Connect With Us

Kota Tangerang Langganan WTP

Denny Bagus Irawan | Minggu, 14 September 2014 | 18:10

Wali Kota Tangerang Arief R Wismansyah menerima penghargaan dari Menkeu (Humas Kota Tangerang / TangerangNews)

TANGERANG-Kinerja pengelolaan keuangan Pemerintah Kota (Pemkot) Tangerang kembali mendapat apresiasi dari Kementerian Keuangan dan mendapatkan Opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) untuk yang ketujuh kalinya dari Badan Pemeriksa Keuangan (BPK).   

Selepas menerima Piagam Penghargaan di Gedung Dhanapala, Jalan Senen Raya No. 1 Jakarta Pusat, Jumat (12/09) malam.  
Wali Kota Tangerang  Arief R Wismansyah mengatakan,  dengan diraihnya kembali penghargaan ini diharapkan Pemkot Tangerang beserta aparaturnya tetap konsisten dalam membangun dan menerapkan sistem keuangan yang akuntabel, transparan. Sehingga akan senantiasa memberikan hasil pembangunan yang lebih baik bagi masyarakat Kota Tangerang.

Komitmen Pemkot terlihat dengan telah diterapkannya sistem pengelolaan keuangan secara online berbasis aktual melalui spektra sejak 2013.

Melalui sistem ini, setiap proses, mulai dari perencanaan, pelaksanaan, pelaporannya tercatat dan menghasilkan data yang akurat serta dapat disajikan dengan lengkap sehingga memudahkan dalam mengontrol cash flow keuangan daerah.

Menurut Arief tata kelola keuangan yang baik berdasarkan prinsip-prinsip transparansi dan akuntabilitas akan terus diterapkan sebagai amanah dari Reformasi Keuangan Negara.

Apalagi mengelola keuangan Pemkot sama halnya mengelola uang masyarakat karena sumber keuangan pemerintah berasal dari masyarakat. Sebagai aparatur pemerintah, kita wajib mengelola dan memberikan output yang terbaik bagi masyarakat.

"Tugas mengelola keuangan adalah amanah yang harus dilaksanakan dengan sebaik mungkin," papar Wali Kota.    
Apalagi dalam paparan Wakil Presiden, H. Boediono juga menegaskan kedepan daerah-daerah diharapkan tetap bisa memberikan dan menyajikan akuntabilitas dalam pengelolaan keuangannya.

Bagi yang telah mendapatkan WTP saja belum tentu bebas KKN apalagi yang belum mencapainya.     
Diakhir paparannya, Wali Kota menuturkan capaian ini, tentunya tak ingin terputus karena kendurnya kinerja dalam hal pengelolaan keuangan.

Salah satu bentuk komitmen dan upaya Pemkot untuk tetap menjaga akuntabilitas pengelolaan keuangan yang telah berjalan dengan baik selama ini selain telah menerapkan Spektra juga dengan menggelar Diklat Penerapan Sistem Akuntansi Akrual Berbasis Spektra kepada para pegawai di lingkungan Pemkot Tangerang.

"WTP atau penghargaan ini bukanlah tujuan akhir. Menerapkan budaya akuntabel dan transparan itu yang terpenting," pungkasnya
 
 
 
 
MANCANEGARA
Sering Dianggap Negara Terjorok, Ini 22 Fakta Unik India

Sering Dianggap Negara Terjorok, Ini 22 Fakta Unik India

Rabu, 20 Maret 2024 | 13:33

India merupakan negara yang terletak di Asia Selatan dengan jumlah penduduk terbanyak di dunia menggeser posisi Tiongkok.

TANGSEL
Tangsel Tuan Rumah Porprov Banten 2026, Begini Persiapannya

Tangsel Tuan Rumah Porprov Banten 2026, Begini Persiapannya

Kamis, 28 Maret 2024 | 16:36

Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) VII Banten 2026 mendatang akan diselenggarakan di Kota Tangerang Selatan (Tangsel).

SPORT
Tangerang Lawan Tangerang, Prediksi Skor dan Susunan Pemain Persita vs Dewa United 

Tangerang Lawan Tangerang, Prediksi Skor dan Susunan Pemain Persita vs Dewa United 

Selasa, 26 Maret 2024 | 14:31

Pekan ke-30 BRI Liga 1 musim 2023/2024 akan menyajikan pertandingan antara dua tim yang sama-sama bermarkas di Tangerang, yakni Persita melawan Dewa United.

""Kekuatan dan perkembangan datang hanya dari usaha dan perjuangan yang terus menerus""

Napoleon Hill