Connect With Us

Warga Perumahan Bersubsidi di Tangerang Resah

| Sabtu, 2 April 2011 | 18:02

Warga menolak digusur (tangerangnews / rangga)


TANGERANG-
Warga perumahan Griya Curug, Desa Rancagong, Kecamatan Legok, Kabupaten Tangerang, resah. Sebab, mereka belum mendapatkan sertifikat resmi dari pihak pengembang maupun Bank Tabungan Negara (BTN), meskipun rumah bersubsidi dari pemerintah itu sudah lunas dua tahun lalu.

"Saya bingung kenapa rumah yang sudah saya lunasi sejak dua tahun  lalu, tapi sertifikatnya belum juga keluar," ujar Ngadimin, salah satu warga di Perumahan Griya Curug, kepada wartawan, akhir pekan lalu.

Menurut Ngadimin, ratusan penghuni di Griya Curug, sudah berupaya keras meminta sertifikat tersebut kepada pihak pengembang, namun tidak mendapat jawaban pasti. Bahkan kini keberadaan kantor PT Karya Mitra, pengembang perumahan itu, sudah tidak jelas. "Dulu kantor pengembang ada di kawasan perumahan Citra Raya, Cikupa, lalu pindah di Jalan Raya Serpong, Tangerang. Tapi sekarang entah pindah kemana lagi," ucap Ngadimin dengan mimik bingung.

Menurut Ngadimin, saat kantor pengembang masih di Jalan Raya Serpong, warga sempat datang dan mempertanyakan sertifikat tersebut. Tapi menurut manajemen PT Karya Mitra, sertikat itu berada di kantor BTN Cabang Cikokol, Kota Tangerang. Namun ketika kantor BTN Cabang Cikokol didatangi, menurut petugas sertifikat itu masih ada di PT Karya Mitra. "Kami jadi bingung, yang benar yang mana?" Kami seperti ditipu," ujarnya.

Amri dan Agus Subandono, warga lainnya, mengalami hal yang sama. Menurut kedua orang itu, rumahnya sudah dibayar lunas dua tahun lalu namun sertifikat hak guna bangunan (SHGB), sertifikat hal milik (SHM), akte pemberian hak tanggungan (APHT), dan sertifikat hak tanggungan (SHT), belum juga diperoleh. "Selama inikan kami menyicil rumah ini, dan sertifikatnya diagunkan pihak pengembang ke BTN. Tapi kenapa BTN  mempersulit mengeluarkan sertifikat yang telah menjadi hak kami," ucap Amri.

Sementara itu, pihak manajemen BTN Cabang Cikokol sulit ditemui wartawan. "Harus janjian dulu Mas. Kalau tidak, sulit menemui pimpinan di sini," kata seorang petugas keamanan.

Terkait kasus tersebut, DPRD Kabupaten Tangerang, akan memanggil PT Karya Mitra, selaku pengembang, BTN cabang Cikokol, Tangerang,  yang telah mempersulit warga untuk mendapatkan sertifikat rumahnya. "Kami akan minta penjelasan dahulu dari warga, setelah itu baru panggil pengembang dan BTN," ucap Muchlis, anggota DPRD Kabupaten Tangerang dari Fraksi PDIP.

Hendra Anting, anggota DPRD dari Fraksi Gerindra, mengatakan PT karya Mitra dan BTN  sebaiknya tidak mempersulit warga yang telah membayar lunas rumah bersubsidi  untuk mendapat sertifikat. "Apakah pengembang dan BTN tidak tahu bahwa itu hak konsumen? Kalau memang mempersulit, tidak benar ini. Kami akan segera panggil pengembangnya dan BTN," tegasnya.(dra)

KAB. TANGERANG
PLN Banten Jaga Keandalan Listrik Selama Raker Kernas 2024 di ICE BSD Tangerang

PLN Banten Jaga Keandalan Listrik Selama Raker Kernas 2024 di ICE BSD Tangerang

Kamis, 25 April 2024 | 09:19

PT PLN (Persero) Unit Induk Distribusi (UID) Banten memastikan keandalan listrik selama pembukaan Rapat Kerja Kesehatan Nasional (Raker Kesnas) di Indonesia Convention and Exhibition (ICE) Bumi Serpong Damai (BSD),

BANDARA
Imbas Erupsi Gunung, AirNav Perpanjang Penutupan Bandara Sam Ratulangi Manado 

Imbas Erupsi Gunung, AirNav Perpanjang Penutupan Bandara Sam Ratulangi Manado 

Kamis, 18 April 2024 | 15:03

Gunung Ruang di Sulawesi Utara mengalami erupsi dengan ketinggian letusan mencapai 3725 meter di atas permukaan laut pada Rabu, 17 April 2024.

SPORT
Prediksi Skor dan Susunan Pemain Persis Solo vs Persita, Laga Hidup Mati Pendekar Cisadane

Prediksi Skor dan Susunan Pemain Persis Solo vs Persita, Laga Hidup Mati Pendekar Cisadane

Kamis, 25 April 2024 | 13:38

Pekan ke-33 lanjutan BRI Liga 1 musim 2023/2024, Persis Solo akan menjamu Persita Tangerang di Stadion Mahana, Solo pada Jumat, 26 April 2024, sekira pukul 15.00 WIB.

TOKOH
Mengenal Baden Powell dan Sejarah Dicetuskannya Pramuka

Mengenal Baden Powell dan Sejarah Dicetuskannya Pramuka

Kamis, 22 Februari 2024 | 15:37

Praja Muda Karana atau Pramuka merupakan gerakan kepanduan paling populer yang dicetuskan oleh Baden Powell.

""Kekuatan dan perkembangan datang hanya dari usaha dan perjuangan yang terus menerus""

Napoleon Hill