Connect With Us

Pemkab Tangerang Gelar Sosialiasi SJSN

| Selasa, 16 Oktober 2012 | 13:51

PEMKAB TANGERANG GELAR SOSIALISASI SJSN DAN BPJS (tangerangnews / adv)

TANGERANG- Asiten Bidang Pemerintahan Dan Kesejahteraan Rakyat Kabupaten Tangerang Slamet Setiawan membuka acara Sosialisasi Sistem Jaminan Kesehatan dalam rangka persiapan implementasi Sistem Jaminan Sosial Nasional (SJSN) dibidang Kesehatan, yang digelar di Aula Lantai 11 Siloam Hospitals Lippo Karawaci Village Kabupaten Tangerang. Senin, 15/10.
 
H. Slamet Setiawan dalam sambutannya mengatakan, pemerintah melalui Undang-undang nomor 40 tahun  2004 telah mengamanatkan penyelenggaraan Sistem Jaminan Sosial Nasional (SJSN) bagi seluruh warga Negara untuk dapat memenuhi kebutuhan dasar hidup yang layak dan meningkatkan martabatnya menuju terwujudnya masyarakat Indonesia yang sejahtera, adil dan makmur.
Jaminan sosial tersebut meliputi Jaminan Kesehatan, Jaminan Kecelakaan kerja, Jaminan Hari Tua, Jaminan pensiun dan jaminan Kematian.
 
Lebih Lanjut ia mengatakan, telah diundangkannya  undang-undang Nomor 24 tahun 2011 tentang Badan Penyelenggara jaminan Sosial (BPJS) sebagai salah satu implementasi dari undang-undang tentang SJSN.  
Maka inplementasi penyelenggara jaminan kesehatan oleh BPJS bidang kesehatan akan dimulai pada tanggal 1 januari 2014 dengan mengembangkan keterlibatan semua pihak, baik pemerintah pusat maupun pemerintah daerah, termasuk para pemberi pelayan kesehatan, pengusaha dan pekerja serta media dan seluruh pemangku kepentingan lainnya.
 
“Kegiatan sosialisasi ini sangat penting, karena masih banyak pihak yang belum mengetahui tentang implementasi undang-undang tentang SJSN dan BPJS,” terangnya.
 
Sementara Drg. Hj. Naniek Isnaini L, M.Kes menambahkan, dalam menyongsong pelaksanaan BPJS bidang kesehatan, kami telah melaksanakan sejumlah persiapan, menerbitkan Peraturan Bupati No.20 tahun 2012 tentang petunjuk Teknis Pelaksanaan jaminan Kesehatan Daerah (Jamkesda).
 
 Dan Peraturan Bupati No. 23 tahun 2012 tentang Petunjuk teknis pelaksanaan Jamkesmas dan Jampersal di RSUD Balaraja, Puskesmas dan Jaringannya di Dinas kesehatan Kabupaten Tangerang.
 
Menyediakan anggaran untuk menanggung biaya pengobatan masyarakat miskin diluar kuota jamkesmas dan masyarakat kurang mampu lainnya sejak tahun 2009.
 
Memperluas jaringan pelayanan kesehatan bagi masyarakat miskin dengan 16 rumah sakit di tangerang dan di Jakarta. Pada tahun 2009 pasien jamkesda yang dilayani sebanyak 444 pasien, tahun 2010 sebanyak 1.285 pasien dan tahun 2012 sampai dengan bulan September sebanyak 2.297 pasien.
 
Selain itu kami juga telah mengadakan perjanjian kerja sama dengan Bidan Praktek Mandiri, Penyedian anggaran untuk verifikasi data basis terpadu Program Perlindungan social tahun 2012 dari Tim Nasional Percepatan Penanggulangan Kemiskinan. Melakukan analisis kemampuan pembiayaan kesehatan dalam memecahkan permasalahan spesifik daerah, baik untuk pembiayaan promotif, preventif dan akuratif. Serta perbaikan mutu pelayanan, melalui penambahan Puskesmas PONED (Pelayanan Obsetri Neonatal Dasar) bersertifikasi ISO di 7 Puskesmas.
 
Acara Sosialisasi ini dihadiri oleh Kepala Divisi regional IV Asuransi Kesehatan (ASKES) dan Kepala Pusat Pembiayaan Jaminan Kesehatan,  Direktur Rumah Sakit se- Kabupaten Tangerang, Kepala Puskesmas, serta pejabat di lingkungan Dinas kesehatan Kabupaten Tangerang. setelah dilakukan pembukaan Sosialisasi dilanjutkan dengan diskusi kesehatan.

TANGSEL
Tangsel Tuan Rumah Porprov Banten 2026, Begini Persiapannya

Tangsel Tuan Rumah Porprov Banten 2026, Begini Persiapannya

Kamis, 28 Maret 2024 | 16:36

Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) VII Banten 2026 mendatang akan diselenggarakan di Kota Tangerang Selatan (Tangsel).

BANTEN
Pemprov Banten dan Pemkab Tangerang Salurkan Santunan kepada 1.000 Anak Yatim di Park Serpong

Pemprov Banten dan Pemkab Tangerang Salurkan Santunan kepada 1.000 Anak Yatim di Park Serpong

Kamis, 28 Maret 2024 | 18:22

Sebanyak 1.000 anak yatim yang berada di Kabupaten Tangerang mendapat santunan dari Pemerintah dan DPRD Provinsi Banten, serta Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tangerang.

OPINI
Ramadan Bulan Ampunan, Utang Pinjol Malah Bertebaran

Ramadan Bulan Ampunan, Utang Pinjol Malah Bertebaran

Rabu, 20 Maret 2024 | 15:57

Ramadan adalah bulan suci yang identik dengan ampunan dan bulan penuh ketakwaan. Namun, nyatanya hal ini tidak menjadikan pelaku kemaksiatan berkurang. Salah satu kemaksiatan yang semakin marak adalah pinjaman online atau pinjol.

KAB. TANGERANG
Kronologis Kecelakaan Mobil yang Tewaskan 1 Orang dan 4 Luka-luka di Jalan BSD Tangerang

Kronologis Kecelakaan Mobil yang Tewaskan 1 Orang dan 4 Luka-luka di Jalan BSD Tangerang

Kamis, 28 Maret 2024 | 12:19

Kecelakaan mobil Honda Brio di Jalan BSD Raya Utama, tepatnya di dekat QBig, Kelurahan Lengkong Kulon, Kecamatan Pagedangan, Kabupaten Tangerang, pada Rabu 27 Maret 2024 malam, mengakibatkan satu orang tewas dan empat lainnya luka-luka.

""Kekuatan dan perkembangan datang hanya dari usaha dan perjuangan yang terus menerus""

Napoleon Hill