Connect With Us

Aksi Penipuan mengatasnamakan wartawan Tangerang dibalas Jebakan

Rangga Agung Zuliansyah | Sabtu, 1 Agustus 2015 | 08:40

| Dibaca : 4166

Borgol (tangerangnews / dens)

 TANGERANG-Seorang pria paruh baya berinisial AS, mencoba menipu pengusaha katering di Kota Tangerang. Modusnya, dia mengaku sebagai wartawan stasiun televisi berita swasta.

Awalnya, AS yang tinggal di Jakarta Barat ini memesan makanan dari katering milik Ana, warga Petir, Kecamatan Pinang, Kota Tangerang. Ana sendiri memiliki katering di Jakbar. Kemudian, AS kembali melakukan komunikasi dengan Ana hingga menawarkan kerjasama penyediaan katering untuk acara program TV One.

 

Korban diketahui bernama Ana,  dan memiliki sebuah rumah makan lengkap dengan jasa cateringnya. Dari situ, pelaku pun melancarkan modus penipuannya dengan mengaku sebagai wartawan TV One, guna menawarkan jalinan rekanan penyediaan jasa catering, untuk sebuah acara religi distasiun televisi tersebut.

 

"Awal kenal hari senen kemarin, dia menghubungi saya melalui telepon dan waktu itu dia cuma ingin memesan makanan. Lalu dia nelpon lagi, ngajak ketemu karena ingin menawarkan jasa rekanan catering saya buat diacara damai indonesiaku di TV One," ungkap Ana, Sabtu (1/8).

 

Namun pelaku meminta uang sebesar Rp 500 ribu kepada Ana, dengan alasan sebagai biaya suplyer dalam keterikatan rekanan bisnis. AS meminta Ana untuk mengantarkan uang tersebut kepadanya. Ana pun merasa curiga dengan gelagat pelaku, hingga akhirnya dia menghubungi keluarganya yang bertugas di Kepolisian Jakarta Barat, untuk coba mengecek kebenaran profesi AS sebagai wartawan.

 

"Lalu saya disuruh kroscek ke rekdaksi TV one, ternyata pihak redaksi tidak membenarkan ada wartawan atas nama AS," jelasnya.

 

Akhirnya Ana dengan ditemani keluarganya langsung melapor ke Polsek Cipondoh. Kemudian dibuatlah rencana memancing pelaku untuk datang mengambil uang yang dimintanya dari Ana. Setelah pelaku mengambil uang tersebut, petugas langsung membekuknya.

 

"Pas datang, benar dia meminta uang itu, lalu saya mohon ijin untuk kedalam memasukan uangnya ke amplop. Akhirnya dia langsung ditangkap," katanya.

 

Kapolsek Cipondoh Kompol Maryanto membenarkan kasus penangkapan wartawan gadungan tersebut. Saat ini pihaknya tengah melakukan pemeriksaan mendalam terhadap pelaku.

 

"Pelaku diduga melakukan penipuan dengan modus mengaku sebagai wartawan disalah satu televisi nasional dan menawarkan jasa rekanan katering, untuk acara religi. Saat ini, kami masih melakukan penyelidikan mendalam. Korban juga sedang dimintai keterangan jelasnya," kata Maryanto.

 

Kapolsek menambahkan, pelaku dapat dijerat dengan Pasal 378 tentang Penipuan, bila terbukti dalam kasus ini. "Dengan ancaman hukuman selama 4 tahun kurungan penjara," pungkasnya.

 

NASIONAL
WN Prancis Pemilik 305 Video Seks Anak Tewas Bunuh Diri Ditahanan Polda Metro

WN Prancis Pemilik 305 Video Seks Anak Tewas Bunuh Diri Ditahanan Polda Metro

Selasa, 14 Juli 2020 | 15:27

TANGERANGNEWS.com-Francois Abello Camille (65), seorang warga negara

TANGSEL
Raffi Ahmad Ditawari Jadi Calon Wakil Wali Kota Tangsel, Ini Faktanya

Raffi Ahmad Ditawari Jadi Calon Wakil Wali Kota Tangsel, Ini Faktanya

Selasa, 14 Juli 2020 | 14:07

TANGERANGNEWS.com-Artis kondang Raffi Ahmad dikabarkan sempat

TEKNO
Menristek Sebut Jambu Biji Tingkatkan Imunitas Hadapi COVID-19

Menristek Sebut Jambu Biji Tingkatkan Imunitas Hadapi COVID-19

Sabtu, 28 Maret 2020 | 18:40

TANGERANGNEWS.com-Menteri Riset dan Teknologi/Kepala Badan Riset dan Inovasi Nasional (Menristek/BRIN), Prof Bambang PS Brodjonegoro, melalui

"Dengan Hidup yang Hanya Sepanjang  Setengah Tarikan Napas, Jangan Tanam Apapun Kecuali Cinta."

Jalaluddin Rumi