Connect With Us

Korem 052/WKR Gelar Latihan Penanganan Banjir

Rangga Agung Zuliansyah | Kamis, 18 September 2014 | 18:22

Korem 052/WKR Gelar Latihan Penanganan Banjir c (Rangga A Zuliansyah / TangerangNews)

TANGERANG-Komando Resort Militer (Korem) 052/Wijayakrama (WKR) menggelar latihan gladi posko banjir dalam rangka penanganan bencana banjir yang kerap melanda wilayah Tangerang setiap tahun.
 
Gladi posko banjir yang digelar di Markas Korem 052/WKR di Jalan Boulevard, Kecamatan Karawaci, Kota Tangerang itu diikuti berbagai instansi seperti Tagana, Dinas Pemadam Kebakaran, Badan Penanggulangan Bencana Daerah dan unsur Muspida, Kamis (18/9).
 
Komandan Korem (Danrem) 052/Wijayakarma Kolonel Kav Wawan Ruswandi mengatakan, gladi posko banjir ini bertujuan untuk melatih serta meningkatkan prosedur hubungan antara komandan dan staf, guna membantu pemerintah daerah setempat dalam menanggulangi bahaya banjir, khususnya di wilayah Tangerang.
 
“Diharapkan latihan ini dapat meningkatkan kesiap-siagaan pihak-pihak yang terkait dalam latihan.  Sehingga jika bencana banjir menerjang Tangerang dapat segera diatasi,” jelasnya.
 
Dalam laporannya, Danrem mengatakan wilayah Tangerang yang paling parah terkena dampak banjir adalah Perumahan Total Persada, Kecamatan Periuk, Kota Tangerang.
 
Di sana ada sekitar 10.000 warga yang kerap mengungsi. Sementara wilayah Jakarta Barat sebanyak 4650 pengungsi dan Jakarta Utara 652 pengungsi. “Jumlahnya pun meningkat setiap tahun,” jelasnya.
 
Menurut Danrem, pihaknya tidak memiliki kendala berarti ketika penanganan banjir. Hanya saja belum adanya singkronisasi antara elemen masyarakat dan instansi pemerintah, terutama kaitan penyaluran logistik.
 
“Bantuan logistik datang dari mana saja tapi belum tersalurkan dengan baik, kalau ada posko terintegrasi bisa diketahui berapa kebutuhan logistik sehingga penyaluran bisa lebih efektif,” jelasnya.
 
Danrem juga berharap agar kedepannya bisa bekerja sama dengan yayasan di bidang kesehatan untuk penanganan penyakit pasca banjir.
 “Selama ini kita kerjasama dengan Pemda. Kedepan kita ingin kawan-kawan dari yayasan kesehatan bisa membantu mengatasi penyakit-penyakit terkait sanitasi,” jelasnya.
 
KAB. TANGERANG
Usai Libur Lebaran 2024, Pemohon Kartu Kuning di Kabupaten Tangerang Capai 500 Per Hari

Usai Libur Lebaran 2024, Pemohon Kartu Kuning di Kabupaten Tangerang Capai 500 Per Hari

Kamis, 18 April 2024 | 18:12

Pasca libur lebaran 2024, pemohon kartu kuning atau kartu pencari kerja di Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) Kabupaten Tangerang meningkat hingga 500 orang per hari.

KOTA TANGERANG
Kumuh dan Bikin Macet, Pasar Sipon Kota Tangerang Bakal Segera Ditata

Kumuh dan Bikin Macet, Pasar Sipon Kota Tangerang Bakal Segera Ditata

Jumat, 19 April 2024 | 09:51

Pemerintah Kota (Pemkot) Tangerang berencana melakukan penataan terhadap Pasar Sipon, Kecamatan Cipondoh, Kota Tangerang.

TOKOH
Mengenal Baden Powell dan Sejarah Dicetuskannya Pramuka

Mengenal Baden Powell dan Sejarah Dicetuskannya Pramuka

Kamis, 22 Februari 2024 | 15:37

Praja Muda Karana atau Pramuka merupakan gerakan kepanduan paling populer yang dicetuskan oleh Baden Powell.

""Kekuatan dan perkembangan datang hanya dari usaha dan perjuangan yang terus menerus""

Napoleon Hill