Connect With Us

Pintu Air 10 Tangerang Selesai Diperbaiki

Denny Bagus Irawan | Rabu, 19 Agustus 2015 | 15:56

Ahmed Zaki Iskandar, Bupati Tangerang saat melihat langsung kondisi perkembangan perbaikan pintu air 10. (Dira Derby / Tangerangnews)


TANGERANG- Pintu Air 10 di wilayah Kota Tangerang yang rusak akhirnya selesai diperbaiki  oleh Dirjen Sumber Daya Air Kementerian Pekerjaan Umum. Namun, meski telah selesai kondisi air di Sungai Cisadane masih terpantau belum ada kenaikan.

 

Kepala Balai Sumber Daya Air Ciliwung Cisadane Teuku Iskandar mengatakan, sebenarnya perbaikan Pintu Air 10 di Tangerang sudah selesai sejak 17 Agustus 2015 lalu.  Sekitar pukul 8.30 WIB saat itu Pintu Air 10 sudah dioperasikan.

 

"Dan sebenarnya bukan pintu airnya yang bermasalah, tetapi stop blocknya (pengaturan untuk menahan air) yang bermasalah," ujarnya ketika dihubungi Rabu (19/8). Meski begitu, dirinya mengakui  Pintu Air 10 yang dibangun sejak 1927  atau sudah beroperasi 98 tahun lalu sudah lemah kondisinya.

 

"Dari kondisi umur harus ditinjau,  harus melakukan kajian mekanikal dan elektrikal. Banyak korosi, " tuturnya.
Saat ditanya soal kondisi air di Sungai Cisadane yang masih kering, Teuku mengatakan, fungsi bendungan bukan untuk menambah debit dari hulu. Bentungan berfungsi untuk meninggikan elevasi kali yang ada di bagian Sungai Cisadane. "Air Cisadane kering karena memang sedang kemarau," terangnya.

 

Dengan terpasangnya kembali pintu nomor lima dan enam yang selesai diperbaiki, Pintu Air 10 kembali bisa menahan air dari aliran Sungai Cisadane dengan tingkat elevasi 10,4 meter.

Sebelumnya Bupati Tangerang Ahmed Zaki Iskandar mengatakan, dirinya mengancam akan mengambil alih perbaikan jika hari ini tak selesai pengerjaan pintu air yang rusak. "Kita lihat saja besok, kalau tidak selesai juga, kita siap menangani," tuturnya. 

 

NASIONAL
1.835 Kendaraan Pemudik Lebaran 2024 Terlibat Kecelakaan

1.835 Kendaraan Pemudik Lebaran 2024 Terlibat Kecelakaan

Sabtu, 13 April 2024 | 09:24

Sebanyak 1.835 kendaraan terlibat kecelakaan selama arus mudik Lebaran 2024. Hal itu berdasarkan data kecelakaan lalu lintas dari Korps Lalu Lintas (Korlantas) Polri.

PROPERTI
Hadirkan Hunian Premium, Paramount Land Perkenalkan New Matera

Hadirkan Hunian Premium, Paramount Land Perkenalkan New Matera

Rabu, 3 April 2024 | 06:47

Dalam rangka menghadirkan hunian premium dengan fasilitas lengkap dan lokasi strategis, serta akses cepat untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari bagi konsumen kelas atas

OPINI
Gurita Korupsi, Praktik Culas Pertambangan “Si Emas Putih”

Gurita Korupsi, Praktik Culas Pertambangan “Si Emas Putih”

Senin, 15 April 2024 | 12:24

Jagat dunia maya tengah dihebohkan oleh kasus korupsi super besar yang terjadi baru-baru ini, yakni korupsi yang melibatkan suami dari aktris Sandra Dewi, Harvey Moeis, serta Helena Lim sosok yang terkenal sebagai crazy rich Pantai Indah Kapuk (PIK).

BANTEN
Pengguna Mobil Listrik Akui Trip Planner SPKLU PLN Permudah Perjalanan Mudik

Pengguna Mobil Listrik Akui Trip Planner SPKLU PLN Permudah Perjalanan Mudik

Kamis, 18 April 2024 | 10:23

Keberadaan Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU) PLN di seluruh rest area sepanjang jalan tol Sumatera - Jawa terbukti melayani dan memudahkan pengguna mobil listrik selama melewati puncak mudik hingga arus balik Lebaran 2024.

""Kekuatan dan perkembangan datang hanya dari usaha dan perjuangan yang terus menerus""

Napoleon Hill