Connect With Us

Delapan Bulan Dirumahkan, 300 Buruh PT Kymco Minta Kejelasan

| Rabu, 29 April 2009 | 15:53

TANGERANGNEWS-Sekitar 300 buruh PT Kymco Lippo Motor Indonesia produsen motor merek Kymco berdemo di bundaran Lippo Karawaci, Kabupaten Tangerang Rabu (29/4) siang ini. Mereka menuntut kejelasan status setelah delapan bulan dirumahkan. Mereka khawatir uang cash perusahaan terdebut habis sehingga tidak bisa menggaji karyawan sebelum permasalahan perusahaan terselesaikan. Sebab mereka sudah dirumahkan sejak delapan bulan yang lalu. "Kami meminta kedua perusahaan yang sebelumnya mesra dan menjadi satu yakni PT Kymco dengan PT Lippo memperhatikan kami,sebab kamibutuh kepastian, beri kami pekerjaan atau atau pesangon," ujar Koordinator Lapangan karyawan Saryono. Tampak ratusan buruh melakukan longmarch sekitar 2 kilometer dari Jims Riady Center menuju gedung Matahari di kawasan Lippo Karawaci. Akibatnya, sejumlah pengguna jalan terganggu karena buruh yang kesemua berjenis kelamin pria itu menggunakan satu dari dua jalur jalan. Saryono menuturkan, karyawan telah dirumahkan sejak 11 September 2008. Setelah itu tidak ada kegiatan produksi dan penjualan.Kondisi itu menyebabkan maindelar ataupun dealer motor Kymco yang sudah tutup padahal merupakan ujung tombak penjualan produk sepeda motor Kymco. "Ini jelasmembuatkami khawatir. Karena dengan dirumahkannya karyawan secaraterus menerus karyawan beranggapan tidak ada kepastian hukum atas mereka," ujarnnya. Sementara itu, Juru Bicara Lippo Group Danang Kemayan Jati mengatakan,pihak Lippo pada perusahaan itu hanya menjadi pemegang sahan pasif, yang artinya tidak berperan dalam manajemen. Meski begitu, dirinya berjanji akan membicarakan itu kepada pihak Taiwan atau PT Kymco. "Kami akan menuntut pihak PT Kymcoagar bertanggung jawab, sebab mereka yang bertanggung jawab terhadap manajemennya," ucap Danang. Dirinya menerangkan, Lippo Group memiliki anak perusahaan yakni PT Metropolitan Kerta Perdana yang bekerjasama dengan PTKymco Taiwansekitar tahun 1997 lalu. "Namun, entah karena apa, akhirnya buruh dirumahkan sekitar 2008 lalu dan tetap mendapatkan gaji," katanya. (den)
PROPERTI
Rekomendasi Warna Cat Rumah untuk Sambut Lebaran 2024

Rekomendasi Warna Cat Rumah untuk Sambut Lebaran 2024

Senin, 25 Maret 2024 | 20:03

Sudah menjadi tradisi di Indonesia, momen hari raya menjadi kesempatan yang baik untuk berkumpul bersama kerabat dan sahabat.

KAB. TANGERANG
Kronologis Kecelakaan Mobil yang Tewaskan 1 Orang dan 4 Luka-luka di Jalan BSD Tangerang

Kronologis Kecelakaan Mobil yang Tewaskan 1 Orang dan 4 Luka-luka di Jalan BSD Tangerang

Kamis, 28 Maret 2024 | 12:19

Kecelakaan mobil Honda Brio di Jalan BSD Raya Utama, tepatnya di dekat QBig, Kelurahan Lengkong Kulon, Kecamatan Pagedangan, Kabupaten Tangerang, pada Rabu 27 Maret 2024 malam, mengakibatkan satu orang tewas dan empat lainnya luka-luka.

TANGSEL
Tangsel Tuan Rumah Porprov Banten 2026, Begini Persiapannya

Tangsel Tuan Rumah Porprov Banten 2026, Begini Persiapannya

Kamis, 28 Maret 2024 | 16:36

Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) VII Banten 2026 mendatang akan diselenggarakan di Kota Tangerang Selatan (Tangsel).

""Kekuatan dan perkembangan datang hanya dari usaha dan perjuangan yang terus menerus""

Napoleon Hill