Connect With Us

Ratusan Warga Babakan Ritual Mandi Keramas Sambut Puasa

Rangga Agung Zuliansyah | Jumat, 27 Juni 2014 | 18:24

| Dibaca : 881

Ratusan Warga Babakan Ritual Mandi Keramas Sambut Puasa (Rangga A Zuliansyah / TangerangNews)

 
TANGERANG-Ratusan warga Kampung Babakan, Kota Tangerang menggelar ritual mandi keramas di sungai Cisadane yang terletak di belakang Mushola Al-Ittihad di Jalan Kali Pasir, Jumat (27/6). Ritual tersebut merupakan, Ritual tersebut merupakan tradisi warga setempat yang dilakukan setiap tahun dalam rangka menyambut bulan Ramadhan.
 
Tokoh masyarakat setempat, Abu Sofyan, memimpin langsung jalannya ritual tersebut. Dia mengatakan, selain sebagai dasar niat sebelum melaksanakan ibadah puasa di bulan ramadhan nanti, acara tersebut merupakan salah satu kearifan budaya lokal di wilayah itu.
 
"Jadi intinya acara ini selain menyambut datangnya bulan suci ramadhan juga merupakan menjaga kearifan budaya lokal yang selama ini masih ada," ujarnya.
 
Selain itu, ada pesan moral yang terkandung dalam ritual tersebut. Yakni sebagai pengingat bagi warga dan perusahaan, khususnya yang ada disekitar bantaran sungai Cisadane, agar tidak membuang sampah dan limbah.
 
“Sungai ini masih banyak manfaat yang terkandung d idalamnya, seperti berguna sebagai air baku yg di kelola PDAM untuk dijadikan air bersih yang dikonsumsi warga. Jadi ini juga pengingat agar Sungai Cisadane dijaga," papar Sofyan.
 
Ijar, warga RT 04/02, Kelurahan Babakan mengatakan, dirinya juga ikut mandi keramas agar bisa mendapat keberkahan.

"Seneng sekali datang ke acara ini. Dan setiap tahun pasti ikut, soalnya rame semua kumpul disini. Yang buat semakin senang sebenarnya, kalau ada acara ini bulan puasa pasti sudah sangat terasa banget," katanya.
 

OPINI
Bagaimana Seharusnya Debat Capres Berjalan?

Bagaimana Seharusnya Debat Capres Berjalan?

Jumat, 1 Februari 2019 | 15:00

TANGERANGNEWS.com-Debat capres pertama telah berlangsung pada tanggal 17 Januari 2019 kemarin di Hotel Bidakara Jakarta. Namun, berbeda dengan format debat capres seperti pada tahun 2014

BANTEN
DPD Walubi Provinsi Banten Resmi Dilantik

DPD Walubi Provinsi Banten Resmi Dilantik

Minggu, 3 Maret 2019 | 14:00

TANGERANGNEWS.com-Jajaran struktur organisasi Dewan Perwakilan Daerah (DPD) Perwakilan Umat Buddha Indonesia (Walubi) Provinsi Banten secara resmi dilantik.

MANCANEGARA
Ini Dia Makanan Sultan, Steak Berlapis Emas Seharga Rp5,8 Juta

Ini Dia Makanan Sultan, Steak Berlapis Emas Seharga Rp5,8 Juta

Senin, 19 November 2018 | 14:43

TANGERANGNEWS.com-Makanan berlapis emas bukan sesuatu yang asing lagi saat ini. Kini banyak restoran yang menyediakan menu tersebut, seiring

TANGSEL
Sebelum Tewas Terpanggang, Korban Kebakaran di Pamulang Katakan Ini

Sebelum Tewas Terpanggang, Korban Kebakaran di Pamulang Katakan Ini

Selasa, 19 Maret 2019 | 19:04

TANGERANGNEWS.com-Nurul Huda, 21, korban menghembuskan nafas terakhirnya karena turut terbakar saat dua gudang dekorasi di Jalan Surya

"Untuk bisa sukses, keinginan Anda untuk sukses harus lebih besar dari pada ketakutan Anda untuk gagal."

Bill Cosby