Connect With Us

Penyandang Kusta Tanggungjawab Depsos

| Minggu, 6 September 2009 | 21:54

TANGERANGNEWS-Pencegahan perkembangan gembel dan pengemis (gepeng) yang beroperasi di Kota Tangerang khususnya penderita kusta merupakan tanggung jawab Departemen Sosial (Depsos) dan Dinas Sosial. Pasalnya, faktor yang menjadi penyebab banyaknya penderita kusta yang beroperasi adalah tidak diterimanya pasien dikalangan lingkugan masyarakat. Menurut Wakil Direktur Rumah Sakit Sitanala Poppy Maryani Yuliani, memang penderita kusta menjadi persoalan yang sangat besar, khususnya kalangan keluarga dan pemerintah Kota Tangerang. Untuk itu, kata dia, pihak Depsos ataupun Dinas Sosial harus mencari solusi yang terbaik, sehingga penderita kusta bisa diterima di manapun khususnya di Dinas Sosial. “Dalam banyak aspek kehidupan, penderita dan eks penderita kusta atau lepra memang masih diperlakukan berbeda. Tak hanya berbeda, keberadaan mereka pun masih dipandang sebagai momok menakutkan. Hal ini menjadi tanggung jawab bagi Depsos untuk menolong mereka” ungkapnya. Hingga saat ini, penderita kusta yang menjalani rawat inap ada sebanyak 48 pasien dan pembiayaannyapun ditanggung oleh Dinas Kesehatan, yakni Jaminan Kesehatan Masyarakat (Jankesmas). Sebab hampir 75 persen penderita kusta adalah masyarakat yang tidak mampu. RS Sitanala sendiri merupakan rumah sakit regional yang langsung ditunjuk oleh departemen kesehatan RI sebagai rumah sakit rujukan. “Jadi dirata-ratakan dalam per tahunnya pasien yang masuk ke rumah sakit Sitanala berjumlah 900 pasien, itu berasal dari Jakarta, Bogor, Bekasi, Karawang, dan Depok,” kata Kasubag record medis RS Sitanala Eka Komarasari.(rangga)
KOTA TANGERANG
Maling Ini Akhirnya Tertangkap Usai 15 Kali Curi Motor di Tangerang

Maling Ini Akhirnya Tertangkap Usai 15 Kali Curi Motor di Tangerang

Rabu, 17 April 2024 | 23:55

Aparat Polsek Teluknaga, Polres Metro Tangerang Kota, Jaya menangkap seorang pelaku tindak pidana pencurian kendaraan bermotor (curanmor).

BISNIS
Cetak Laba Tertinggi Sepanjang Sejarah, PLN Diapresiasi Komisi VI DPR RI

Cetak Laba Tertinggi Sepanjang Sejarah, PLN Diapresiasi Komisi VI DPR RI

Jumat, 5 April 2024 | 06:59

PT PLN (Persero) berhasil mencetak rekor laba tertinggi sepanjang sejarah, yakni Rp 5,99 triliun pada 2020, menjadi Rp 13,17 triliun pada 2021, dan meningkat kembali menjadi Rp 14,41 triliun pada 2022.

KAB. TANGERANG
Minat Baca di Kabupaten Tangerang Hanya 49 Persen

Minat Baca di Kabupaten Tangerang Hanya 49 Persen

Rabu, 17 April 2024 | 15:46

Penjabat (Pj) Bupati Tangerang Andi Ony mengatakan budaya membaca masyarakat di Kabupaten Tangerang masih sekitar 49 persen.

""Kekuatan dan perkembangan datang hanya dari usaha dan perjuangan yang terus menerus""

Napoleon Hill