan pompa booster yang berlokasi di sekitar Sport Center Kabupaten Tangerang dilengkapi empat pompa dengan kapasitas  400 liter per detik, yang menjadi tempat penampungan sementara dari pengolahan air Perumdam TKR di Cikokol, kemudian dipompa kembali menggunakan empat pompa booster untuk melayani pelanggan di wilayah pelayanan V Perumdam TKR.

Dalam sambutannya, Bupati Zaki mengapresiasi Perumdam TKR yang terus meningkatkan pelayanan air bersih kepada masyarakat. Kehadiran reservoir dan pompa booster di wilayah tersebut akan semakin memudahkan masyarakat di Dasana, Kelapa Dua, Binong, Sari Bumi, Medang Lestari mendapatkan akses air minum dan air bersih perpipaan.

"Tentu saja kehadiran fasilitas air bersih ini bisa menjawab dan memenuhi kebutuhan masyarakat, sehingga tidak perlu merasa khawatir akan ketersediaan debit air, karena fasilitas ini bisa menampung debit air 400 liter per detik," katanya.

Dengan terus ditingkatkannya layanan air bersih perpipaan melalui Perumdam TKR, Zaki juga berharap mengurangi penggunaan air bawah tanah yang masih masif terjadi di wilayah tersebut.

"Karena penggunaan air bawah tanah yang berlebih bisa mengakibatkan kerusakan lingkungan," katanya.

Sementara Direktur Utama Perumdam TKR Sofyan Sapar mengatakan, reservoir dan pompa booster tersebut untuk melayani wilayah yang ditargetkan sudah mencapai 7.619 pelanggan pada akhir Maret ini dari target 17.000 sambungan langsung (SL).

Sofyan juga berharap, dengan hadirnya infrastruktur itu, masyarakat di Perumahan Dasana, Kelapa Dua, Binong, Sari Bumi, Medang Lestari segera beralih dari menggunakan air bawah tanah ke air bersih perpipaan yang disediakan perusahaan milik Pemkab Tangerang tersebut.

"Kami berharap kepada masyarakat dan stakeholder lainnya agar segera menggunakan Air PDAM karena penting buat kesehatan dan sanitasi masyarakat dan juga investasi yang sudah dilaksanakan Perumdam TKR," harap Sofyan.

Data Perumdam TKR, saat ini penggunaan air bawah tanah masih masif terjadi di wilayah Perumahan Dasana, Kelapa Dua, Binong, Sari Bumi, Medang Lestari. 

"Penggunaan air bawah tersebut melalui sumur satelit dimana ada sekitar 1.040 unit di Perumahan Dasana, 640 unit di Binong yang dikelola oleh KSM secara swakelola," terangnya.

Padahal, lanjut Sofyan, penggunaan air bawah tanah semakin ketat diatur oleh pemerintah dengan terbitnya KEPMEN ESDM NO.259K/GL.01/MEM.G/2022 tentang Standar Penyelenggaraan Izin Pengusahaan Air Tanah.

"Oleh karena itu, kami sangat berharap adanya dukungan dari pemerintah daerah, khususnya Camat, Lurah, RT/RW agar membantu sosialisasi kepada masyarakat untuk menggunakan Air PDAM. Apalagi saat ini kami memberikan kebijakan Promo Biaya Sambungan Langganan," katanya lagi.

Promo tersebut yaitu potongan biaya (diskon) untuk pemasangan sambungan langsung baru, di mana pada HUT Perumdam TKR ke-47 hingga 30 April 2023, pelanggan baru cukup membayar Rp47 dari nominal Rp1.200.047, kecuali wilayah pelayanan II Kota Tangerang, Gading Serpong, dan Citra Raya berlaku tarif normal.

"Sisanya kemudian bisa dicicil," kata Sofyan.

Kemudian, Perumdam TKR juga menggratiskan pemasangan sambungan baru air untuk rumah ibadah dalam rangka  HUT ke-47 itu, serta menyambut Bulan Suci Ramadhan.

Sofyan menambahkan, selain terus menambah fasilitas infrastruktur, dari aspek pelayanan pun Perumdam TKR terus meningkatkannya, terbukti dengan diraihnya Sertifikasi ISO: 9001-2015 yang telah dilakukan Surveillance Audit oleh Lembaga Sertifikasi TUV-NORD.

"Semoga dengan sudah bersertifikat Internasional ISO: 9001-2015 oleh Perumdam TKR, pelayanan air bersih bagi masyarakat Kabupaten Tangerang semakin baik lagi, karena sudah berstandar dan SOP yang jelas dan diaudit setiap tahunnya," pungkasnya.

SPORT
Cetak Gol Penyelamat di Laga Persita vs Persib, Fahreza Sudin Akui Bangga

Cetak Gol Penyelamat di Laga Persita vs Persib, Fahreza Sudin Akui Bangga

Selasa, 16 April 2024 | 12:26

Gol penyelamat di menit-menit akhir oleh Fahreza Sudin sukses mengantarkan Persita untuk menahan imbang Persib dengan skor 3-3 di Stadion Kapten I Wayan Dipta pada Senin, 15 April 2024, sore.

AYO! TANGERANG CERDAS
Pra-PPDB SMP Kota Tangerang 2024/2025 Dibuka, Ini Alur dan Syarat Pendaftarannya 

Pra-PPDB SMP Kota Tangerang 2024/2025 Dibuka, Ini Alur dan Syarat Pendaftarannya 

Rabu, 17 April 2024 | 09:55

Dinas Pendidikan Kota Tangerang kembali membuka Pra Penerimaan Peserta Didik Baru (Pra-PPDB) untuk tahun ajaran 2024/2025.

""Kekuatan dan perkembangan datang hanya dari usaha dan perjuangan yang terus menerus""

Napoleon Hill