Connect With Us

Sari Asih Tetap Melayani Pasien Miskin

Dira Derby | Senin, 26 Agustus 2013 | 17:27

Direktur RS Ar-Rahman saat menjelaskan kepada media. (Dens Bagoes Irawan / TangerangNews)


TANGERANG-Pasca diputus kontrak kerjasama sepihak oleh Pemkot Tangerang dalam pelayanan kesehatan atau kartu multi guna (KMG),  pihak RS Sari Asih Group tidak menghentikan pelayanan terhadap pasien miskin. Itu dikatakan oleh dr Andri Ferdian Direktur RS Ar- Rahman, RS yang merupakan satu grup dengan Sari Asih Group.

Menurutnya, setelah adanya pemutusan kontrak kerjasama dengan Pemkot Tangerang, pihaknya, sering mendapat pesan singkat atau pun telepon dari masyarakat yang bertanya seputar pelayanan kepada warga miskin Kota Tangerang.

"Karena memang peusahaan tidak merasa dirugikan. Jelas yang dirugikan bukan kami, tetapi masyarakat. Hal ini tentu membuat program jaminan kesehatan gratis untuk warga tidak mampu menjadi terbatas", terangnya.

Andri Ferdian juga mengatakan, sampai dengan Senin (26/08) RS Sari Asih Group terhitung sejak diputuskan kerjasama dengan Pemkot Tangerang jumlah pasien yang mendapat rawat jalan, sebanyak 460 pasien.

"Sedangkan untuk rawat inap sebanyak 77 orang. Rinciannya, yang rawat jalan di RS Ar-Rahmah 459 orang, RS Sari Asih Karawaci satu orang. Sedangkan untuk yang rawat inap, 65 orang di RS Ar-Rahmah, tujuh orang di Karawaci, empat orang di RS Sari Asih Ciledug dan satu orang di RS Sari Asih", terangnya.

Andri Ferdian mengatakan, khusus di RS Ar-Rahmah kapasitas tempat tidurnya sebanyak 78 orang. Jika lebih dari jumlah itu, kata dia, pihaknya terpaksa menolak. "Sebab, pasien tidak bisa tidur di lantaikan", tuturnya.

Lalu bagaimana pihaknya memfilter pasien miskin atau tidak. Dirinya menjawab, mengingat selama kerjasama dengan Pemkot Tangerang hanya membutuhkan  KTP dan Kartu Keluarga (KK) saja. Sari Asih Group meminta tambahan dari pasien, berupa Surat Keterangan Tidak Mampu (SKTM) dari kelurahan.

"Tetapi jika ada warga yang kesulitan mendapat SKTM, kita tetap minta KTP, kalau anak-anak pasiennya cukup KK", terangnya.

Soal adanya tudingan RS Sari Asih mahal, Andri Ferdian mengatakan, tarif RS yang kerjasama dengan Pemkot Tangerang sama dengan yang ditetapkan Dinas Kesehatan. "Mau dimana pun warga dirawat, semua sama. Tinggal perbedaan biaya pemakaian obat masing-masing pasien yang  sifatnya medis sesuai dengan sakitnya. Jadi, ada mekanismenya", terangnya.

Terkait tudingan Sari Asih digunakan untuk berpolitik. Andri Ferdian mengatakan, RS Ar-Rahmah menggratiskan pelayanan bagi warga miskin sejak 2010 hingga akhir 2010.
"Kami tidak pernah ada kasir di sini. Dan, RS Ar-Rahmah hadir, karena banyaknya penolakan dari RS swasta. Di sini tidak ada yang keluar uang, karena tidak ada kasir sama sekali", tutupnya.

KAB. TANGERANG
Penjelasan PDAM TKR Soal Kebocoran Pipa yang Ganggu Suplai Air Puluhan Ribu Warga

Penjelasan PDAM TKR Soal Kebocoran Pipa yang Ganggu Suplai Air Puluhan Ribu Warga

Selasa, 23 April 2024 | 15:58

Fasilitas pengelolaan air atau Water Treatment Plan (WTP) Sampora di Kecamatan Cisauk, Kabupaten Tangerang, yang dikelola PDAM Tirta Kerta Raharja (TKR) hari ini berjalan dengan baik setelah sempat mengalami kebocoran pipa, Selasa 23 April 2024.

TOKOH
Mengenal Baden Powell dan Sejarah Dicetuskannya Pramuka

Mengenal Baden Powell dan Sejarah Dicetuskannya Pramuka

Kamis, 22 Februari 2024 | 15:37

Praja Muda Karana atau Pramuka merupakan gerakan kepanduan paling populer yang dicetuskan oleh Baden Powell.

WISATA
Libur Lebaran 2024, 6 Rekomendasi Wisata Belanja di Kota Tangerang

Libur Lebaran 2024, 6 Rekomendasi Wisata Belanja di Kota Tangerang

Jumat, 12 April 2024 | 06:54

Selama libur Lebaran 2024, Kota Tangerang memiliki berbagai tempat yang masih dapat dikunjungi.

HIBURAN
Sedih Kembali Bekerja Usai Libur Panjang, Simak 5 Cara Mengatasi Post Holiday Blues

Sedih Kembali Bekerja Usai Libur Panjang, Simak 5 Cara Mengatasi Post Holiday Blues

Rabu, 17 April 2024 | 10:25

Setelah menikmati liburan Lebaran yang menyenangkan, banyak pekerja mengalami apa yang disebut sebagai post holiday blues, yakni perasaan sedih dan kehilangan ketika kembali ke rutinitas kerja.

""Kekuatan dan perkembangan datang hanya dari usaha dan perjuangan yang terus menerus""

Napoleon Hill