Connect With Us

Sering Banjir, Kota Tangerang Butuh BPBD

Rangga Agung Zuliansyah | Senin, 7 Juli 2014 | 20:59

Herry Rumawatine (tangerangnews / rangga)

TANGERANG-Kota Tangerang kerap menjadi daerah langganan banjir setiap musim penghujan. Namun hingga kini, Pemkot Tangerang belum memiliki Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD).

Ketua DPRD Kota Tangerang Herry Rumawatine membenarkan jika Pemkot Tangerang  belum memiliki BPBD. Untuk pembentukan BPBD, menurutnya, harus membentuk Susunan Organisasi Tata Kerja (SOTK) baru yang ditetapkan dalam Peraturan Daerah (Perda).

"Tapi Raperdanya belum diajukan sampai sekarang. Padahal kalau melihat kondisi sekarang, BPBD dibutuhkan sekali," jelasnya, Senin (7/7).

Dijelaskan Herry, jika Raperda SOTK sudah diajukan, nantinya akan dibahas oleh DPRD untuk dibentuk Perda dan kegiatan operasionalnya dianggarkan dalam APBD. "Kan tidak mungkin ada Badannya tapi tidak ada anggaannya, pegawainya harus digaji," ujarnya.

Selama ini penanggulangan bencana banjir dilakukan oleh Pemadam Kebakaran Kota Tangerang, namun sifatnya belum permanen. Wali Kota mang berencana merubah Damkar menjadi BPBD, namun menurutnya hal itu terlambat.

"Harusnya segera dibentuk, sekarang sudah banjir, kita sudah terlambat. Jadi lebih baik Raperdanya cepat diajukan agar cepat dibahas, karena masa jabatan dewan akan habis tahun ini," katanya.

Sebelumnya, Wali Kota Tangerang Arief R Wismanyah menyatakan pihaknya tengah sedang mempersiapkan Raperda Susunan Organisasi Tata Kerja (SOTK) untuk melebur dan merubah sejumlah organisasi. Nantinya Damkar hilang dan berubah menjadi BPBD.

Arief mengatakan, perubahan SOTK tersebut untuk lebih mengefektifkan tugas pokok dan fungsi. Untuk Damkar sendiri, menurutnya memang bertugas menangani bencana alam, tidak hanya sebagai pemadam kebakaran saja.

“Dalam Damkar juga ada evakuasi dan pencegahan bencana, jadi sekalian saja dirubah menjadi BPBD. Nanti strukturnya vertikal sampai ke pusat, sehingga koordinasinya mudah dalam menanggulangan bencana,” jelasnya.
 
AYO! TANGERANG CERDAS
Universitas Atma Jaya BSD Serpong Ditetapkan Jadi Pusat Keunggulan Pendidikan

Universitas Atma Jaya BSD Serpong Ditetapkan Jadi Pusat Keunggulan Pendidikan

Kamis, 25 April 2024 | 07:43

Universitas Katolik Indonesia Atma Jaya kampus BSD Serpong ditetapkan jadi pusat keunggulan pendidikan atau Education Excellence.

TANGSEL
Gelar Musrenbang, Pemkot Tangsel Bahas Program Pembangunan hingga 2045

Gelar Musrenbang, Pemkot Tangsel Bahas Program Pembangunan hingga 2045

Kamis, 25 April 2024 | 19:26

Pemerintah Kota Tangerang Selatan (Tangsel) mulai menggelar Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang) Rancangan Pembangunan Jangka Panjang Daerah (RPJPD) untuk tahun 2025-2045.

BANTEN
PLN Banten Catat Ada 1.200 Transaksi SPKLU Selama Mudik Lebaran 2024

PLN Banten Catat Ada 1.200 Transaksi SPKLU Selama Mudik Lebaran 2024

Selasa, 23 April 2024 | 11:21

Sebanyak 1.200 transaksi terjadi di Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU) selama masa mudik Lebaran 2024, terhitung mulai 3 hingga 19 April 2024.

""Kekuatan dan perkembangan datang hanya dari usaha dan perjuangan yang terus menerus""

Napoleon Hill