Connect With Us

BPOM Tangerang Temukan Ayam Potong Berformalin

| Senin, 15 Agustus 2011 | 16:00

Sidak Pacel. (tangerangnews / rangga)



TANGERANG-Badan Pengawasan Obat dan Makanan (BPOM) Provinsi Banten menemukan peredaran ayam potong berformalin dari hasil razia yang dilakukan di beberapa pasar tradisional di Kota/Kabupaten Tangerang dan Tangerang Selatan. Sedangkan paket parcel dinyatakan aman.  

Hal tersebut diungkapkan Pengawas Farmasi BPOM Provisi Banten Lely Seraphima, Senin (15/8). Menurutnya, selama bulan Ramadhan pihaknya  mengawasi peredaran ayam, ikan dan makanan lain yang diindikasi mengandung formalin.
"Kita telah merazia beberapa tempat seperti di Tangerang.  Dari hasil uji kualitatif di laboratorium berapa sampel makanan, ada temuan ayam potong yang mengandung formalin," ungkapnya.

Menurut Lely, temuan ini nantinya akan dilakukan uji penegasan di laboratorium BPOM Serang. Selanjutnya, pihaknya akan memberikan sanksi kepada penjual sesuai Undang-Undang kesehatan dan pangan. "Tindak lanjutnya kita berikan pembinaan dan pengawasan rutin," tuturnya.

Pada kesempatan tersebut, BPOM Provinsi Banten bersama Dinas Perindustrian dan Koperasi (Disperidakop) Kabupaten Tangerang juga melakukan sidak di Pasar swalayan Farmer Market Mall Summarecon. Dari hasil sidak tersebut, BPOM menemukan kolang-kaling yang dijual tanpa label izin edar. "Makanan ini dikemas di dalam wadah tanpa izin edar. Ini menyalahi UU kesehatan dan pangan. Kita akan meminta kepada pihak pengelola agar memberikan izin edar yang jelas, agar masyarakat bisa aman mengkonsumsi," katanya.

Sementara Kepala Disperidakop Ahmad Suwandi mengatakan, tujuan sidak ini adalah untuk memberikan perlidungan kepada konsumen. "Kita memeriksa semua jenis makanan, terkait kandungan formalin, borax dan zat pewarna serta izin edar," ungkapnya.(RAZ)

TOKOH
Mengenal Baden Powell dan Sejarah Dicetuskannya Pramuka

Mengenal Baden Powell dan Sejarah Dicetuskannya Pramuka

Kamis, 22 Februari 2024 | 15:37

Praja Muda Karana atau Pramuka merupakan gerakan kepanduan paling populer yang dicetuskan oleh Baden Powell.

TEKNO
Waspada Penipuan Modus Surat Tilang Elektronik Palsu, Kenali Bedanya 

Waspada Penipuan Modus Surat Tilang Elektronik Palsu, Kenali Bedanya 

Sabtu, 20 April 2024 | 13:46

Penipuan dengan modus surat tilang elektronik palsu masih marak terjadi, terutama pascaarus mudik dan balik Lebaran 2024.

OPINI
Gurita Korupsi, Praktik Culas Pertambangan “Si Emas Putih”

Gurita Korupsi, Praktik Culas Pertambangan “Si Emas Putih”

Senin, 15 April 2024 | 12:24

Jagat dunia maya tengah dihebohkan oleh kasus korupsi super besar yang terjadi baru-baru ini, yakni korupsi yang melibatkan suami dari aktris Sandra Dewi, Harvey Moeis, serta Helena Lim sosok yang terkenal sebagai crazy rich Pantai Indah Kapuk (PIK).

WISATA
Libur Lebaran 2024, 6 Rekomendasi Wisata Belanja di Kota Tangerang

Libur Lebaran 2024, 6 Rekomendasi Wisata Belanja di Kota Tangerang

Jumat, 12 April 2024 | 06:54

Selama libur Lebaran 2024, Kota Tangerang memiliki berbagai tempat yang masih dapat dikunjungi.

""Kekuatan dan perkembangan datang hanya dari usaha dan perjuangan yang terus menerus""

Napoleon Hill