Connect With Us

Surat Suara Mulai Dilipat

Rangga Agung Zuliansyah | Minggu, 2 Maret 2014 | 17:26

KPU Kota Tangerang Mulai Terima Logistik Pemilu (Dens Bagoes Irawan / TangerangNews)

 
TANGERANG-Menjelang Pemilu Legislatif 2014, KPU Kota Tangerang telah menerima surat suara sebanyak 5.200.000 lembar.

Surat suara tersebut, kini sedang dilipat oleh tenaga lepas di gudang logistik KPU Kota Tangerang yang berlokasi di Pergudangan Bandara Mas, Kecamatan Neglasari.

Ketua Divisi Logistik KPU Kota Tangerang Nurhalim mengatakan, surat suara Pileg telah diterima KPU sejak tanggal 19 Februari 2014. Hari ini, pihaknya mulai melakukan pelipatan surat suara untuk Pileg DPR, DPD, DPRD Provinsi Banten dan DPRD Kota Tangerang.

"Untuk melakupan pelipatan, kita membedayakan warga sekitar sebanyak 170 orang dengan upah Rp 115 per lembar," ujarnya, Minggu (2/3).

Untuk surat suara yang rusak, menurut Nurhalim belum diketahui secara pasti. "Memang ada beberapa yang cacat, seperti bernoda. Tapi masih kita sortir, nanti setelah pelipatan selesai kita hitung semua," katanya.

Dalam proses pelipatan tersebut, KPU melibatkan petugas kepolisian dan Panwaslu Kota Tangerang. Selain itu, warga yang melakukan pelipatan surat suara tidak boleh memabwa HP dan tas. "Area harus teril dan pengawasan tetap dilakukan untuk menjaga keamanan," ujarnya.

Ditambahkan Nurhalim, proses pelipatan surat suara akan memakan waktu sekitar 15-20 hari. Setelah selesai, pihaknya kan langsung mendistribusikannya ke Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK). Sementara untuk kotak dan bilik suara, sudah didistribuikan ke PPK sejak Sabtu (1/3) kemarin.

"Pendistribusian kotak dan bilik dilakukan bertahap. Saat ini baru ke dua Dapil (Daerah Pemilihan), yakni Dapil I seperti Tangerang dan Karawaci dan Dapil II seperti Periuk dan Cibodas," ujarnya.

Ketua KPU Kota Tangerang Sanusi Pane mengatakan, jumlah surat suara Pileg sebanyak 5.200.000 lembar, di antaranya 4.936.576 lembar merupakan surat suara yang digunakan dan sisanya sebanyak 263.424 lembar surat suara cadangan. "Surat suara tersebut untuk kebutuhan sekitar 1,2 juta DPT," ujarnya.

Sedangkan untuk kotak suara berjumlah 12.876 kotak dimana 8.437 kotak di antaranya berbahan kardus dan sisanya alumunium. Untuk bilik suara ada sebanyak sebanyak 9.657 bilik,yang teridri dari  3.523 unit bilik suara kardus dan 6.134 unit berbahan alumunium. "Kotak dan bilik tersebut akan didistribusikan ke 3.219 TPS," papar Pane.
NASIONAL
Awas Penipuan, Ini Ciri-ciri Petugas Resmi PLN

Awas Penipuan, Ini Ciri-ciri Petugas Resmi PLN

Kamis, 25 April 2024 | 18:19

Tindak kejahatan dengan modus penipuan kian marak terjadi, salah satunya ialah mengaku sebagai petugas PLN.

MANCANEGARA
Wow, Di Negara Ini Memeluk Kucing 4 Jam Sehari Bisa Dibayar Rp162 Juta

Wow, Di Negara Ini Memeluk Kucing 4 Jam Sehari Bisa Dibayar Rp162 Juta

Rabu, 24 April 2024 | 10:33

Perusahaan makanan hewan asal Kanada, ACANA bekerja sama dengan organisasi kesejahteraan hewan Best Friends Animal Society membuka lowongan pekerjaan sebagai kitten cuddler.

TANGSEL
Wanita Cantik Tewas Gantung Diri di Ciputat Tangsel, Diduga Depresi Gegara Tumor Payudara

Wanita Cantik Tewas Gantung Diri di Ciputat Tangsel, Diduga Depresi Gegara Tumor Payudara

Jumat, 26 April 2024 | 18:02

Seorang gadis cantik yang tinggal di Jalan Ki Hajar Dewantoro, Kelurahan Sawah Baru, Ciputat Kecamatan Ciputat, Tangerang Selatan, mengakhiri hidupnya dengan gantung diri.

""Kekuatan dan perkembangan datang hanya dari usaha dan perjuangan yang terus menerus""

Napoleon Hill