Connect With Us

Bank Dunia enggak jelas, Negara Pendonor ambil Alih TPA Rawa Kucing

Denny Bagus Irawan | Senin, 15 Desember 2014 | 18:23

Arief Tinjau TPA Rawa Kucing (Dira Derby / TangerangNews)

TANGERANG-Tak jelasnya Bank Dunia untuk membantu Kota Tangerang sebagai pilot project dalam persampahan, membuat sejumlah Negara pendonor yang telah maju akan mengambil alih Kota Tangerang untuk proyek mereka.

Hal itu disampaikan Wali Kota Tangerang Arief R Wismansyah kepada wartawan, Senin (15/12). “Cities Development Initiatives for Asia (CDIA) menjadikan Kota Tangerang sebagai tuan rumah mereka, saat ini mereka sedang rapat di Bappeda Kota Tangerang, mereka rapat internal, kita sendiri tak bisa mengetahui, yang jelas mereka meminta kita memberikan data dan situasi terkait permasalahan kota ini,” katanya.

Menurut Arief, fokus CDIA adalah persampahan, yakni tempat pembuangan akhir (TPA) Rawa Kucing, di Kecamatan Neglasari, Kota Tangerang.  Kenapa sampah? Karena Kota Tangerang masih menggunakan teknologi Sanitary Landfill yang menumpuk sampah.

“Karena TPA kita kan masih sanitary landfill, dulu kan rencananya bank dunia yang mau bantu kita, kita konfirmasi ke Bappenas belum ada perkembangan, mereka rencana mau ambil alih itu,” terangnya.

Mereka akan menggunakan teknologi mengubah sampah menjadi  pengganti bahan bakar pengganti batu bara.  Sedangkan untuk yang organik akan dijadikan pupuk kompos.  

“Jadi sampah-sampah kita kan plastik, kertas itu akan dikeringkan lalu dipress . Ini sudah ada yang beli yang beli Holcim.  Adapun anggaran untuk membeli alat itu senilai Rp300 miliar,” jelasnya.

Selain sampah Arief juga mengaku, pihaknya akan meminta juga bantuan yang lain. “Mereka ini kan Negara-negara maju pendonor,  kalau selama ini pemda hanya bisa membantu warga dengan hanya bedah rumah, kita kepengen lingkungannya sekaligus. Jadi kita juga tetap minta yang lain selain TPA.  Ini bukan pinjaman,” tukasnya.
 
BISNIS
Bank bjb Siapkan Uang Tunai Rp12,5 Triliun Sambut Lebaran 2024, Sediakan Layanan Penukaran Terpadu

Bank bjb Siapkan Uang Tunai Rp12,5 Triliun Sambut Lebaran 2024, Sediakan Layanan Penukaran Terpadu

Rabu, 27 Maret 2024 | 16:44

Bank bjb memperkirakan secara musiman kebutuhan likuiditas masyarakat, terutama uang tunai meningkat pada bulan Ramadan apalagi menjelang Idul Fitri 1445 H/2024.

SPORT
Tangerang Lawan Tangerang, Prediksi Skor dan Susunan Pemain Persita vs Dewa United 

Tangerang Lawan Tangerang, Prediksi Skor dan Susunan Pemain Persita vs Dewa United 

Selasa, 26 Maret 2024 | 14:31

Pekan ke-30 BRI Liga 1 musim 2023/2024 akan menyajikan pertandingan antara dua tim yang sama-sama bermarkas di Tangerang, yakni Persita melawan Dewa United.

NASIONAL
Waspada Penipuan Berkedok Rekrutmen Bersama BUMN, Ini Imbauan dari PLN 

Waspada Penipuan Berkedok Rekrutmen Bersama BUMN, Ini Imbauan dari PLN 

Kamis, 28 Maret 2024 | 18:26

Kementerian Badan Usaha Milik Negeri (BUMN) kembali membuka Rekrutmen Bersama BUMN 2024.

""Kekuatan dan perkembangan datang hanya dari usaha dan perjuangan yang terus menerus""

Napoleon Hill