Connect With Us

Ini Alasan Polres Tahan AMK

Dira Derby | Jumat, 15 November 2013 | 16:14

Kasat Reskrim Polres Metro Tangerang AKBP Sutarmo saat menunjukan surat penahanan terhadap AMK. (Dira Derby / TangerangNews)

 
TANGERANG-Petugas Polres Metro Tangerang akhirnya pada Jumat (15/11) menjebloskan Direktur Utama (Dirut) PDAM Tirta Benteng Kota Tangerang Ahmad Marju Kodri (AMK) ke rumah tahanan (rutan) polres setempat.

AMK ditahan  karena diduga melakukan tindak pidana korupsi dengan mengeluarkan anggaran PDAM yang digunakan untuk  kerjasama kepada Pengcab PSSI Kota Tangerang  sebagai sponsorship sebesar Rp500 juta.

Menurut Kasat Reskrim Polres Metro Tangerang AKBP Sutarmo, kasus itu berawal dari adanya informasi yang kemudian ditindaklanjuti pihaknya. Kemudian dari informasi tersebut pihaknya melakukan penyelidikan dilakukan pada 17 Juni 2013, dengan didasari hasil gelar perkara sebelumnya.

 “Setelah dilakukan pemeriksaan sejak beberapa hari lalu, kita tetapkan AMK sebagai tersangka. Dan, setelah dimintai keterangan tersangka dan berdasarkan hasil keterangan dari ahli BPKP , dinyatakan terpenuhi unsurnya melanggar Pasal 3 dan 8 Undang-undang tinda pidana Korupsi,” ujar Sutarmo.

Sutarmo mengatakan, pengeluaran dana tersebut didasari permohonan dari Pengcab PSSI Kota Tangerang melalui Sekretaris PSSI Kota Tangerang berinisial SHR. Surat permohonan tersebut ditujukan kepada AMK pada 20 Februari 2012.
 “Persetujuan kerjasama itu tanpa diketahui Wahidin Halim sebagai Wali Kota saat itu dan dewan pengawas PDAM,” ujarnya.

Hal tersebut, lanjutnya, telah membuat AMK  melanggar kewenangannya dengan telah membuat perjanjian kerjasama dengan mengikatkan diri dengan pihak lain tanpa persetujuan wali kota Tangerang. “Setelah memenuhi unsur kita langsung melakukan penangkapan dan melakukan penahanan, ini surat penangkapannya,” ujarnya seraya menunjukan surat tersebut kepada wartawan.

Ditanya soal apakah ada tersangka lain? Kasat mengatakan, sampai dengan saat ini masih AMK seorang,  belum ada tersangka lain. “Kalau ada yang tanya keterkaitan Wahidin Halim sebagai Wali Kota saat itu dalam kasus ini, dipastikan justru dia sebagai saksi yang menguatkan, bahwa dia tidak mengetahui kerjasama itu,” ujarnya.

Sumber dana PDAM Tirtabenteng Kota Tangerang dijelaskannya bersumber dari APBD. Dengan begitu, jika ada anggaran yang dikeluarkan untuk PSSI dapat merugikan Negara.  

Sedangkan, kenapa Polres langsung melakukan penahanan tanpa melihat jabatannya sebagai dirut yang kemungkinan kooperatif dalam pemeriksaan, Sutarmo mengatakan, penahanan AMK , pihaknya tidak terpengaruh dengan adanya upaya kelompok yang melakukan tekanan. “Jadi tidak ada yang menekan, hanya untuk memperlancar penyelidikan saja,” terangnya. 
TEKNO
Catat, 6 Pekerjaan Ini Tidak Akan Digantikan AI

Catat, 6 Pekerjaan Ini Tidak Akan Digantikan AI

Rabu, 24 April 2024 | 11:25

Perkembangan kecerdasan buatan atau artificial intelligence (AI) semakin pesat, sehingga banyak orang khawatir akan hilangnya pekerjaan karena kemampuan AI untuk menangani tugas-tugas tertentu.

PROPERTI
Hadirkan Hunian Premium, Paramount Land Perkenalkan New Matera

Hadirkan Hunian Premium, Paramount Land Perkenalkan New Matera

Rabu, 3 April 2024 | 06:47

Dalam rangka menghadirkan hunian premium dengan fasilitas lengkap dan lokasi strategis, serta akses cepat untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari bagi konsumen kelas atas

BANTEN
PLN Banten Catat Ada 1.200 Transaksi SPKLU Selama Mudik Lebaran 2024

PLN Banten Catat Ada 1.200 Transaksi SPKLU Selama Mudik Lebaran 2024

Selasa, 23 April 2024 | 11:21

Sebanyak 1.200 transaksi terjadi di Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU) selama masa mudik Lebaran 2024, terhitung mulai 3 hingga 19 April 2024.

WISATA
Libur Lebaran 2024, 6 Rekomendasi Wisata Belanja di Kota Tangerang

Libur Lebaran 2024, 6 Rekomendasi Wisata Belanja di Kota Tangerang

Jumat, 12 April 2024 | 06:54

Selama libur Lebaran 2024, Kota Tangerang memiliki berbagai tempat yang masih dapat dikunjungi.

""Kekuatan dan perkembangan datang hanya dari usaha dan perjuangan yang terus menerus""

Napoleon Hill