Connect With Us

Gita Sidak Pasar Ciledug, Tapi Harga Daging Tetap Tinggi

Rangga Agung Zuliansyah | Kamis, 17 Oktober 2013 | 15:57

Gita Wiryawan (Rangga A Zuliansyah / TangerangNews)


TANGERANG-Menteri Perdagangan Gita Wirjawan melakukan sidak harga barang usai Hari Raya Idul Adha di Pasar Modern Ciledug, Jalan Raden Fatah, Kelurahan Sudimara Selatan, Kecamatan Ciledug, Kota Tangerang, Kamis (17/10).

Dari sidak tersebut ditemukan sejumlah harga komoditi yang masih tinggi seperti daging sapi mencapai Rp95 ribu/Kg dan cabai mencapai Rp45 ribu. Sedangkan kebutuhan pokok lainnya dinilai stabil.

"Daging sapi ini harganya mahal karena produksi nasional kurang. Insya Allah minggu depan harganya sudah turun karena pemerintah mulai impor daging sapi. Kalau cabai dari sentranya masih tersendat karena belum panen. Kemungkinan minggu depan panen dan bisa turun ke pasar," ujar Mendag.

Menurut Mendag kunjungan yang dilakukannya itu,  untuk memantau perkembangan harga di pasar yang sempat mengalami kenaikan menjelang Hari Raya Idul Adha kemarin.
 
"Pemerintah terus berusaha agar stabilitas harga bahan pokok bisa terjaga dan bisa terkontrol," kata Gita.
Berdasarkan perkembangan harga rata-rata bahan pokok di tingkat nasional, jika pada tanggal 16 Oktober dibandingkan dengan tanggal 15 Oktober (Saat Idul Adha), komoditas yang mengalami penurunan seperti bawang merah sebesar 1,02 % menjadi Rp26 ribu/Kg, daging ayam boiler 0,13 % jadi Rp30 ribu/Kg dan tepung terigu 0,12 % menjadi Rp 8 ribu/Kg.

Sedangkan yang mengalami kenaikan harga adalah cabai merah besar 8,02 % menjadi Rp41 ribu/Kg, cabai merah keriting 6,40 % menjadi Rp39 rib/Kg, cabai rawit merah 3,03 %  menjadi Rp45 ribu/Kg.

Untuk komoditi telur ayam ras, minyak goreng curah, daging sapi, bawang putih, kedelai lokal dan harga gula pasir relatif stabil dengan kenaikan yang tidak signifikan antara 0,16-1,10 %.

Mendag menyatakan,  Pemerintah akan terus melakukan pemantauan harga secara intensif dan melakukan langkah koordinasi dengan instansi terkait guna mengantisipasi kenaikan harga.

Selain itu, dia menghimbau agar masyarakat secara aktif dapat menginformasikan kepada pemerintah jika terjadi kelangkaan bahan kebutuhan pokok di daerahnya.

"Sehingga pemerintah dapat berkoordinasi dengan para pelaku usaha untuk segera mengisi kelangkaan tersebut," tukasnya. 
TEKNO
Terbaru, Cara Ubah Foto Jadi Stiker Tanpa Aplikasi Tambahan

Terbaru, Cara Ubah Foto Jadi Stiker Tanpa Aplikasi Tambahan

Jumat, 12 April 2024 | 14:02

Aplikasi perpesanan WhatsApp kembali mengeluarkan fitur terbaru, Jumat, 12 April 2024.

HIBURAN
Sedih Kembali Bekerja Usai Libur Panjang, Simak 5 Cara Mengatasi Post Holiday Blues

Sedih Kembali Bekerja Usai Libur Panjang, Simak 5 Cara Mengatasi Post Holiday Blues

Rabu, 17 April 2024 | 10:25

Setelah menikmati liburan Lebaran yang menyenangkan, banyak pekerja mengalami apa yang disebut sebagai post holiday blues, yakni perasaan sedih dan kehilangan ketika kembali ke rutinitas kerja.

""Kekuatan dan perkembangan datang hanya dari usaha dan perjuangan yang terus menerus""

Napoleon Hill