Connect With Us

Bertemu Wali Kota Tangerang , Kader Posyandu Mengeluh

Rangga Agung Zuliansyah | Senin, 21 April 2014 | 18:34

Arief saat bertemu dengan kader Posyandu (Rangga A Zuliansyah / TangerangNews)

 
TANGERANG-Sejumlah kader posyandu di Kota Tangerang mengeluhkan bangunan yang mulai rusak dan dinilai tidak layak. Para kader posyandu tersebut meminta agar pemerintah bisa segera melakukan revitalisasi sarana publik tersebut.
 
"Gedung posyandu di Bogenvill 4 Batu Ceper, kondisinya sudah rusak pak. Jendela pada copot, dan plavon gedung juga sebagian sudah di makan rayap. Saya cuma takut bangunannya roboh," ujar Fitria Ningsih, Kepala Posyandu setempat, saat dialog tatap muka bersama Wali Kota Tangerang di Gedung Olah Raga Tangerang, Senin (21/4).
 
Keluhan yang sama juga disampaikan oleh Nawar, Kepala Posyandu Eka Adiasa, Kelurahan Jurumudi, Kecamatan Benda. Dikatakannya, setiap hujan datang, kerap kali Posyandunya kebanjiran. Akibat luapan air dari kawasan di sekitarnya. Belum lagi atap bangunan yang bocor dan pagar yang roboh.
 
"Padahal bangunan posyandu kami termasuk bangunan baru, dibangun tahun 2010 lalu. Tolong perhatiannya pak. Karena setiap kali hujan, posyandu kami selalu kebanjiran. Dan tanaman juga habis dimakan kambing. Karena tidak ada pagernya. Pernah dibangun, tapi ambrol lagi," keluhnya.
 
Menjawab keluhan tersebut,  Wali Kota Tangerang Arief R Wismansyah mengaku akan terlebih dahulu membuat Standar Operasional Prosedur (SOP) guna perbaikan infrastruktur posyandu. Jika kerusakananya masih ringan, maka dihimbau kepada masyarakat untuk bisa melakukan perbaikan sementara.
 
"Kita akan buatkan SOP-nya dulu. Kalau memang kerusakannya berat, akan ditanggung pemerintah. Tapi, kalau masih kerusakan ringan, saya harap masyarakat bisa memperbaikinya sendiri. Untuk itu, semua masih akan terus dikaji," ujarnya.
 
Dalam kesempatan tersebut, pihaknya juga langsung menginstruksikan kepada Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) terkait, dalam hal ini Dinas Tata Kota untuk segera melakukan peninjauan ke lokasi yang dimaksud, agar bisa segera diambil tindakan.
 
"Saya perintahkan kepada Dinas Tata Kota untuk langsung meninjau lokasi. Kalau memang perlu kita lakukan perbaikan, maka akan segera diperbaiki," tegasnya.
 
Disebutkan Arief, di Kota Tangerang terdapat 1068 posyandu yang tersebar di tiap Rukun Warga (RW). Pihaknya menganggarkan dana stimulan untuk operasional posyandu pada tahun 2014 ini sekitar Rp 8,27 miliar. Tiap posyandu diberikan dana sekitar Rp 7,2 juta untuk satu tahun.
 
"Dana tersebut untuk berbagai kegiatan seperti seperti pelestarian lingkungan dan peningkatan kesehatan. Saya juga berharap agar masyarakat ikut menjaga dan merawat bangunan posyandu agar tidak cepat rusak," paparnya.
 
Sementara itu, Kepala Dinas Tata Kota, Dafyar Eliadi mengatakan, para warga atau kader Posyandu yang bangunannya rusak, bisa langsung mengajukan surat permohonan revitalisasi bangunan yang sudah ditanda tangani oleh RW, Luarah, dan Camat setempat. Setelah itu akan dibuatkan tembusan kepada Wali Kota.
 
"Jika usulan disetujui, bisa langsung dilakukan perbaikan di lokasi yang dimaksud. Silahkan saja dibuat surat permohonan," tuturnya.
 
 
BANDARA
Imbas Erupsi Gunung, AirNav Perpanjang Penutupan Bandara Sam Ratulangi Manado 

Imbas Erupsi Gunung, AirNav Perpanjang Penutupan Bandara Sam Ratulangi Manado 

Kamis, 18 April 2024 | 15:03

Gunung Ruang di Sulawesi Utara mengalami erupsi dengan ketinggian letusan mencapai 3725 meter di atas permukaan laut pada Rabu, 17 April 2024.

MANCANEGARA
Wow, Di Negara Ini Memeluk Kucing 4 Jam Sehari Bisa Dibayar Rp162 Juta

Wow, Di Negara Ini Memeluk Kucing 4 Jam Sehari Bisa Dibayar Rp162 Juta

Rabu, 24 April 2024 | 10:33

Perusahaan makanan hewan asal Kanada, ACANA bekerja sama dengan organisasi kesejahteraan hewan Best Friends Animal Society membuka lowongan pekerjaan sebagai kitten cuddler.

TOKOH
Mengenal Baden Powell dan Sejarah Dicetuskannya Pramuka

Mengenal Baden Powell dan Sejarah Dicetuskannya Pramuka

Kamis, 22 Februari 2024 | 15:37

Praja Muda Karana atau Pramuka merupakan gerakan kepanduan paling populer yang dicetuskan oleh Baden Powell.

TEKNO
Kerap Rugikan Konsumen, Pelaku Usaha RT/RW Net Diimbau Ikuti Aturan Kemenkominfo

Kerap Rugikan Konsumen, Pelaku Usaha RT/RW Net Diimbau Ikuti Aturan Kemenkominfo

Kamis, 25 April 2024 | 14:20

Baru-baru ini kembali mencuat maraknya praktik ilegal RT/RW Net. Sebab, praktik ilegal ini tak hanya merugikan penyelenggara jasa telekomunikasi, juga berdampak negatif bagi konsumen di Indonesia.

""Kekuatan dan perkembangan datang hanya dari usaha dan perjuangan yang terus menerus""

Napoleon Hill