Connect With Us

Ini Saran Menteri Agraria Untuk Pembebasan Bandara Soekarno-Hatta

Rangga Agung Zuliansyah, Wahyu | Kamis, 28 Mei 2015 | 17:27

erry Mursyidan Baldan (Istimewa / TangerangNews)

 

TANGERANG-Rencana pembangunan runway 3 Bandara Soekarno - Hatta yang terkendala pembebasan lahan ditanggapi Menteri Agraria dan Tata Ruang/Kepala BPN Ferry Mursyidan Baldan.

Dia menyarankan agar PT Angkasa Pura (AP) II selaku pengelola Bandara Soekarno - Hatta agar membeli lahan warga dengan harga yang wajar. Tidak lagi menentukan harga dengan NJOP atau sesuka hati.

 “Jangan pernah menganggap lahan mereka itu diberikan kepada kita. Tapi sebaliknya, ketika lahan mereka kita beli, kitapun menetapkan harga yang sesuai dengan harga pasaran. Biar tim apresial yang menentukan,” katanya saat menghadiri acara Ikatan Notaris Indonesia di Novotel Hotel, Tangcity, Kota Tangerang, Kamis (28/5/2015).

Kemudian, ketika harga sudah ditentukan, Angkasa Pura II harus langsung membayarnya. Namun jangan langsung memerintahkan warga untuk pindah. 

“Warga harus dikasih waktu 6 bulan, setelah uang mereka terima. Supaya mereka punya waktu dan uang untuk dapat rumah pengganti. Itu amanat UU no 2/2012,” kata Ferry.

Lahan yang rencananya digunakan untuk membangun runway 3 seluas 1000 hektar itu berada di 10 desa di Kecamatan Teluk naga. 

Pembebasan lahan sudah terbengkalai selama lima tahun. Ferry sendiri mengatakan bahwa ketika pembebasan lahan ditunda-tunda, maka akan menimbulkan masalah yang makin pelik.

Menurutnya terkendalanya pembabasan lahan kerap terjadi karena dalam prosesnya kadang mengabaikan hak masyarakat. Untuk itu, Ferry meminta AP II agar segera membenahi dengan cara benar.

“Ikuti undang-undang. Nggak zaman lagi pembebasan lahan dengan memaksa warga,” katanya.

Pihaknya sendiri akan turun membantu AP II dalam pembebasan lahan tersebut dengan mengidentifikasi status lahan dan melihat kearah mana rencana perluasan bandaranya.

“Kadang kita yang harus straight, jangan sampai ada penumpang gelap dalam proses pengadaan lahan ini. Disini kami hanya mengawal untuk perluasan bandara, kalau yang lain Saya nggak mau,” tukasnya.

WISATA
 Hotel Sahid Serpong Angkat Kuliner Khas Kampung Cilenggang Tangsel Sebagai Menu Bukber

Hotel Sahid Serpong Angkat Kuliner Khas Kampung Cilenggang Tangsel Sebagai Menu Bukber

Sabtu, 16 Maret 2024 | 12:33

Ada yang unik pada menu buka puasa bersama (bukber) Ramadan, di Hotel Sahid Serpong. Sekitar 40 varian makanan bertema "Kampung Cilenggang" tersedia di sini.

SPORT
Tangerang Lawan Tangerang, Prediksi Skor dan Susunan Pemain Persita vs Dewa United 

Tangerang Lawan Tangerang, Prediksi Skor dan Susunan Pemain Persita vs Dewa United 

Selasa, 26 Maret 2024 | 14:31

Pekan ke-30 BRI Liga 1 musim 2023/2024 akan menyajikan pertandingan antara dua tim yang sama-sama bermarkas di Tangerang, yakni Persita melawan Dewa United.

KAB. TANGERANG
Kronologis Kecelakaan Mobil yang Tewaskan 1 Orang dan 4 Luka-luka di Jalan BSD Tangerang

Kronologis Kecelakaan Mobil yang Tewaskan 1 Orang dan 4 Luka-luka di Jalan BSD Tangerang

Kamis, 28 Maret 2024 | 12:19

Kecelakaan mobil Honda Brio di Jalan BSD Raya Utama, tepatnya di dekat QBig, Kelurahan Lengkong Kulon, Kecamatan Pagedangan, Kabupaten Tangerang, pada Rabu 27 Maret 2024 malam, mengakibatkan satu orang tewas dan empat lainnya luka-luka.

KOTA TANGERANG
Warga Babakan Tangerang Digegerkan Penemuan Mayat Mengambang di Sungai Cisadane

Warga Babakan Tangerang Digegerkan Penemuan Mayat Mengambang di Sungai Cisadane

Kamis, 28 Maret 2024 | 21:01

Mayat berjenis kelamin Laki-laki tanpa identitas ditemukan di Sungai Cisadane, Kelurahan babakan, Kecamatan Tangerang, Kota Tangerang, Kamis 28 Maret 2024, pagi.

""Kekuatan dan perkembangan datang hanya dari usaha dan perjuangan yang terus menerus""

Napoleon Hill