Connect With Us

Pemkot Tangerang Dorong Swasta Bangun Sekolah Negeri

Rangga Agung Zuliansyah | Senin, 16 Juni 2014 | 19:20

Arief R Wismansyah (ARW) (Rangga A Zuliansyah / TangerangNews)

 
TANGERANG-Kota Tangerang masih kekurangan gedung sekolah negeri, sehingga banyak masyarakat yang ingin melanjutkan pendidikan ke sekolah negeri tidak terakomodir.

Di sisi lain, pemerintah setempat terkendala lahan untuk melakukan pembangunan. Pemkot berupa mendorong pihak swasta untuk menyediakan lahan dan membangun gedongs ekolah negeri di lahan mereka.

 “Kita memang masih kekurangan sekolah negeri terutama SMP dan SMA. Yak karena memang lahannya yang tidak ada. Ini yang coba kita evaluasi,” jelas Wali Kota Tangerang Arief R Wismansyah,Senin (16/6).

 Arief mengakui, banyak warga Kota Tangerang yang tidak terakomodirdis ekolah negeri, karena sekitar 30 persennya diisi oleh warga Kabupaten Tangerang. Seperti di SMP 22 Kecamatan Neglasari yang banyak diisi oleh warga Teluk Naga, Kabupaten Tangerang. Sedangkan di SMK 6 Periuk, banyak siswa yang berasal dari Kutabumi.

 “Ya memang sekolah di kota banyak diminati warga kabupaten, tapi kita kan juga tidakbisa melarang orang mendapat pendidikan. Cuma sekarang kita batasi, untuk tiap sekolah hanya menerima sekitar 5 persen dari luar Kota Tangerang,” jelasnya.

 Untuk keterbatasan lahan, Arief mencoba mendorong pihak swasta untuk mengambil peran membangun gedung sekolah negeri yang representatif. Jika tidak memiliki modal, Pemkot akan memfasilitasinya agar pihak swasata bisa meminjam di Bank.

 “Swata bisa memberikan lahan fasos fasum atau sekaligus membangu gedungnya. Jadi tidak semua urusan harus dilakukan pemerintah saja, swasta juga bisa ambil peran untuk membatu,” jelasnya.

 Sekretaris Dinas Pendidikan Kota Tangerang Masyati Yulia mengakui jika jumlah sekolah negeri masih terbatas. 24.716 murid. Menurutnya, jumlah SMA negeri hanya 15 sekolah, SMK 9 sekolah dan SMP 24 sekolah.

 “Meksi daya tampung terbatas, namun para siswa bisa tetap melanjutkan sekolahnya ke ke SMP, SMA atau SMK swasta yang jumlahnya sangat banyak. Berdasarkan data, jumlah SMP swasta sebanyak 209 sekolah, SMA 86 sekolah dan SMK 102 sekolah. Siaya sekolah juga sudah ditanggung dengan program Tangerang Cerdas yang sudah dianggarkan oleh Pemkot Tangerang sekitar Rp 80 miliar," jelas Masyati.
 
 
BANTEN
PLN Banten Catat Ada 1.200 Transaksi SPKLU Selama Mudik Lebaran 2024

PLN Banten Catat Ada 1.200 Transaksi SPKLU Selama Mudik Lebaran 2024

Selasa, 23 April 2024 | 11:21

Sebanyak 1.200 transaksi terjadi di Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU) selama masa mudik Lebaran 2024, terhitung mulai 3 hingga 19 April 2024.

BISNIS
Kota Tangerang Buka Pintu Jika Apple Investasi di Indonesia 

Kota Tangerang Buka Pintu Jika Apple Investasi di Indonesia 

Rabu, 24 April 2024 | 09:53

Pemerintah pusat tengah menjalankan rencana strategis bersama salah satu perusahaan teknologi terbesar di dunia, Apple.

MANCANEGARA
Wow, Di Negara Ini Memeluk Kucing 4 Jam Sehari Bisa Dibayar Rp162 Juta

Wow, Di Negara Ini Memeluk Kucing 4 Jam Sehari Bisa Dibayar Rp162 Juta

Rabu, 24 April 2024 | 10:33

Perusahaan makanan hewan asal Kanada, ACANA bekerja sama dengan organisasi kesejahteraan hewan Best Friends Animal Society membuka lowongan pekerjaan sebagai kitten cuddler.

HIBURAN
Parto Patrio Bakal Dioperasi, Sakit Apa?

Parto Patrio Bakal Dioperasi, Sakit Apa?

Kamis, 25 April 2024 | 12:21

Viral di media sosial sebuah video menunjukkan komedian Parto Patrio dilarikan ke rumah sakit menggunakan ambulans.

""Kekuatan dan perkembangan datang hanya dari usaha dan perjuangan yang terus menerus""

Napoleon Hill