Connect With Us

November Berobat Gratis Harus Gunakan Rujukan Puskesmas

Rangga Agung Zuliansyah | Selasa, 29 Oktober 2013 | 19:00

RSU Kota Tangerang (Dens Bagoes Irawan / TangerangNews)


 
TANGERANG-Mulai awal November 2013, masyarakat Kota Tangerang yang hendak berobat gratis ke rumah sakit dengan program multiguna harus menggunakan surat jurukan dari Puskesmas di wilayah masing-masing.
 Aturan ini dikeluarkan Pemkot Tangerang untuk memfilter penggunaan layanan kesehatan gratis agar tidak membebani APBD.

 “Perwalnya sudah dibuat, tinggal surat edaran saja. Mulai 1 November, masyarakat sudah bias kembali berobat gratis, namun harus pakai surat rujukan Puskesmas,”  kata Plt Wali Kota Tangerang Arief R Wismansyah, Selasa (29/10).
 
Menurut Arief, kebijakan tersebut dibuat untuk mengantisipasi lonjakan masyarakat yang menggunakan layanan kesehatan gratis di rumah sakit, seperti yang terjadi sebelumnya. Hal tersebut menyebabkan Pemkot Tangerang memiliki hutang klaim sebesar Rp 111 miliar terhadap 35 rumah sakit.
 
“Dulu kan masyarakat bisa langsung berobat ke rumah sakit hanya dengan menunjukkan KTP Kota Tangerang. Karena tidak ada filter, semua langsung berobat, bahkan dokter spesialis, padahal tidak sakit keras. Kedepannya ada pengendalian, dengan surat rujukan,” katanya.
 
Sementara terkait hutang klaim, menurut Arief akan dibayar pad aminggu ini. Saat ini pihaknya masih melakukan verfikasi klaim tersebut. “ Klaim belum dibayar, Rencana minggu ini akan kita selesaikan. Baru Rp 59 miliar yang diverifikasi dari Rp 90 miliar lebih,” tukasnya.
 
NASIONAL
Target Capai NZE 2060, Periklindo dan PLN Gelar Pameran Kendaraan Listrik di Jakarta

Target Capai NZE 2060, Periklindo dan PLN Gelar Pameran Kendaraan Listrik di Jakarta

Selasa, 23 April 2024 | 18:43

PT PLN (Persero) sepenuhnya mendukung Periklindo Electric Vehicle Show (PEVS) 2024 untuk memperkuat kolaborasi dalam mengembangkan ekosistem kendaraan listrik di Indonesia.

KOTA TANGERANG
KPU Kota Tangerang Buka Seleksi PPK Pilkada 2024

KPU Kota Tangerang Buka Seleksi PPK Pilkada 2024

Selasa, 23 April 2024 | 16:35

Seleksi calon anggota Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) untuk Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2024 di Kota Tangerang telah dibuka.

MANCANEGARA
Sukses Siapkan SPKLU di Jalur Mudik Lebaran 2024. PLN Banjir Apresiasi

Sukses Siapkan SPKLU di Jalur Mudik Lebaran 2024. PLN Banjir Apresiasi

Senin, 22 April 2024 | 10:02

Kehadiran 1.299 unit Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU) PT PLN (Persero) selama masa mudik dan balik Idul Fitri 1445 Hijriah dinilai sangat membantu para pemudik, khususnya pengguna kendaraan listrik.

KAB. TANGERANG
Pasca Kebocoran Pipa WTP Sampora Tangerang, Warga BSD Masih Kesulitan Air Bersih

Pasca Kebocoran Pipa WTP Sampora Tangerang, Warga BSD Masih Kesulitan Air Bersih

Selasa, 23 April 2024 | 22:00

Warga di kawasan pemukiman Bumi Serpong Damai (BSD) City masih kesulitan air bersih akibat dampak dari kebocoran pipa pada Water Treatment Plan (WTP) Sampora di Kecamatan Cisauk, Kabupaten Tangerang.

""Kekuatan dan perkembangan datang hanya dari usaha dan perjuangan yang terus menerus""

Napoleon Hill