Connect With Us

Pemuda Tangerang Deklarasi Peduli Sampah

Rangga Agung Zuliansyah | Selasa, 28 Oktober 2014 | 17:03

Ratusan pemuda dari berbagai komunitas kebersihan di Kota Tangerang mendeklarasikan pemuda peduli sampah bersama Wali Kota Tangerang Arief R Wismansyah di Hotel Allium, Selasa (28/10). (Rangga A Zuliansyah / TangerangNews)

 
TANGERANG-Bertepatan dengan hari sumpah pemuda, ratusan pemuda dari berbagai komunitas kebersihan di Kota Tangerang mendeklarasikan pemuda peduli sampah bersama Wali Kota Tangerang Arief R Wismansyah di Hotel Allium, Selasa (28/10).
 
Deklarasi yang dinamakan “Tangerang Ayo” ini berisikan program bersih kampung yang terintegrasi dengan program sebelumnya seperti Tangerang Bersih, Tangerang Hijau dan Tangerang Sehat.
 
“Dalam program "Tangerang Ayo" bersama Dinas Kebersihan dan Pertamanan, kita akan mengajak warga untuk terlibat dalam kebersihan lingkungan. Jadi, nanti di setiap kelurahan akan dibentuk komunitas untuk melakukan kebersihan lingkungan melalui kampung bersih," ujar Wali Kota Tangerang Arief R Wismansyah.
 
Ditanya apakah program tersebut berkaitan dengan penilaian Adipura, Arief menegaskan, jika komitmen masyarakat menjadi lebih utama dibandingkan pengangkutan sampah semata. "Jangan sekedar bersih sesaat saja tetapi ada komitmen masyarakat untuk menjaga kebersihan lingkungannya," tegasnya.
 
Kepala Dinas Kebersihan dan Pertamanan (DKP) Kota Tangerang Ivan Yulianto mengatakan, kedepannya akan dibentuk komunitas peduli lingkungan. Dari total 104 kelurahan dan 13 kecematan, minimal ada 50 persen komunitas yang terbentuk dan  selanjutnya akan memberikan motivasi bagi lainnya.
 
“Kita juga akan membantu bagi komunitas peduli lingkungan sesuai kebutuhannya.Tetapi, kita akan bantu bagi komunitas yang sudah berkembang dan sesuai kebutuhannya. Bantuan bukan dalam bentuk dana, tapi infrastruktur serta sarana dan prasarana,” jelasnya.
 
Adapun beberapa komunitas peduli lingkungan di Kota Tangerang yang sudah terbentuk seperti Hompimpah, PMK, Benua Hijau dan lainnya. Kinerja para komunitas ini dinilai sudah bisa mengurangi sejumlah sampah dari sumbernya.
 
“Kita ingin sampah bisa diolah dari sumber, tidak hanya diangkut semua dan dibuang ke TPA. Produksi sampah di Kota Tangerang dalam sehari sekitar 1000 ton, sedangkan luas TPA sekitar 34,8 hektare. Saat ini, 1/3 dari luas TPA sudah terpakai menumpuk sampah. Kalau tidak diolah dari sumber , umur TPA cuma sebentar,” tukasnya.
 
 
KAB. TANGERANG
Intip Megahnya Bethsaida Hospital, Rumah Sakit Bergaya Hotel di Gading Serpong Tangerang

Intip Megahnya Bethsaida Hospital, Rumah Sakit Bergaya Hotel di Gading Serpong Tangerang

Selasa, 23 April 2024 | 06:11

Bethsaida Hospital, sebagai general hospital pertama di Gading Serpong, terus meningkatkan kualitas dan fasilitasnya untuk memberikan layanan kesehatan terbaik kepada masyarakat.

TANGSEL
Katarak Hilang dengan Cepat dan Tanpa Jahitan di RS IMC Bintaro

Katarak Hilang dengan Cepat dan Tanpa Jahitan di RS IMC Bintaro

Selasa, 23 April 2024 | 13:21

Katarak adalah kondisi mata yang terjadi ketika lensa mata menjadi keruh. Lensa mata yang sehat seharusnya jernih, tetapi pada penderita katarak, lensa ini berubah menjadi buram atau keruh, sehingga mengganggu penglihatan.

PROPERTI
Hadirkan Hunian Premium, Paramount Land Perkenalkan New Matera

Hadirkan Hunian Premium, Paramount Land Perkenalkan New Matera

Rabu, 3 April 2024 | 06:47

Dalam rangka menghadirkan hunian premium dengan fasilitas lengkap dan lokasi strategis, serta akses cepat untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari bagi konsumen kelas atas

MANCANEGARA
Sukses Siapkan SPKLU di Jalur Mudik Lebaran 2024. PLN Banjir Apresiasi

Sukses Siapkan SPKLU di Jalur Mudik Lebaran 2024. PLN Banjir Apresiasi

Senin, 22 April 2024 | 10:02

Kehadiran 1.299 unit Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU) PT PLN (Persero) selama masa mudik dan balik Idul Fitri 1445 Hijriah dinilai sangat membantu para pemudik, khususnya pengguna kendaraan listrik.

""Kekuatan dan perkembangan datang hanya dari usaha dan perjuangan yang terus menerus""

Napoleon Hill