Connect With Us

Wali Kota Tangerang Tertarik Pemanfaatan Nuklir Untuk Industri

Rangga Agung Zuliansyah | Senin, 22 Juni 2015 | 18:22

Wali Kota Tangerang Arief saat rapat dengan BATAN (Rangga A Zuliansyah / TangerangNews)


TANGERANG-Wali Kota Tangerang Arief R Wismanyah mendorong agar Badan Tenaga Nuklir Nasional (BATAN) juga menyediakan teknologi yang manfaatnya dapat langsung dirasakan oleh masyarakat, baik dari sisi kesehatan, industri maupun kebersihan.

 
Dia menyontohkan bagaimana nuklir bisa menjadi salah satu energi alternatif yang bisa digunakan oleh industri besar sebagai pengganti dari batu bara.


“Tangerang banyak industri yang masih pake batu bara, kan kalau ada nuklir bisa dimanfaatkan, apalagi mungkin biayanya bisa lebih murah." Kata Arief saat menerima audiensi dari BATAN di ruang Kerjanya, Senin (22/06).
 

Sementara dari sisi kesehatan, Arief berharap nuklir ini bisa menjadi salah satu solusi penanganan kesehatan yang ada di masyarakat. "Saya pernah mendengar dari salah satu profesor, yang menyampaikan kalau nuklir bisa dikembangkan untuk memberantas nyamuk malaria," papanya.
 

Arief mengaku sangat mendukung terhadap pengembangan energi nuklir melalui Program Reaktor Daya Eksperimen (RDE) yang dilakukan oleh BATAN, selama pengembangannya bertujuan sebagai solusi permasalahan yang ada di masyarakat.

 

Namun, sebagian besar masyarakat masih berpikir tentang dampak radiasi negatif yang akan dihasilkan Nuklir. Meskipun tanpa disadari bahwa Nuklir dapat menjadi salah satu potensi energi terbarukan yang kedepannya juga dapat dimanfaatkan oleh masyarakat umum.

 

"Paradigma masyarakatnya dulu yang harus dirubah, selama ini kalau dengar nuklir bawaannya pasti ada hubungannya dengan hal yang menakutkan, ya bom-lah, atau radiasi-lah" ujarnya

 

Karena itu, BATAN harus bisa memberikan pemahaman terlebih dahulu terhadap dampak positif yang dapat dihasilkan oleh Nuklir kepada masyarakat. Baginya, selama ini Penelitian yang dilakukan oleh BATAN cenderung tertutup dan tidak terpublikasikan, apalagi manfaatnya pun belum terasa di masyarakat.

 
"Selama ini saya saja tidak tahu kalo BATAN punya reaktor di Puspitek, selain kurang sosialisasi, kita juga belum merasakan langsung manfaat dari penelitian yang dibuat oleh BATAN," papar Arief.
 

Kepala BATAN Djarot S Wisnubroto menyampaikan bahwa teknologi pengembangan iradiator akan menjadi salah tekhnologi yang dapat langsung dirasakan oleh masyarakat dalam waktu dekat, rencananya proyek ini akan selesai tahun 2017. Sementara itu untuk RDE membutuhkan waktu yang relatif panjang sekitar 7-10 tahun.

 

"Untuk itu kami meminta dukungan pemerintah daerah untuk terus membantu BATAN, khususnya dalam mensosialisakan ke masyarakat sekitar akan dampak positif dari teknologi ini." pungkasnya.

 
Pertemuan ini dihadiri langsung oleh Kepala BATAN Djarot S Wisnubroto. Pertemuan ini membahas rencana pengembangan RDE dan Iradiator yang dimaksudkan sebagai pembelajaran penguasaan PLTN sekaligus sebagai induk PLTN komersial.

Sementara untuk iradiator salah satu pengembangan yang paling mencolok adalah dapat digunakan sebagai teknologi pengawetan makanan.

TOKOH
Mengenal Baden Powell dan Sejarah Dicetuskannya Pramuka

Mengenal Baden Powell dan Sejarah Dicetuskannya Pramuka

Kamis, 22 Februari 2024 | 15:37

Praja Muda Karana atau Pramuka merupakan gerakan kepanduan paling populer yang dicetuskan oleh Baden Powell.

HIBURAN
Lagi Viral di TikTok, Begini Cara Lihat Tahun Lama di Aplikasi Google Maps

Lagi Viral di TikTok, Begini Cara Lihat Tahun Lama di Aplikasi Google Maps

Rabu, 27 Maret 2024 | 14:35

Baru-baru ini tengah viral di media sosial TikTok sebuah tren melihat tahun lama di aplikasi Google Maps.

BANDARA
Kecelakaan Kerap Terjadi di Jalur Perimeter, Pihak Bandara Soetta Sebut Akibat Human Error

Kecelakaan Kerap Terjadi di Jalur Perimeter, Pihak Bandara Soetta Sebut Akibat Human Error

Kamis, 28 Maret 2024 | 21:54

TANGERANGNEWS.com-Pihak Bandara Soekarno-Hatta (Soetta) menyebut kecelakaan yang kerap terjadi di Jalur Perimeter disebabkan karena human error atau kelalaian pengendara.

KAB. TANGERANG
Kronologis Kecelakaan Mobil yang Tewaskan 1 Orang dan 4 Luka-luka di Jalan BSD Tangerang

Kronologis Kecelakaan Mobil yang Tewaskan 1 Orang dan 4 Luka-luka di Jalan BSD Tangerang

Kamis, 28 Maret 2024 | 12:19

Kecelakaan mobil Honda Brio di Jalan BSD Raya Utama, tepatnya di dekat QBig, Kelurahan Lengkong Kulon, Kecamatan Pagedangan, Kabupaten Tangerang, pada Rabu 27 Maret 2024 malam, mengakibatkan satu orang tewas dan empat lainnya luka-luka.

""Kekuatan dan perkembangan datang hanya dari usaha dan perjuangan yang terus menerus""

Napoleon Hill