Connect With Us

Sebelumnya Naik Rp1.000,Tarif Angkot di Kota Tangerang bakal turun Rp500

Rangga Agung Zuliansyah | Selasa, 20 Januari 2015 | 14:56

Sachrudin (Istimewa / TangerangNews)

 
TANGERANG-Pemkot Tangerang bersama Organisasi angkutan darat (Organda) setempat menyepakati penurunan tarif angkutan kota (Angkot) sebesar Rp500. Sebelumnya tarif angkot Kota Tangerang naik Rp1000 saat kenaikan BBM.
Wakil Wali Kota Tangerang Sachrudin mengatakan, pertimbangan turunnya tarif ini mengikuti harga BBM yang merupakan salah satu komponen perubahan tarif.

“Ya rata-rata turun sekitar sembilan persen atau Rp500. Tapi ini baru kesepakatan, masih menunggu dibuat Surat Keputusan (SK) nya,” kata Wakil Wali Kota Tangerang, Selasa (20/1).

Pihaknya, kata Sachrudin,  sudah menyampaikan kepada Dinas Perhubungan untuk berkoordinasi dengan Organda agar mendapat kesepakatan. “Kita menginginkan agar tarif baru ini menguntungkan masyarakat,” jelasnya.

Ketua Organda Kota Tangerang Eddy Fasial Lubis mengatakan, penurunan tarif ini hanya keputusan sementara karena harga BBM sifatnya fluktuatif mengikuti harga minyak dunia.

 “Harga BBM sekarang tidak seperti terdahulu yang berubah setahun sekali, kali ini bisa berubah-ubah kapan saja. Jadi penurunan tarif ini sifatnya situasional. Pemda menyikapi, kita mengimbangi, tinggal kita lihat di lapangan,” jelasnya.
 
Menurut Eddy, tarif hanya turun sekitar 9-10 persen, karena sejumlah komponen yang menjadi dasar perubahan tarif, belum sepenuhnya mengalami penurunan.

“Komponennya kan ada BBM, onderdil biaya operasional dan lainnya. Yang turun hanya BBM, sedangkan onderdil tidak turun. Kalau tarif kita turunin 100 persen, pengemudi dan pengusaha angkot keberatan,” jelasnya.
 
Jika tarif baru resmi sudah dibuat SK-nya, kata Eddy, pihaknya akan segera mensosialisasikan kepada seluruh pengemudi angkot di Kota Tangerang melalui Kelopok Kerja Sub Unit (KKSU). Saat ini ada sekitar 5000 unit angkot di Kota tangerang yang beroperasi di 20 trayek.

 Seperti diketahui sebelumnya, Pemerintah Kota Tangerang menaikkan tarif angkot angkutan umum sebesar Rp1000. Tarif tersebut mulai berlaku pada 20 November 2014 pasca kenaikan harga BBM.
 
Kemudian Pemerintah pusat dua kali menurunkan harga BBM. Puntuk Premium menjadi Rp 7.600 per liter tanpa subsidi dari sebelumnya Rp8.500 per liter. Sementara harga solar mendapatkan subsidi Rp1.000 menjadi Rp 7.250 per liter. Harga BBM yang baru ini resmi berlaku pada 1 Januari 2015. 
 
TEKNO
Kerap Rugikan Konsumen, Pelaku Usaha RT/RW Net Diimbau Ikuti Aturan Kemenkominfo

Kerap Rugikan Konsumen, Pelaku Usaha RT/RW Net Diimbau Ikuti Aturan Kemenkominfo

Kamis, 25 April 2024 | 14:20

Baru-baru ini kembali mencuat maraknya praktik ilegal RT/RW Net. Sebab, praktik ilegal ini tak hanya merugikan penyelenggara jasa telekomunikasi, juga berdampak negatif bagi konsumen di Indonesia.

BANDARA
Imbas Erupsi Gunung, AirNav Perpanjang Penutupan Bandara Sam Ratulangi Manado 

Imbas Erupsi Gunung, AirNav Perpanjang Penutupan Bandara Sam Ratulangi Manado 

Kamis, 18 April 2024 | 15:03

Gunung Ruang di Sulawesi Utara mengalami erupsi dengan ketinggian letusan mencapai 3725 meter di atas permukaan laut pada Rabu, 17 April 2024.

TOKOH
Mengenal Baden Powell dan Sejarah Dicetuskannya Pramuka

Mengenal Baden Powell dan Sejarah Dicetuskannya Pramuka

Kamis, 22 Februari 2024 | 15:37

Praja Muda Karana atau Pramuka merupakan gerakan kepanduan paling populer yang dicetuskan oleh Baden Powell.

OPINI
Gurita Korupsi, Praktik Culas Pertambangan “Si Emas Putih”

Gurita Korupsi, Praktik Culas Pertambangan “Si Emas Putih”

Senin, 15 April 2024 | 12:24

Jagat dunia maya tengah dihebohkan oleh kasus korupsi super besar yang terjadi baru-baru ini, yakni korupsi yang melibatkan suami dari aktris Sandra Dewi, Harvey Moeis, serta Helena Lim sosok yang terkenal sebagai crazy rich Pantai Indah Kapuk (PIK).

""Kekuatan dan perkembangan datang hanya dari usaha dan perjuangan yang terus menerus""

Napoleon Hill