Connect With Us

Awas! 9 Ruas Jalan Ini Rawan Pohon Tumbang

Rangga Agung Zuliansyah | Jumat, 5 Desember 2014 | 18:10

Pohon Tumbang (Dira Derby / TangerangNews)

 
TANGERANG-Banyak pohon penghijauan di dalam kota sudah berumur tua dan rawan roboh. Para pengguna jalan pun diminta berhati-hati jika melintasi jalan di Kota Tangerang, khususnya saat musim hujan.
 
Dinas Kebersihan dan Pertamanan (DKP) Kota Tangerang mencatat ada sembilan ruas jalan yang berpotensi rawan pohon tumbang. Sembilan titik tersebut yakni Jalan TMP Taruna, Jalan Sudirman, Jalan Daan Mogot, Jalan Hasyim Ashari, Jalan Berhias, Jalan Benteng Jaya, Jalan Benteng Betawi, Jalan Satria, dan Jalan Sudirman.
 
Kepala Dinas Kebersihan dan Pertamanan (DKP) Kota Tangerang, Ivan Yulianto mengatakan, sebagai bentuk antisipasi, pihak DKP  Kota Tangerang  melakukan pemangkasan dan pendataan pohon yang rawan roboh setiap harinya.
 
"Kemudian belasan petugas DKP yang dibagi beberapa tim langsung diterjunkan untuk melakukan pemangkasan pohon-pohon yang dianggap rawan tumbang," ujarnya saat ditemui disela-sela pemangkasan pohon besar di Jalan TMP Taruna, Kecamatan Tangerang, Jumat (5/12).
 
Lebih lanjut, Ivan menuturkan, dari ribuan pohon berusia tua yang tersebar di Jalan Protokol Kota Tangerang, sekitar 10 persennya rawan tumbang. Untuk pemotongan ataupun pemeliharaan pohon, menurutnya, dilakukan berdasarkan permintaan masyarakat Kota Tangerang.
 
"Seperti bintek kemarin yang kita laksanakan kepada 250 RT/RW di Karawaci. Pada umumnya mereka meminta dilaksanakan pemangkasan pohon-pohon besar karena dianggap sudah menganggu dan ribet. Warga khawatir akan menggangu kendaraan yang melintas saat angin besar disertai hujan dengan intensitas tinggi terjadi," ungkapnya.
 
Menurut dia, beberapa kasus pohon tumbang disebabkan karena usia sudah tua, sudah tidak tumbuh lagi, keropos di bagian tengah dan batangnya mulai mengering, kanopinya terlalu lebar, hingga akibat penanaman awal yang bukan bibit tapi stek sehingga akar tunggang tidak ada.
 
"Selain itu kondisi tanahnya yang sangat lunak, air tanahnya dangkal dan airnya asin sehingga akar tidak tumbuh ke bawah tapi ke samping. Khusus pepohonan di sekitar rumah, apabila sudah terlihat rawan roboh dan membahayakan masyarakat sekitar, sebaiknya memang segera ditebang dan diganti baru," jelasnya.
 
Wali Kota Tangerang Arief R Wismansyah, mengatakan bahwa upaya ini dilakukan sebagai langkah antisipasi jatuhnya korban akibat pohon tumbang, mengingat curah hujan dan intensitas angin yang akhir-akhir ini cukup sering.
 
"Curah hujan sedang tinggi, angin juga kadang cukup kencang. Maka teman-teman DKP melakukan langkah antisipasi dengan melakukan pemanggkasan dahan dan pohon yang diindikasikan rapuh dan sudah tua," katanya.
 
 
 
 
 
 
 
KAB. TANGERANG
PLN Banten Jaga Keandalan Listrik Selama Raker Kernas 2024 di ICE BSD Tangerang

PLN Banten Jaga Keandalan Listrik Selama Raker Kernas 2024 di ICE BSD Tangerang

Kamis, 25 April 2024 | 09:19

PT PLN (Persero) Unit Induk Distribusi (UID) Banten memastikan keandalan listrik selama pembukaan Rapat Kerja Kesehatan Nasional (Raker Kesnas) di Indonesia Convention and Exhibition (ICE) Bumi Serpong Damai (BSD),

KOTA TANGERANG
Simak Daftar 25 Cabang Olahraga dalam POPDA XI Banten di Kota Tangerang 

Simak Daftar 25 Cabang Olahraga dalam POPDA XI Banten di Kota Tangerang 

Jumat, 26 April 2024 | 14:27

Sebanyak 25 cabang olahraga (cabor) akan dipertandingkan dalam ajang Pekan Olahraga Pelajar Daerah (POPDA) XI Banten, yang berlangsung di Kota Tangerang pada8 Juni 2024 mendatang.

HIBURAN
Parto Patrio Bakal Dioperasi, Sakit Apa?

Parto Patrio Bakal Dioperasi, Sakit Apa?

Kamis, 25 April 2024 | 12:21

Viral di media sosial sebuah video menunjukkan komedian Parto Patrio dilarikan ke rumah sakit menggunakan ambulans.

BISNIS
Kota Tangerang Buka Pintu Jika Apple Investasi di Indonesia 

Kota Tangerang Buka Pintu Jika Apple Investasi di Indonesia 

Rabu, 24 April 2024 | 09:53

Pemerintah pusat tengah menjalankan rencana strategis bersama salah satu perusahaan teknologi terbesar di dunia, Apple.

""Kekuatan dan perkembangan datang hanya dari usaha dan perjuangan yang terus menerus""

Napoleon Hill