Connect With Us

Pemkab Tangerang Gelar Sensus Pertanian 2013

| Rabu, 10 April 2013 | 17:37

| Dibaca : 744

TANGERANG-Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tangerang akan melaksanakan Sensus Pertanian (ST2013), pada tanggal 1-31 Mei 2013. Hal tersebut bertujuan untuk mengevaluasi kinerja dan menyusun perencanaan pembangunan pertanian di Kabupaten Tangerang.
 
Menurut Kepala Dinas Pertanian dan Peternakan Kabupaten Tangerang Jarnazi, pihaknya akan mendata seluruh usaha pertanian di subsektor tanaman pangan, hortikultura, perkebunan, peternakan, perikanan dan kehutanan, perusahaan, pesantren/seminari, lembaga pemasyarakatan, barak militer dan kelompok usaha bersama.
 
“Pendataan dilakukan langsung petugas sensus dengan mendatangi seluruh usaha pertanian dan tempat tinggal pelaku usaha pertanian di wilayah Kabupaten Tangerang. Metode untuk pendataan menggunakan kuesioner,” kata Jarnazi saat memberikan sambutan pada acara sosialisasi sensus pertanian, di ruang rapat bola sundul, Selasa (9/4) kemarin.
 
Jarnaji menambahkan, ST2013 ini dilaksanakan oleh Badan Pusat Statistik (BPS) Kabupaten Tangerang bekerjasama dengan Pemkab Tangerang.  Petugas ST2013 yang mendata menggunakan seragam rompi berwarna hijau dengan gambar logo BPS dan ST2013 serta dilengkapi dengan surat tugas dan Petugas sensus tidak memungut biaya.
 
“Saya menghimbau kepada jajaran PNS baik yang ada di Kecamatan, Kelurahan dan Desa untuk membantu sosialisasikan pelaksanaan sensus pertanian ini. Karena data dari hasil sensus pertanian 2013 ini akan kita gunakan sebagai bahan evaluasi pembangunan pertanian di Kabupaten Tangerang selanjutnya,” ujar Jarnazi.
 
Menurut Kepala BPS Kabupaten Tangerang Budisucipto, ST2013 ini mengacu pada amanat UU no 16/1997 tentang Statistik yang mengamankan BPS untuk melaksanakan statistik dasar yaitu sensus penduduk, sensus pertanian dan sensus ekonomi yang masing-masing diselenggarakan setiap sepuluh tahun sekali. “Sensus Pertanian yang diselenggarakan tahun 2013 merupakan sensus yang keenam kalinya,” paparnya.
 
Budisucipto menambahkan, data yang akan dikumpulkan dalam ST2013 ini diantaranya identias dan lokasi rumah tangga pertanian, tujuan utama usaha pertanian, luas lahan yang dikuasa dan digunakan menurut jenis lahan, jenis lahan menurut irigasi, jenis tanaman semusim dan jumlah ternak yang dikuasai rumah tangga pertanian menurut jenis ternak.(RAZ) 

BANDARA
Besok Gedung TOD Bandara Soekarno-Hatta Soft Opening

Besok Gedung TOD Bandara Soekarno-Hatta Soft Opening

Minggu, 25 Februari 2018 | 11:00

TANGERANGNEWS.com-Antusiasme para pengguna jasa dan pekerja yang melintas di gedung transit oriented development (TOD) Bandara

WISATA
Mencicipi Ikan Pari & Sambal Khas Surabaya di Pasar Lama Tangerang

Mencicipi Ikan Pari & Sambal Khas Surabaya di Pasar Lama Tangerang

Rabu, 21 Februari 2018 | 13:00

TANGERANGNEWS.com-Kawasan Pasar Lama, Kota Tangerang menjadi surganya bagi penikmat kuliner jalanan. Segudang aneka makanan dan cita rasa hadir. Begitu pun dengan yang saat ini menjadi buah bibir yakni Sego Sambel Surabaya Iwak Pe.

NASIONAL
Sinar Mas Land Bangun Apartemen Pertama di Surabaya

Sinar Mas Land Bangun Apartemen Pertama di Surabaya

Senin, 19 Februari 2018 | 13:00

TANGERANGNEWS.com-Sinar Mas Land bekerja sama dengan PT Borland Nusantara memulai pembanguna Tower Azure yang merupakan awal dimulainya pembangunan kawasan Klaska Residence.

BANTEN
Dikukuhkan, Pjs Wali Kota Tangerang Diingatkan Jangan Korupsi

Dikukuhkan, Pjs Wali Kota Tangerang Diingatkan Jangan Korupsi

Rabu, 14 Februari 2018 | 18:00

TANGERANGNEWS.com - Gubernur Banten Wahidin Halim resmi mengukuhkan pejabat sementara (Pjs) Wali Kota Tangerang untuk menggantikan petahana Arief R Wismansyah yang akan mulai memasuki masa kampanye dalam Pilkada Kota Tangerang 2018.

"Dalam hidup, tidak ada seorang pun yang mendapatkan tempat seperti apa yang mereka sangka akan dapatkan. Tapi ketika Anda bekerja dengan keras dan bersikap baik, berbagai hal yang mengagumkan akan terjadi."

Conan O'Brein