Connect With Us

23.035 fisik KTP-el di Kota Tangerang akan didistribusikan

Rangga Agung Zuliansyah | Selasa, 3 November 2015 | 18:44

Ilustrasi proyek e-KTP (Dira Derby / TangerangNews)

TANGERANG-KTP elektronik (KTP-el) warga Kota Tangerang akhirnya selesai dicetak, setelah sebelumnya tertunda karena kehabisan blangko dan tinta. Pendistribusian fisik KTP-el akan segera dilakukan Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) ke-13 Kecamatan Kota Tangerang.

 

Sekretaris Disdukcapil Ahsan Anahar mengatakan, jumlah KTP-el yang telah dicetak untuk tahap pertama sebanyak 23.035. KTP-el tersebut akan dibagikan ke masyarat dalam waktu 2-3 hari.

 

"Jumlah KTP-el yang dibagikan ke tiap kecamatan rata-rata 1000 hingga 2000," jelasnya, Selasa (3/11).

 

Menurutnya, KTP-el yang dibagikan ini merupakan hasil perekaman warga yang siap cetak pada Januari 2015. Pihaknya hanya mencetak KTP yang siap cetak. Pencetakan pun dilakukan bertahap karena terbatasnya tinta dan blanko. Karena itu, dia minta masyarakat bersabar.

 

"Data rekaman warga kan di kirim ke pusat, nanti disana diproses lagi, untuk memeriksa apakah data warga lengkap dan punya KTP ganda atau tidak. Yang dicetak ini sesuai antrian sejak Januari, sebanyak 23.035," jelas Ahsan.

 

Kabid Pendaftaran Perkembangan dan Perencanaan Kependudukan Disdukcapil Sri Warsini mengatakan, sebelumnya pencetakan sempat tertunda karena pihaknya kehabisan blanko dan tinta pada bulan Juni 2015.

Sedangkan pengadaan dua perangkat tersebut dilakukan oleh Kementerian Dalam Negeri dan Pemerintah Provinsi Banten sesuai dengan aturanya.

 

"Untuk Blanko sudah kita terima dari Kementerian beberapa minggu lalu, sedangkan tinta baru semalam tiba di sini dari Provinsi. Pencetakan tahap awal ini sebagaian oleh Disdukcapil sebagian dibantu Kementerian, karena keterbatasan tinta," jelas Sri.

 

Menurut Sri, untuk jumlah wajib KTP yang belum melakukan perekaman masih ada 383.000 orang. Pihaknya meminta pihak Kecamatan terus meminta pihak Kecamatan untuk terus meningkatkan rekaman meski fisik KTP-el belum biaa dicetak dalam waktu dekat.

 

"Yang penting rekam, biar datanya sudah masuk database pusat. Nanti tinggal tunggi cetak," jelasnya.

MANCANEGARA
Sering Dianggap Negara Terjorok, Ini 22 Fakta Unik India

Sering Dianggap Negara Terjorok, Ini 22 Fakta Unik India

Rabu, 20 Maret 2024 | 13:33

India merupakan negara yang terletak di Asia Selatan dengan jumlah penduduk terbanyak di dunia menggeser posisi Tiongkok.

BANTEN
PLN Nyalakan Listrik Serentak 224 Masjid dan Musala di Banten

PLN Nyalakan Listrik Serentak 224 Masjid dan Musala di Banten

Jumat, 29 Maret 2024 | 09:38

Sebanyak 224 masjid dan musala di Provinsi Banten dinyalakan listrik serentak oleh PT PLN (Persero) Unit Induk Distribusi (UID) Banten, Kamis, 28 Maret 2024.

BANDARA
Kecelakaan Kerap Terjadi di Jalur Perimeter, Pihak Bandara Soetta Sebut Akibat Human Error

Kecelakaan Kerap Terjadi di Jalur Perimeter, Pihak Bandara Soetta Sebut Akibat Human Error

Kamis, 28 Maret 2024 | 21:54

TANGERANGNEWS.com-Pihak Bandara Soekarno-Hatta (Soetta) menyebut kecelakaan yang kerap terjadi di Jalur Perimeter disebabkan karena human error atau kelalaian pengendara.

TEKNO
Trafik Data Telkomsel Diprediksi Melonjak 15% saat RAFI 2024, Paling Tinggi Game Online

Trafik Data Telkomsel Diprediksi Melonjak 15% saat RAFI 2024, Paling Tinggi Game Online

Kamis, 28 Maret 2024 | 01:09

Telkomsel memproyeksikan terjadinya pertumbuhan trafik broadband hingga 15,22% dibandingkan hari biasa selama momen Ramadan dan Idulfitri (RAFI) 2024.

""Kekuatan dan perkembangan datang hanya dari usaha dan perjuangan yang terus menerus""

Napoleon Hill