Connect With Us

4.000 Santri di Jayanti Diisolasi Susfect Flu Babi

Rangga Agung Zuliansyah | Minggu, 19 Juli 2009 | 19:12

Ilustrasi Flu Babi. (@TangerangNews / Istimewa)

TANGERANGNEWS.com-Sekitar 4.000 santri Pondok Pesantren Dar-Al Qolam Kecamatan Jayanti, Kabupaten Tangerang diisolasi di kompleks pondok pesantren, menyusul adanya dugaan sekitar 40 santri pesantren tersebut terinfeksi virus flu babi (H1N1).

Kepala Bidang Pemberantasan dan Pencegahan Penyakit dan Penyehatan Lingkungan (P2PL) Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Tangerang Yoelly Soenar Dewjanti mengatakan, ribuan santri di Pondok Pesantren itu mengalami demam yang gejalanya mirip dengan gejala orang yang terserang flu babi.

“Atas dasar pemeriksaan awal dari 40 orang santri itu lah, kami melarang ribuan santri itu untuk keluar dari area pesantren. Karena ada sebagian dari teman mereka diduga suspect flu babi," ujar Yoelly kepada TANGERANGNEWS, petang ini.

Dia mengungkapkan, kecurigaan awal dari adanya laporan warga setempat kalau di pesantren tersebut banyak santri yang mendadak sakit. Setelah menerima informasi tersebut, petugas Puskesmas setempat bersama dokter dari Dinkes Kabupaten Tangerang pada Kamis (16/07) lalu langsung mendatangi lokasi. Diluar dugaan, kedatangan tim Dinkes Kabupaten Tangerang ternyata ditolak pihak pondok pesantren tersebut.

“Mereka tidak kooperatif. Alasannya, mereka sudah memiliki tim dokter sendiri dan klinik sendiri,” ujarnya. Lalu, dengan berbagai cara. Akhirnya, petugas puskemas dan Dinkes berhasil membujuk para santri untuk membuka diri. “Saat itu kami mendapati banyak diantara mereka yang deman tinggi,” ungkapnya.

Ditanya apakah para santri itu ada kontak dengan babi, Yoelly menjelaskan, para santri yang terserang itu umumnya adalah warga luar Tangerang. Dan, mereka adalah santri yang terhitung murid baru dalam penerimaan siswa baru. “Mereka ada yang dari Lampung, Kalimantan dan luar jawa,” katanya.

Ribuan santri itu baru akan dibebaskan pada Selasa (21/07) dengan catatan mereka hasil pengambilan sampel darah atas 40 santri di sana seluruhnya terbebas dari virus flu babi. Jika tidak, kata dia, maka mereka terancam akan diisolasi hingga negatif.

Saat ditanya kenapa harus menunggu hingga Selasa (21/07), dirinya mengatakan, sebab di Litbangkes hari Sabtu dan Minggu libur. “Sehingga, kami harus menunggu sampai Selasa, itu pun kalau tidak disela oleh ribuan sampel darah dari daerah lain,” ungkapnya. (Derby Amanda Luthfiny)

NASIONAL
Sisa THR Bingung Mau Dipakai Apa? Lakukan Ini

Sisa THR Bingung Mau Dipakai Apa? Lakukan Ini

Sabtu, 20 April 2024 | 12:59

Libur Lebaran 2024 memang telah usai. Namun, ternyata masih ada dari kita yang memiliki sisa Tunjangan Hari Raya (THR) dan belum memanfaatkannya betul.

SPORT
Prediksi Skor dan Susunan Pemain Persik vs Persita, Misi Jauhi Zona Degradasi Berlanjut 

Prediksi Skor dan Susunan Pemain Persik vs Persita, Misi Jauhi Zona Degradasi Berlanjut 

Jumat, 19 April 2024 | 12:41

Pekan ke-32 BRI Liga 1 musim 2023/2024 mempertemukan antara Persik Kediri melawan Persita Tangerang di Stadion Brawijaya, Kediri, Jawa Timur, pada Sabtu, 20 April 2024, sekira pukul 15.00 WIB.

TANGSEL
Pria Paruh Baya Gantung Diri di Bekas Kantor Kelurahan Jurangmangu Tangsel

Pria Paruh Baya Gantung Diri di Bekas Kantor Kelurahan Jurangmangu Tangsel

Sabtu, 20 April 2024 | 14:52

Seorang pria paruh baya ditemukan tewas gantung diri di sebuah bangunan bekas kantor Jurangmangu Barat, Kecamatan Pondok Aren, Kota Tangerang Selatan (Tangsel).

""Kekuatan dan perkembangan datang hanya dari usaha dan perjuangan yang terus menerus""

Napoleon Hill