Connect With Us

Pemkab Tangerang Gelar Sensus Pertanian 2013

| Rabu, 10 April 2013 | 17:37

TANGERANG-Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tangerang akan melaksanakan Sensus Pertanian (ST2013), pada tanggal 1-31 Mei 2013. Hal tersebut bertujuan untuk mengevaluasi kinerja dan menyusun perencanaan pembangunan pertanian di Kabupaten Tangerang.
 
Menurut Kepala Dinas Pertanian dan Peternakan Kabupaten Tangerang Jarnazi, pihaknya akan mendata seluruh usaha pertanian di subsektor tanaman pangan, hortikultura, perkebunan, peternakan, perikanan dan kehutanan, perusahaan, pesantren/seminari, lembaga pemasyarakatan, barak militer dan kelompok usaha bersama.
 
“Pendataan dilakukan langsung petugas sensus dengan mendatangi seluruh usaha pertanian dan tempat tinggal pelaku usaha pertanian di wilayah Kabupaten Tangerang. Metode untuk pendataan menggunakan kuesioner,” kata Jarnazi saat memberikan sambutan pada acara sosialisasi sensus pertanian, di ruang rapat bola sundul, Selasa (9/4) kemarin.
 
Jarnaji menambahkan, ST2013 ini dilaksanakan oleh Badan Pusat Statistik (BPS) Kabupaten Tangerang bekerjasama dengan Pemkab Tangerang.  Petugas ST2013 yang mendata menggunakan seragam rompi berwarna hijau dengan gambar logo BPS dan ST2013 serta dilengkapi dengan surat tugas dan Petugas sensus tidak memungut biaya.
 
“Saya menghimbau kepada jajaran PNS baik yang ada di Kecamatan, Kelurahan dan Desa untuk membantu sosialisasikan pelaksanaan sensus pertanian ini. Karena data dari hasil sensus pertanian 2013 ini akan kita gunakan sebagai bahan evaluasi pembangunan pertanian di Kabupaten Tangerang selanjutnya,” ujar Jarnazi.
 
Menurut Kepala BPS Kabupaten Tangerang Budisucipto, ST2013 ini mengacu pada amanat UU no 16/1997 tentang Statistik yang mengamankan BPS untuk melaksanakan statistik dasar yaitu sensus penduduk, sensus pertanian dan sensus ekonomi yang masing-masing diselenggarakan setiap sepuluh tahun sekali. “Sensus Pertanian yang diselenggarakan tahun 2013 merupakan sensus yang keenam kalinya,” paparnya.
 
Budisucipto menambahkan, data yang akan dikumpulkan dalam ST2013 ini diantaranya identias dan lokasi rumah tangga pertanian, tujuan utama usaha pertanian, luas lahan yang dikuasa dan digunakan menurut jenis lahan, jenis lahan menurut irigasi, jenis tanaman semusim dan jumlah ternak yang dikuasai rumah tangga pertanian menurut jenis ternak.(RAZ) 
TOKOH
Mengenal Baden Powell dan Sejarah Dicetuskannya Pramuka

Mengenal Baden Powell dan Sejarah Dicetuskannya Pramuka

Kamis, 22 Februari 2024 | 15:37

Praja Muda Karana atau Pramuka merupakan gerakan kepanduan paling populer yang dicetuskan oleh Baden Powell.

PROPERTI
Rekomendasi Warna Cat Rumah untuk Sambut Lebaran 2024

Rekomendasi Warna Cat Rumah untuk Sambut Lebaran 2024

Senin, 25 Maret 2024 | 20:03

Sudah menjadi tradisi di Indonesia, momen hari raya menjadi kesempatan yang baik untuk berkumpul bersama kerabat dan sahabat.

BANDARA
6 April Puncak Arus Mudik Lebaran di Bandara Soetta, Diprediksi Capai 188.795 Penumpang

6 April Puncak Arus Mudik Lebaran di Bandara Soetta, Diprediksi Capai 188.795 Penumpang

Kamis, 28 Maret 2024 | 16:54

Arus mudik di Bandara Soekarno-Hatta (Soetta), Kota Tangerang akan berlangsung selama 18 hari tanggal 3-18 April 2024.

NASIONAL
Waspada Penipuan Berkedok Rekrutmen Bersama BUMN, Ini Imbauan dari PLN 

Waspada Penipuan Berkedok Rekrutmen Bersama BUMN, Ini Imbauan dari PLN 

Kamis, 28 Maret 2024 | 18:26

Kementerian Badan Usaha Milik Negeri (BUMN) kembali membuka Rekrutmen Bersama BUMN 2024.

""Kekuatan dan perkembangan datang hanya dari usaha dan perjuangan yang terus menerus""

Napoleon Hill