Connect With Us

Emisi Kendaraan Roda Empat di Kota Tangerang Diuji

Rangga Agung Zuliansyah | Selasa, 27 Oktober 2015 | 20:00

Foto tes uji emisi (tangerangnews.com / Rangga A Zuliansyah)

TANGERANG-Kementerian Lingkungan Hidup (KLH) melakukan uji emisi kendaraan roda empat di Kota Tangerang, Selasa (27/10). Pengujian dilaksanakan di Jalan MH Thamrin, di depan PT Argopantes, Kebon Nanas.

 

Tim penguji yang ditunjuk KLH adalah PT Siaga Arta Jaya. Pengujian dilakukan untuk kendaraan jenis bensin dan solar. “Uji emisi ini kegiatan rutin yang dilakukan setiap tahun, untuk mengetahui kualitas emisi gas buang dari kendaran bermotor yang dapat menyebabkan polusi udara,” jelas Staff Pelaksana Uji Emisi PT Siaga Arta Jaya, Kristian.

 

Menurut Kristian, uji emisi dilaksanakan selama tiga hari bersama dengan Badan Lingkungan Hidup (BLH) Kota Tangerang. Untuk hari pertama adalah Jalan MH Thamrin. Lalu hari kedua di Jalan KH Hasyim Ashari dan hari ketiga di Jalan Imam Bonjol.

 

“Kegiatan ini dilakukan di 11 kota, diantaranya 5 kota administratif di DKI Jakarta, untuk hari ini di Kota Tangerang dan Malang,” paparnya.

 

Untuk standar uji emisi yang dilakukan adalah sesuai dengan Peraturan Mentri Lingkungan Hidup Nomor 5 Tahun 2006 tentang ambang batas emisi gas buang kendaraan bermotor.

 

Dijelaskannya, untuk ambang batas kendaraan berbahan bakar bensin yang dibuat dibawah tahun 2007 adalah, 4,5 persen untuk CO dan HC 1200 ppm. Sementara untuk yang diatas tahun 2007, ambang batasnya 1,5 persen untuk CO dan HC 200 ppm.

 

“Sedangkan untuk kendaraan yang menggunakan solar, yang diperiksa adalah standar ambang batas opasitas atau kepekatan asap. Mobil yang diproduksi dibawah tahun 2010 standarnya opsitasnya 70 persen, dan yang pembuatannya diatas tahun 2010 standarnya 40 persen,” jelansya.

 

Selain uji emisi, pihanya juga melakukan traffic counting untunk menghitung volume kendaraan dan monitoring kualitas udara. “Nantinya data hasil pemeriksaan ini akan menjadi catatan KLH untuk dijadikan barometer apakah kota tersebut layak mendapatkan Penghargaan Langit Biru atau Adipura,” jelas Kristian.

 

Kepala Bidang Pemantauan dan Pemulihan Kualitas Lingkungan Hidup BLH Kota Tangerang M Dadang Basuki mengatakan, target kendaraan yang diuji emisi di tiga lokasi adalah 1500 kendaraan. Dalam hasil pengujian, masih ditemukan kendaraan yang emisinya melebihi ambang batas.

 

“Ada kendaran berat yang opsitas gas buangnya mencapai 90 persen, ini kan sudah tidak bagus. Untuk kendaraan yang tidak lulus uji emisi, kami cuma bisa menghimbau agar pengemudinya merawat kendaraan tersebut lebih baik lagi,” paparnya.

 

Lewat pengujian ini pihaknya bisa mencari solusi untuk mengurangi polusi udara. Salah satu upaya yang tengah dilakukan adalah penanaman satu milyar pohon seperti yang merupakan program pemerintah pusat. “Dari BLH sendiri rencana akan menanaman 900 pohon untuk tahun ini,” katanya

NASIONAL
Info Lowongan Kerja, Simak Syarat dan Kualifikasi Rekrutmen KAI

Info Lowongan Kerja, Simak Syarat dan Kualifikasi Rekrutmen KAI

Kamis, 18 April 2024 | 12:51

PT Kereta Api Indonesia (Persero), atau KAI, tengah membuka rekrutmen terbaru untuk tahun 2024 dengan menawarkan lowongan kerja bagi lulusan S1 dari berbagai jurusan.

AYO! TANGERANG CERDAS
Pra-PPDB SMP Kota Tangerang 2024/2025 Dibuka, Ini Alur dan Syarat Pendaftarannya 

Pra-PPDB SMP Kota Tangerang 2024/2025 Dibuka, Ini Alur dan Syarat Pendaftarannya 

Rabu, 17 April 2024 | 09:55

Dinas Pendidikan Kota Tangerang kembali membuka Pra Penerimaan Peserta Didik Baru (Pra-PPDB) untuk tahun ajaran 2024/2025.

OPINI
Gurita Korupsi, Praktik Culas Pertambangan “Si Emas Putih”

Gurita Korupsi, Praktik Culas Pertambangan “Si Emas Putih”

Senin, 15 April 2024 | 12:24

Jagat dunia maya tengah dihebohkan oleh kasus korupsi super besar yang terjadi baru-baru ini, yakni korupsi yang melibatkan suami dari aktris Sandra Dewi, Harvey Moeis, serta Helena Lim sosok yang terkenal sebagai crazy rich Pantai Indah Kapuk (PIK).

WISATA
Libur Lebaran 2024, 6 Rekomendasi Wisata Belanja di Kota Tangerang

Libur Lebaran 2024, 6 Rekomendasi Wisata Belanja di Kota Tangerang

Jumat, 12 April 2024 | 06:54

Selama libur Lebaran 2024, Kota Tangerang memiliki berbagai tempat yang masih dapat dikunjungi.

""Kekuatan dan perkembangan datang hanya dari usaha dan perjuangan yang terus menerus""

Napoleon Hill