Connect With Us

Pemkab Tangerang Gelar Sensus Pertanian 2013

| Rabu, 10 April 2013 | 17:37

| Dibaca : 856

TANGERANG-Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tangerang akan melaksanakan Sensus Pertanian (ST2013), pada tanggal 1-31 Mei 2013. Hal tersebut bertujuan untuk mengevaluasi kinerja dan menyusun perencanaan pembangunan pertanian di Kabupaten Tangerang.
 
Menurut Kepala Dinas Pertanian dan Peternakan Kabupaten Tangerang Jarnazi, pihaknya akan mendata seluruh usaha pertanian di subsektor tanaman pangan, hortikultura, perkebunan, peternakan, perikanan dan kehutanan, perusahaan, pesantren/seminari, lembaga pemasyarakatan, barak militer dan kelompok usaha bersama.
 
“Pendataan dilakukan langsung petugas sensus dengan mendatangi seluruh usaha pertanian dan tempat tinggal pelaku usaha pertanian di wilayah Kabupaten Tangerang. Metode untuk pendataan menggunakan kuesioner,” kata Jarnazi saat memberikan sambutan pada acara sosialisasi sensus pertanian, di ruang rapat bola sundul, Selasa (9/4) kemarin.
 
Jarnaji menambahkan, ST2013 ini dilaksanakan oleh Badan Pusat Statistik (BPS) Kabupaten Tangerang bekerjasama dengan Pemkab Tangerang.  Petugas ST2013 yang mendata menggunakan seragam rompi berwarna hijau dengan gambar logo BPS dan ST2013 serta dilengkapi dengan surat tugas dan Petugas sensus tidak memungut biaya.
 
“Saya menghimbau kepada jajaran PNS baik yang ada di Kecamatan, Kelurahan dan Desa untuk membantu sosialisasikan pelaksanaan sensus pertanian ini. Karena data dari hasil sensus pertanian 2013 ini akan kita gunakan sebagai bahan evaluasi pembangunan pertanian di Kabupaten Tangerang selanjutnya,” ujar Jarnazi.
 
Menurut Kepala BPS Kabupaten Tangerang Budisucipto, ST2013 ini mengacu pada amanat UU no 16/1997 tentang Statistik yang mengamankan BPS untuk melaksanakan statistik dasar yaitu sensus penduduk, sensus pertanian dan sensus ekonomi yang masing-masing diselenggarakan setiap sepuluh tahun sekali. “Sensus Pertanian yang diselenggarakan tahun 2013 merupakan sensus yang keenam kalinya,” paparnya.
 
Budisucipto menambahkan, data yang akan dikumpulkan dalam ST2013 ini diantaranya identias dan lokasi rumah tangga pertanian, tujuan utama usaha pertanian, luas lahan yang dikuasa dan digunakan menurut jenis lahan, jenis lahan menurut irigasi, jenis tanaman semusim dan jumlah ternak yang dikuasai rumah tangga pertanian menurut jenis ternak.(RAZ) 

NASIONAL
Dihadiri Jokowi, LDII Usulkan Fokus Pembangunan Nasional di Rakernas

Dihadiri Jokowi, LDII Usulkan Fokus Pembangunan Nasional di Rakernas

Jumat, 12 Oktober 2018 | 16:00

TANGERANGNEWS.com-Lembaga Dakwah Islam Indonesia (LDII) menggelar Rakernas yang diikuti 1.500 peserta dari tingkat Dewan Perwakilan Wilayah (Provinsi) dan Dewan Perwakilan Daerah (Kabupaten/kota), Kamis (11/10/2018).

HIBURAN
Usung Konsep Betawi, Pasar Jajan Teras Cisadane Hadir di Kota Tangerang

Usung Konsep Betawi, Pasar Jajan Teras Cisadane Hadir di Kota Tangerang

Senin, 15 Oktober 2018 | 18:59

TANGERANGNEWS.com-Setelah sukses membuat Pasar Jajan di Taman Potret dan Taman Gajah dengan konsep modern dan milenial, Pemerintah Kota

KAB. TANGERANG
Satu Orang Luka Serius Akibat Tawuran Pelajar di Curug

Satu Orang Luka Serius Akibat Tawuran Pelajar di Curug

Jumat, 19 Oktober 2018 | 23:57

TANGERANGNEWS.com-Satu orang mengalami luka bacok saat terjadi tawuran pelajar antara SMK Mandiri Panongan dengan SMK Yupentek 2 Curug, di

"Kebahagiaan bukanlah sesuatu yang sudah jadi tetapi berasal dari tindakan kita sendiri"

Tenzin Gyatso