Connect With Us

Ratusan Warga Babakan Ritual Mandi Keramas Sambut Puasa

Rangga Agung Zuliansyah | Jumat, 27 Juni 2014 | 18:24

| Dibaca : 907

Ratusan Warga Babakan Ritual Mandi Keramas Sambut Puasa (Rangga A Zuliansyah / TangerangNews)

 
TANGERANG-Ratusan warga Kampung Babakan, Kota Tangerang menggelar ritual mandi keramas di sungai Cisadane yang terletak di belakang Mushola Al-Ittihad di Jalan Kali Pasir, Jumat (27/6). Ritual tersebut merupakan, Ritual tersebut merupakan tradisi warga setempat yang dilakukan setiap tahun dalam rangka menyambut bulan Ramadhan.
 
Tokoh masyarakat setempat, Abu Sofyan, memimpin langsung jalannya ritual tersebut. Dia mengatakan, selain sebagai dasar niat sebelum melaksanakan ibadah puasa di bulan ramadhan nanti, acara tersebut merupakan salah satu kearifan budaya lokal di wilayah itu.
 
"Jadi intinya acara ini selain menyambut datangnya bulan suci ramadhan juga merupakan menjaga kearifan budaya lokal yang selama ini masih ada," ujarnya.
 
Selain itu, ada pesan moral yang terkandung dalam ritual tersebut. Yakni sebagai pengingat bagi warga dan perusahaan, khususnya yang ada disekitar bantaran sungai Cisadane, agar tidak membuang sampah dan limbah.
 
“Sungai ini masih banyak manfaat yang terkandung d idalamnya, seperti berguna sebagai air baku yg di kelola PDAM untuk dijadikan air bersih yang dikonsumsi warga. Jadi ini juga pengingat agar Sungai Cisadane dijaga," papar Sofyan.
 
Ijar, warga RT 04/02, Kelurahan Babakan mengatakan, dirinya juga ikut mandi keramas agar bisa mendapat keberkahan.

"Seneng sekali datang ke acara ini. Dan setiap tahun pasti ikut, soalnya rame semua kumpul disini. Yang buat semakin senang sebenarnya, kalau ada acara ini bulan puasa pasti sudah sangat terasa banget," katanya.
 

TANGSEL
Gerindra Tangsel Tak Intruksikan Kader Besok ke Jakarta, Namun ...

Gerindra Tangsel Tak Intruksikan Kader Besok ke Jakarta, Namun ...

Selasa, 21 Mei 2019 | 23:07

TANGERANGNEWS.com-Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Partai Gerindra Kota Tangerang Selatan tidak mengintruksikan anggota dan kadernya untuk ikut serta dalam aksi 22 Mei besok.

SPORT
Hari Bhakti ke-55, Pemasyarakatan Trail Adventure (PASTA) Gelar Bakti Sosial

Hari Bhakti ke-55, Pemasyarakatan Trail Adventure (PASTA) Gelar Bakti Sosial

Senin, 29 April 2019 | 13:00

TANGERANGNEWS.com-Sobat trail mania di Indonesia pasti sudah tidak asing lagi mendengar kata trabas atau biasa disebut dengan trail adventure, bagi mereka yang mencintai olahraga ekstrem motor trail.

MANCANEGARA
Fethullah Gulen Tuding Erdogan Rusak Demokrasi Turki

Fethullah Gulen Tuding Erdogan Rusak Demokrasi Turki

Selasa, 26 Maret 2019 | 17:00

TANGERANGNEWS.com-Ulama kharsimatik, Fethullah Gulen menilai demokrasi di Turki telah dirusak Presiden Recep Tayyip Erdogan. Namun Fethullah Gulen percaya kondisi itu tak akan berlangsung lama.

"Jurnalisme, karena menyangkut pengumpulan informasi, sedikit berbeda dari pekerjaan intelijen. Dalam penilaian saya, pekerjaan seorang jurnalis sangat menarik."

Vladimir Putin (Presiden Rusia)