Connect With Us

Stok Darah Kota Tangerang Aman Sampai Tahun Baru 2016

Rangga Agung Zuliansyah | Selasa, 29 Desember 2015 | 18:00

Pendonor darah. (tangerangnews / dira)

TANGERANG-Stok darah di PMI Kota Tangerang saat ini mencapai 3500 kantong. Jumlah tersebut dinilai bisa memenuhi kebutuhan darah hingga tahun baru 2016.

 

Kepala Tata Usaha Unit Transfusi Darah PMI Kota Tangerang Mustofa Kamaludin mengatakan, stok 3500 kantong darah dari berbagai jenis golongan ini, bisa mencukupi sampai dua minggu kedepan jika PMI tidak melakukan pengambilan darah dari donor.

 

“Tapi kan setiap harinya kita melakukan pengambilan darah hingga 200-300 kantong, jadi stok kita sangat kuat,” katanya, Selasa (29/12).

 

Menurut Mustofa, stok darah PMI tersebut untuk memenuhi kebutuhan darah di Kota Tangerang sekitar 3600 kantong per bulan. Selain itu, PMI Kota Tangerang juga menyuplai darah ke DKI Jakarta dan Banten.

 

“Golongan darah yang paling banyak dibutuhkan adalah A dan O. Itu digunakan untuk berbagai macam kebutuhan seperti tranfusi darah, operasi atau kecelakaan,” jelasnya.

 

Dijelaskannya, pendonor rata-rata berusia 30 tahun keatas dengan presentasi sekitar 70 persen. Sedangkan 30 persennya merupakan mahasiswa dan pelajar. Dalam sebulan, darah yang didonorkan mencapai 7000-8000 kantong.

 

“Selama ini pendonor didominasi pekerja usia 30 tahun keatas yang mendonor dua kali dalam setahun. Sedangkan dari kalangan pelajar dan mahasiswa secara keseluruhan paling hanya 20 kantong darah per hari. Kita ingin supaya lebih banyak yang 25 tahun ke bawah, agar di masa depan lebih terjamin donornya,” katanya.

 

Sedikitnya pendonor dari kalangan pelajar dan mahasiswa, menurut Mustofa, kemungkinan karena kesibukan atau masih takut mendonorkan darah. “Jadi mindsetnya memang harus diubah. Karena itu kita lebih gencar sosilisasi dan menempatkan mobil donor keliling di sekolah-sekolah,” katanya.

BANTEN
PLN Nyalakan Listrik Serentak 224 Masjid dan Musala di Banten

PLN Nyalakan Listrik Serentak 224 Masjid dan Musala di Banten

Jumat, 29 Maret 2024 | 09:38

Sebanyak 224 masjid dan musala di Provinsi Banten dinyalakan listrik serentak oleh PT PLN (Persero) Unit Induk Distribusi (UID) Banten, Kamis, 28 Maret 2024.

MANCANEGARA
Sering Dianggap Negara Terjorok, Ini 22 Fakta Unik India

Sering Dianggap Negara Terjorok, Ini 22 Fakta Unik India

Rabu, 20 Maret 2024 | 13:33

India merupakan negara yang terletak di Asia Selatan dengan jumlah penduduk terbanyak di dunia menggeser posisi Tiongkok.

KOTA TANGERANG
THR Tak Kunjung Cair, Lapor ke Posko Ini di Kota Tangerang

THR Tak Kunjung Cair, Lapor ke Posko Ini di Kota Tangerang

Jumat, 29 Maret 2024 | 13:52

Dinas Ketenagakerjaan (Disnaker) Kota Tangerang membuka posko pengaduan terkait pembayaran Tunjangan Hari Raya (THR)

""Kekuatan dan perkembangan datang hanya dari usaha dan perjuangan yang terus menerus""

Napoleon Hill