Connect With Us

Ratusan Buruh Pabrik Derijen Tuntut THR

| Kamis, 16 Agustus 2012 | 10:52

 
 Reporter : Ganang
 
TANGERANG-Ratusan buruh kontrak PT Kemasindo Indah Triutama yang berlokasi di Jalan Raya Cikupa, Kecamatan Pasar Kemis, Kabupaten Tangerang, melakukan aksi mogok kerja, lantaran belum diberikan Tunjangan Hari Raya (THR) oleh manajemen perusahaan, Rabu (16/8).
 
Aksi buruh pabrik plastik derijen ini berlangsung damai di depan halaman pabrik. Mereka menyampaikan oerasinya sambil membawa poster-poster berisi tuntutan kepada pihak perusahaan.
 
Koordinator aksi demo, Lina mengatakan, total buruh di pabrik ini sekitar 500 orang, sekitar 300 diantaranya merupakan buruh kontrak. Dari 300 orang buruh kontrak sebanyak 60 persen yang belum diberikan THR oleh perusahaan. “Perusahaan harus membayarkan THR kami dengan penuh, itu hak kami,” tegasnya kepada TangerangNews.com. 
 
Mirisnya lagi, kata Lina, pembayaran THR juga tidak rutin setiap tahun. Artinya manajemen hanya membayarkan THR di tahun ini dan tahun depan tidak diberikan. Untuk karyawan tetap diberikan THR Rp1,3 juta, sedangkan buruh kontrak diberikan THR Rp1,2 juta.
“Seharusnya kan dibayar sesuai dengan pegawai tetap, karena tenaga kerja kontrak disini ada yang sudah mencapai lima hingga tujuh tahun,” jelasnya.
 
Lina juga mengaku jika kondisi ini sudah berlangsung sejak tahun 1994. Termasuk gaji yang harus diterima buruh sebesar Rp1,3 juta. Jumlah itu tidak sesuai dengan jumlah UMK Tangerang yang ditetapkan Gubernur Banten tahun 2012. “Upah juga hak normatif kami, jelas harus dibayarkan sesuai dengan aturan. Kami minta upah kami sesuai UMK tahun ini,”ucapnya.
 
Lina juga mengeluhkan pemberian jamsostek yang belum merata oleh perusahaan.
Menurutnya, dari sekitar 500 orang karyawan, baru 50 orang yang diberikan jamsostek. Sementara, jika dari 50 orang itu ada yang keluar, maka jamsostek hanya ditambahkan sesuai jumlah penerima jamsostek yang keluar. “Setiap tahun tidak ada penambahan penerima jamsostek. Manajemen harus memberika jamsostek kepada kami,”tandasnya.
 
Ia mengaku saat ini pihak manajemen berjanji akan menyelesaikan persoalan THR, bagi buruh yang belum mendapatkan. Serta pemenuhan tuntutan buruh yang lain seperti upah sesuai UMK dan jamsostek. “Kami akan terus mogok kerja sampai ada keputusan dari manajemen terkait nasib kami,”imbuhnya.
 

BANDARA
Imbas Erupsi Gunung, AirNav Perpanjang Penutupan Bandara Sam Ratulangi Manado 

Imbas Erupsi Gunung, AirNav Perpanjang Penutupan Bandara Sam Ratulangi Manado 

Kamis, 18 April 2024 | 15:03

Gunung Ruang di Sulawesi Utara mengalami erupsi dengan ketinggian letusan mencapai 3725 meter di atas permukaan laut pada Rabu, 17 April 2024.

WISATA
Libur Lebaran 2024, 6 Rekomendasi Wisata Belanja di Kota Tangerang

Libur Lebaran 2024, 6 Rekomendasi Wisata Belanja di Kota Tangerang

Jumat, 12 April 2024 | 06:54

Selama libur Lebaran 2024, Kota Tangerang memiliki berbagai tempat yang masih dapat dikunjungi.

AYO! TANGERANG CERDAS
Universitas Atma Jaya BSD Serpong Ditetapkan Jadi Pusat Pendidikan

Universitas Atma Jaya BSD Serpong Ditetapkan Jadi Pusat Pendidikan

Kamis, 25 April 2024 | 07:43

Universitas Katolik Indonesia Atma Jaya kampus BSD Serpong ditetapkan jadi pusat keunggulan pendidikan atau Education Excellence.

OPINI
Gurita Korupsi, Praktik Culas Pertambangan “Si Emas Putih”

Gurita Korupsi, Praktik Culas Pertambangan “Si Emas Putih”

Senin, 15 April 2024 | 12:24

Jagat dunia maya tengah dihebohkan oleh kasus korupsi super besar yang terjadi baru-baru ini, yakni korupsi yang melibatkan suami dari aktris Sandra Dewi, Harvey Moeis, serta Helena Lim sosok yang terkenal sebagai crazy rich Pantai Indah Kapuk (PIK).

""Kekuatan dan perkembangan datang hanya dari usaha dan perjuangan yang terus menerus""

Napoleon Hill