Connect With Us

Pemkab Tangerang Panen Raya di Sukadiri

Denny Bagus Irawan | Kamis, 13 September 2012 | 19:28

Sekda Kabupaten Tangerang Hermansyah (tangerangnews / dira)


 

TANGERANGNEWS.com- Sekretaris Daerah Kabupaten Tangerang H. Hermansyah melaksanakan Panen Raya Padi Vareitas Infari Sidenuk dan Mira I di Desa Pekayon, Kecamatan Sukadiri Kabupaten tangerang. Rabu (12/9).
 
 Panen raya ini hasil dari kerjasama Badan Tenaga Nuklir Nasional, Lembaga Penelitian dan Pendidikan Kepada Masyarakat  Universitas Sultan Ageng Tirtayasa (LPPM UNTIRTA) telah melaksanakan memanfaatan Hasil Litbang Iptek Nuklir di Bidang Pertanian dan Peternakan di daerah Kabupaten Tangerang tahun 2012, telah menyebarkan Padi Vareitas Infari Sidenuk dan Mira I yang dilakukan oleh Kelompok Tani dibebrapa kecamatan di Kabupaten Tangerang seluas 200 hektar.
 

 
Hermansyah dalam sambutannya mengucapkan terimakasi kepada BATAN yang telah berhasil melakukan kegiatan pemanfaatan Hasil LitbangIptek Nuklir di Bidang pertanian di Kabupaten Tangerang. ”Saat ini kita bisa bisa merasakan hasilnya dengan memanen Padi Vareitas Infari Sidenuk dan Mira I seluas 200 hektar,” kata hermansyah seraya menambahkan dibeberapa provinsi dengan hasil panen rata-rata 8 hingga 9 ton per hektar gabah kering giling.
 
 Menurut Hermansyah  dibeberapa wilayah di Indonesia sedang dilanda kekeringan, juga tidak sedikit lahan pertanian yang mengalami puso. “Pemkab tangerang terus berkomitmen untuk terus meningkatkan produksi padi, hal ini terbukti dengan diterimanya penghargaan dari presiden RI  atas prestasinya yang dinilai berhasil mendorong produksi beras nasional (P2BN) lebih dari 5% pada tahun 2010 lalu, dan terus memperbaiki infrastruktur diwilayah pantura kabupaten tangerang seperti perbaikan saluran irigasi ”, terang Sekda.
 
Lebih lanjut Hermansyah memamaparkan produksi padi tahun 2011 kabupaten tangerang sebesar 438.079 ton gabah kering giling dengan produksivitas padi sebesar 56,84 kuintal/hektar gabah kering giling. Saya berharap produksi padi bisa ditingkatkan pada tahu-tahun berikutnya, terlebih lagi jika seluruh kelompok tani Kabupaten Tangerang menggunakan padi Vareitas Infari Sidenuk dan Mira Idan didukung juga dengan peningkatan kualitas pengairan lahan pertanian yang selalu kami upayakan.
 
Sementara itu, Kepala Pusat Desiminasi Iptek Nuklir Batan Ir. Ruslan, menambahkan teknologi Nuklir yang selama ini orang menganggap hanya untuk perang, nah bukan itu, kita tahu hasil dari mutasi dan radiasi perubahan, ada yang hasilnya baik dan jelek, seperti tumbuhan pun hasil mutasinya bisa baik dan buruk. Hasil Litbang Iptek Nuklir dibidang pertanian dan peternakan kali ini setelah hasil riset menghasilkan Padi Vareitas Infari Sidenuk dan Mira I yang hasil padinya lebuh bagus, produksinya leih tinggi, vereitas ungulan dan tahan lama, dan memiliki masa tanam yang singkat, padi jenis inipun tahan diberbagai iklim. Maka dari itu, kami menyarankan kepada kelopok tani yang ada dikabupaten tangerang bisa mengembangkan padi vareitas Infari Sidenuk dan Mira I.
 
Kepala Dinas Pertanian dan Peternakan Propinsi Banten Ir. H. Agus Tauchid, MM, memberikan apresiasi kepada Batan dan LPPM UNTIRTA, karena mereka terus mengembangkan risetnya dibidang Pertanian, dan diwilayah banten bentuk keberhasilan tersebut menuruut data BPS produksi padi pada tahun 2010 sebesar 2.048.047 ton gabah kering giling (GKG), terjadi peningkatan produksi sebesar 10,76 persen, sementara target nasional meningkat 5 persen dan surplus sebesar 87.003 ton, dan produksi padi tersebut memberikan kontribusi padi nasional sebesar 3,10 %, banten juga menduduki urutan ke-9 nasional. Tahun 2011 berdasarkan angka tetap mencapai 1.949.714 ton GKG atau surplus sebesar 31.312 ton beras dan memberikan kontribusi produksi nasional sebesar 2,96%, dan tahun 2012 banten   mendapat sasaran produksi sebesar 2.130.142 ton GKG, dari sasaran produksi tersebut diprediksi surplus sebesar 79.230 ton.
 
Setelah memberikan sambutan sekda  memberikan bantuan kepada kelompok tani berupa bibit vareitas Infari Sidenuk kepada Sahroni (42)kelompok tani desa Kosambi, dan langsung temu karya bersama kelompok tani yang ada dikabupaten tangerang, juga langsung memanen padi vareitas Infari Sidenuk bersama Kepala BIro Perencanaan BPPT DR. Sugeng Santoso, Kepala Pusat Desiminasi Iptek Nuklir Batan Ir. Ruslan, Kepala Dinas Pertanian dan Peternakan Propinsi Banten Ir. H. Agus Tauchid, MM, Deputi Bidang PHLPN DR. Perhat Azis, Msc, Rektor Untirta Prof. DR. H. Sholeh Hidayat, Mpd, bersama kelompok tani desa pekayon Kecamatan sukadiri.
 

 

AYO! TANGERANG CERDAS
Universitas Atma Jaya BSD Serpong Ditetapkan Jadi Pusat Keunggulan Pendidikan

Universitas Atma Jaya BSD Serpong Ditetapkan Jadi Pusat Keunggulan Pendidikan

Kamis, 25 April 2024 | 07:43

Universitas Katolik Indonesia Atma Jaya kampus BSD Serpong ditetapkan jadi pusat keunggulan pendidikan atau Education Excellence.

KOTA TANGERANG
Begini Kondisi Plaza Shinta Cimone Tangerang Usai Sempat Ditutup

Begini Kondisi Plaza Shinta Cimone Tangerang Usai Sempat Ditutup

Kamis, 25 April 2024 | 10:34

Plaza Shinta Cimone Kota Tangerang mulai kembali beroperasi usai sempat ditutup beberapa waktu lalu.

""Kekuatan dan perkembangan datang hanya dari usaha dan perjuangan yang terus menerus""

Napoleon Hill