Connect With Us

23 Lampu Merah di Kota Tangerang Bisa Diatur

Dira Derby | Selasa, 17 September 2013 | 14:48

| Dibaca : 1628

Petugas Dishub menunjukkan ruangan ATCS (Dens Bagoes Irawan / TangerangNews)

TANGERANG-Sebanyak 23 titik traffic light (lampu merah) yang ada di Kota Tangerang sudah bisa diatur waktunya.

 Tujuan bisa diaturnya waktu lampu tersebut, agar bisa mengurai kemacetan. Sebab, di 23 titik ‎lampu merah tersebut, juga terdapat CCTV yang dapat memantau arus kendaraan.

Adapun jalan yang terdapat lampu merah yang terpantau CCTV tersebut ada di sembilan ‎jalan, yakni Jalan Jendral Sudirman, Jalan Daan Mogot, Jalan Batuceper-TMP Taruna, Jalan KH Hasyim Ashari -Ciledug, Jalan Mohamad Yamin, Jalan Perintis Kemerdekaan, Jalan Imam Bonjol, Jalan Teuku Umar (Plaza Shinta), Jalan Suryadharma (M1/belakang Bandara).

"Kami menyebutnya sistem ini area traffic control system (ATCS). Fungsinya untuk memantau traffic dan mengatur waktu traffic light atau lampu merah. Kalau dulu kan stand alone lampu merahnya, sekarang lebih modern bisa diatur,  " ujar Kepala Seksi Teknik Lalu Lintas Dinas Perhubungan Kota Tangerang Tri Wibowo, Selasa (17/09).

Kamera CCTV tersebut dinyatakan sebagai Kamera tercanggih yakni bernama camera pantil zoom yang dapat memutar 360 derajat dan bisa melakukan pembenaran sebanyak 40 kali zoom.

"‎Jadi Kamera ini  bisa melihat plat nomor kendaraan dan pengemudinya sedang ngapain, jika di zoom," terang Tri.

 Kenapa hanya ada di sembilan jalan tersebut, menurut Tri, kondisi jalan itu sudah melalui kajian teknis bahwa perlu ada pengaturan lampu merah dan CCTV.‎

"Kedepan kita akan menambah lima titik lagi. Sudah dianggarkan, lima titik lagi akan selesai pada akhir Desember 2013," jelasnya.


Lima lampu merah tersebut akan dipasang berikut CCTV-nya di tiga jalan, yakni Jalan Gatot Subroto (Jatiuwung), Jalan Raden Fatah (Karang Tengah) dan Jalan HOS Cokroaminoto (Ciledug).

TEKNO
150 Startups Indonesia Berbagi Pengalaman di Starthub Connect 2018 BSD

150 Startups Indonesia Berbagi Pengalaman di Starthub Connect 2018 BSD

Jumat, 14 September 2018 | 10:33

TANGERANGNEWS.com-Sinar Mas Land bekerja sama dengan Alpha Momentum menggelar Starthub Connect 2018 di ICE BSD City,

KOTA TANGERANG
Ingin Datangi Ustadz Abdul Somad di Festival Al-Azhom? Sebaiknya Parkir di Sini

Ingin Datangi Ustadz Abdul Somad di Festival Al-Azhom? Sebaiknya Parkir di Sini

Rabu, 26 September 2018 | 12:59

TANGERANGNEWS.com-Pengunjung yang datang ke acara penutupan Festival Al-Azhom diprediksi akan membludak. Pasalnya, penyelenggara

OPINI
Tantangan Profesi Polisi Zaman Now

Tantangan Profesi Polisi Zaman Now

Rabu, 18 Juli 2018 | 18:00

TANGERANGNEWS.com-Anak saya yang baru menapaki usia lima tahun terpesona tayangan di sebuah televisi swasta. Di usia yang belum dapat menggunakan nalar sebagai kelengkapan berfikir itu, ia justru telah hapal slogan yang

BANDARA
Dirjen Imigrasi Sidak Kesiapan Pelayanan Keimigrasian di Bandara Soetta

Dirjen Imigrasi Sidak Kesiapan Pelayanan Keimigrasian di Bandara Soetta

Senin, 24 September 2018 | 16:00

TANGERANGNEWS.com-Direktur Jenderal (Dirjen) Imigrasi Ronny Franky Sompie melakukan inspeksi mendadak (Sidak) di Terminal 3 Bandara Internasional Soekarno-Hatta (Soetta), Tangerang, Senin (24/9/2018).

"Kita tidak boleh menerima nasib buruk dan pasrah menerimannya sebagai kutukan. Kalau kita mau hidup bebas, kita harus belajar untuk terbang"

Gie