Connect With Us

Kereta Bandara Tingkatkan Ekonomi Kota Tangerang

Denny Bagus Irawan | Jumat, 17 April 2015 | 15:59

Ilustrasi Kereta Api (Rangga A Zuliansyah / TangerangNews)



TANGERANG-Keberadaan Kereta Api dari Batuceper ke Bandara Soekarno - Hatta akan meningkatkan pertumbuhan ekonomi di Kota Tangerang. Hal itu terjadi lantaran  di Bandara Internasional Soekarno-Hatta, tidak lagi menjual tiket untuk go show.


Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kota Tangerang Said Endrawiyanto mengatakan,  pertumbuhan ekonomi ditargetkan mencapai 6,5 persen bahkan 6,7 persen. Bila kereta api ekspres Bandara Soekarno - Hatta telah beroperasi, maka pertumbuhan ekonomi bisa mencapai tujuh persen.

Menurut dia, keberadaan transportasi massal seperti halnya kereta api maka akan merangsang sektor bisnis. Apalagi, Pemkot Tangerang akan menjadikan stasiun batuceper dijadikan sebagai terminal pemberhentian antarmoda.

"Karena nantinya tidak ada lagi penjualan tiket di Bandara Soekarno - Hatta maka akan menjadikan stasiun Batuceper sebagai pusat bisnis baru," katanya, Jumat (17/4).

Berdasarkan pendataan awal yang dilakukannya, sektor yang akan tumbuh seperti transportasi, ritel, hotel, telekomunikasi hingga perdagangan jasa lainnya. Sejak tahun 2009 hingga 2013, sektor perdagangan, hotel dan restoran di Tangerang hanya tumbuh 9,68 persen.

Walaupun demikian akan terus meningkat setiap tahun. Sedangkan sektor lainnya yang lebih tinggi pertumbuhannya yakni pengangkutan dan telekomunikasi mencapai 10,31 persen.

"Kita berharap agar check-in dilakukan di Batuceper. Tetapi kalau hanya perlintasan maka tak dapat apa - apa," paparnya.

Sementara itu, pembangunan Kereta Api Bandara Soekarno - Hatta sepanjang 12 kilometer dengan luas 30,36 hektare akan dilaksanakan mulai Juni atau Juli 2015 dan ditarget selesai pada 2016.

Proses proyek pembangunan yang ditangani oleh PT Kereta Api Indonesia, sedang masuk dalam proses lelang oleh pemerintah pusat.

Manajer Humas dan Protokoler Bandara Soekarno-Hatta Yudis Tiawan mengatakan, pihaknya bangga jika masyarakat sekitar dapat memperoleh peningkatan ekonomi dengan adanya kereta bandara. "Kami tentu sangat bangga, apabila keberadaan Bandara Soekarno-Hatta dapat memberikan dampak bagi pertumbuhan ekonomi masyarakat sekitar.Itu adalah salah satu dampak sistemik dari sebuah bandara," ujarnya

NASIONAL
Awas Penipuan, Ini Ciri-ciri Petugas Resmi PLN

Awas Penipuan, Ini Ciri-ciri Petugas Resmi PLN

Kamis, 25 April 2024 | 18:19

Tindak kejahatan dengan modus penipuan kian marak terjadi, salah satunya ialah mengaku sebagai petugas PLN.

TEKNO
Kerap Rugikan Konsumen, Pelaku Usaha RT/RW Net Diimbau Ikuti Aturan Kemenkominfo

Kerap Rugikan Konsumen, Pelaku Usaha RT/RW Net Diimbau Ikuti Aturan Kemenkominfo

Kamis, 25 April 2024 | 14:20

Baru-baru ini kembali mencuat maraknya praktik ilegal RT/RW Net. Sebab, praktik ilegal ini tak hanya merugikan penyelenggara jasa telekomunikasi, juga berdampak negatif bagi konsumen di Indonesia.

AYO! TANGERANG CERDAS
Buruan Daftar, Lulusan Institut Teknologi PLN Berkesempatan Langsung Kerja di Perusahaan

Buruan Daftar, Lulusan Institut Teknologi PLN Berkesempatan Langsung Kerja di Perusahaan

Jumat, 26 April 2024 | 10:48

Institut Teknologi PLN (ITPLN) menjadi salah satu perguruan tinggi incaran banyak mahasiswa untuk mengembangkan karirnya di masa depan.

""Kekuatan dan perkembangan datang hanya dari usaha dan perjuangan yang terus menerus""

Napoleon Hill