Connect With Us

Ini Alasan Balai Besar Sungai Cisadane baru akan perbaiki Pintu Air 10

Rangga Agung Zuliansyah | Rabu, 12 Agustus 2015 | 18:41

Sungai Cisadane kering. (Rangga A Zuliansyah / Tangerangnews)

 

TANGERANG-Pintu Air 10 Kota Tangerang akan dilakukan perbaikan oleh Balai Besar Sungai Ciliwung-Cisadane. Namun, perbaikan tersebut belum bisa dimulai karena  tengah menunggu beberapa spare part  yang sedang dalam proses pabrikasi.

 

“Kita sedang lakukan persiapan material yang dibutuhkan berupa roda bogie untuk dipasang di pintu air nomor enam. Saat ini komponen itu sudah 70 persen proses pabrikasi,” jelas Kepala Balai Besar Sungai Ciliwung-Cisadane Iskandar, saat berada di Tangerang, Rabu (12/8).

 

Menurut Iskandar, jika komponen tersebut sudah siap, perbaikan akan dilakukan pada Jumat (14/8) besok. Roda bogie digunakan untuk mengangkat pintu air yang saat ini kondisinya terjepit, akibat dorongan dari air yang keluar dari lubang kebocoran door lock.

 

“Saya butuh waktu 12 hari untuk perbaikan ini. Mudah-mudahan pintu bisa berfungsi kembali normal,” jelasnya.

 

Sebelumnya, pihaknya telah melakukan upaya untuk menutup kebocoran door lock dengan menggunakan karung berisi pasir, agar level ketinggian air kembali naik. Namun upaya tersebut gagal, karena tekanana air yang besar mendorong karung-karung tersebut melewati lubang yang bocor.

 

“Kita pernah coba tutup, air sempat naik 4 meter, pas naik sampai 6 meter, tenyata tekanan besar, jadi penghalang terbawa,” jelasnya.

 

Sementara Direktur Bina Operasi dan Pemeliharaan Ditjen Sumber Daya Air (SDA) Loli Martina mengatakan, untuk penanggulangan kekuarangan pasokan suplai air pelanggan PDAM, pihaknya juga memberi bantuan pompa guna menyedot air baku dari Sungai Cisadane.

 

“Kita sudah melakukan penempatan pompa air di Pintu Air 10 sebanyak 7 pompa dan 3 pompa di Cikokol, dengan kapasitas masing-masing pompa 80 liter per detik,” ujarnya.

 

NASIONAL
Sisa THR Bingung Mau Dipakai Apa? Lakukan Ini

Sisa THR Bingung Mau Dipakai Apa? Lakukan Ini

Sabtu, 20 April 2024 | 12:59

Libur Lebaran 2024 memang telah usai. Namun, ternyata masih ada dari kita yang memiliki sisa Tunjangan Hari Raya (THR) dan belum memanfaatkannya betul.

TOKOH
Mengenal Baden Powell dan Sejarah Dicetuskannya Pramuka

Mengenal Baden Powell dan Sejarah Dicetuskannya Pramuka

Kamis, 22 Februari 2024 | 15:37

Praja Muda Karana atau Pramuka merupakan gerakan kepanduan paling populer yang dicetuskan oleh Baden Powell.

WISATA
Libur Lebaran 2024, 6 Rekomendasi Wisata Belanja di Kota Tangerang

Libur Lebaran 2024, 6 Rekomendasi Wisata Belanja di Kota Tangerang

Jumat, 12 April 2024 | 06:54

Selama libur Lebaran 2024, Kota Tangerang memiliki berbagai tempat yang masih dapat dikunjungi.

""Kekuatan dan perkembangan datang hanya dari usaha dan perjuangan yang terus menerus""

Napoleon Hill