Connect With Us

5.246 Loker Disediakan di Jobfair Disnakertrans Banten

Rangga Agung Zuliansyah | Rabu, 30 Oktober 2013 | 17:15

Disnakertrans Banten Gelar Jobfair. (Rangga A Zuliansyah / TangerangNews)


TANGERANG-Sebanyak 5.246 lowongan kerja disediakan dalan bursa kerja (Jobfair) 2013 yang diselenggarakan Dinas Tenaga Kerja Pemerintah dan Transmigrasi (Disnakertrans) Provinsi Banten bersama Kemenakertrans.
 
Kegiatan yang dilaksanakan di Gedung Serba Guna Islamic Village, Jalan Islamic Raya, Kecamatan Kelapa Dua, Kota Tangerang ini berlangsung tanggal 30-31 Oktober 2013.
 
Perwakilan Direktur Pengembangan Pasar Kerja Kemennakertrans RI Budi Hartawan, Muhazir dalam sambutannya mengatakan, jobfair ini menjadi solusi masyarakat yang kesulitan mencari kerja, sehingga masalah pengangguran di berbagai lapisan masyarakat dapat diatasi.
 
"Diharapkan jobfair ini dapat dikembangkan dan semoga ini jadi momentum untuk menumbuhkan semangat kerja serta menciptakan masyarakat Banten yang berdaya saing," katanya, Rabu (30/10).
 
Menurutnya, jumlah pengangguran selalu lebih besar dibanding lapangan kerja yang tersedia. Untuk itu perlu kerjasama antara pemerintah dengan perusahaan mencari solusi terbaik. Pemerintah juga perlu berupaya menciptakan pekerjaan yang baik formal atau informal.
 
"Pada 2013 ini kita berusaha menciptakan 1 juta lapangan kerja,  dan diharapkand apat menurunkan 5,1 persen angka pengangguran pada 2014," ujarnya.
 
Kepala Disnakertrans Provinsi Banten Erik Syehabudin mengatakan, jobfair ini diikuti sekitar 38 persuahaan dari berbagai bidang seperti retail, jasa, perbankan dan kesehatan. Puluhan perusahaan tersebut menyediakan sekitar 5246 lowongan kerja mulai dari kualifikasi lulusan SMA/SMK/STM, DIII dan S1 dari segala jurusan.
 
"Lowongan paling banyak didominasi lulusan SMA. Sebenarnya saya kritisi tadi, kenapa hanya SMA. Kedepan saya minta SD dan SMP juga disediakan," katanya.
 
Menurut Erik, para pencari kerja nantinya kan diuji psikotes dan interview dari HRD masing-masing perusahaan secara langsung. Selain itu akan diadakan seminar atau talk show dunia kerja di hari pertama.
 
"Diharapkan jobfair tidak hanya ramai saat melamar saja, tapi juga semua pelamar dapat terserap ke perusahaan yang dituju," katanya.
 
Erik menyebutkan, jumlah pengangguran di Provinsi Banten pada tahun 2013 per Februari sebanyak 552.985 orang. Angka itu naik dari tahun 2013 yang sebesar 519.000 orang.
 
"Daerah dengan pengangguran paling tinggi di Kabupaten Tangerang dan Serang. Diharapkan dengan jobfair ini, angka tersebut bisa menurun menjadi 300.000 pada tahun 2014," tukasnya.
 
BANDARA
Imbas Erupsi Gunung, AirNav Perpanjang Penutupan Bandara Sam Ratulangi Manado 

Imbas Erupsi Gunung, AirNav Perpanjang Penutupan Bandara Sam Ratulangi Manado 

Kamis, 18 April 2024 | 15:03

Gunung Ruang di Sulawesi Utara mengalami erupsi dengan ketinggian letusan mencapai 3725 meter di atas permukaan laut pada Rabu, 17 April 2024.

OPINI
Gurita Korupsi, Praktik Culas Pertambangan “Si Emas Putih”

Gurita Korupsi, Praktik Culas Pertambangan “Si Emas Putih”

Senin, 15 April 2024 | 12:24

Jagat dunia maya tengah dihebohkan oleh kasus korupsi super besar yang terjadi baru-baru ini, yakni korupsi yang melibatkan suami dari aktris Sandra Dewi, Harvey Moeis, serta Helena Lim sosok yang terkenal sebagai crazy rich Pantai Indah Kapuk (PIK).

HIBURAN
Sedih Kembali Bekerja Usai Libur Panjang, Simak 5 Cara Mengatasi Post Holiday Blues

Sedih Kembali Bekerja Usai Libur Panjang, Simak 5 Cara Mengatasi Post Holiday Blues

Rabu, 17 April 2024 | 10:25

Setelah menikmati liburan Lebaran yang menyenangkan, banyak pekerja mengalami apa yang disebut sebagai post holiday blues, yakni perasaan sedih dan kehilangan ketika kembali ke rutinitas kerja.

TEKNO
Terbaru, Cara Ubah Foto Jadi Stiker Tanpa Aplikasi Tambahan

Terbaru, Cara Ubah Foto Jadi Stiker Tanpa Aplikasi Tambahan

Jumat, 12 April 2024 | 14:02

Aplikasi perpesanan WhatsApp kembali mengeluarkan fitur terbaru, Jumat, 12 April 2024.

""Kekuatan dan perkembangan datang hanya dari usaha dan perjuangan yang terus menerus""

Napoleon Hill