Connect With Us

Harga BBM Turun, Tarif Angkot di Kota Tangerang Masih Normal

Rangga Agung Zuliansyah | Minggu, 10 Januari 2016 | 18:33

angkot (Sumber : malesbanget.com / TangerangNews)

 
TANGERANG-Pemerintah Kota Tangerang mengaku belum menerima surat edaran resmi dari Kementerian Perhubungan tentang penurunan tarif angkutan umum sebesar 5 persen pasca-turunnya harga Bahan Bakar Minyak (BBM). Berdasarkan edaran tersebut, tarif baru akan diberlakukan mulai 15 Januari 2016.
 

“Kita belum terima, tapi kita sudah berkoordinasi dengan salah satu staf di Kemenhub dan menerima gambar surat yang dikirim melalui Whatsapp. Bentuknya semacam surat edaran yang ditunjukan kepada para gubernur dan bupati atau wali kota tentang penyesuaian tarif angkutan umum kelas ekonomi,” ungkap Kepala Bidang Angkutan Umum Dishub Kota Tangerang Ismu Hartono, Minggu (10/1/2016).

Ismu menjelaskan, dalam ketentuan surat edaran tersebut penurunan tarif dasar sebesar 5 persen dihitung per kilometer untuk kendaraan umum yang trayeknya antar kota antar provinsi. Sementara, penurunan tarif angkutan dalam provinsi merupakan kewenangan gubernur, dan bagi kendaraan umum perkotaan adalah kewenangan bupati atau wali kota.

Menurut Ismu, karena belum adanya surat, pihaknya belum melakukan pembahasan untuk perhitungan ulang tarif angkutan umum di Kota Tangerang. “Kita tunggu saja suratnya, turunnya kan cuma 5 persen, artinya berkurangnya juga tidak signifikan. Ini yang nanti akan kita bahas pembulatannya,” ujarnya

Meski demikian, lanjutnya, hal tersebut tidak bisa dijadikan alasan untuk tidak menurunkan. “Hitungan per kilometer penumpang itu berbanding lurus dengan jarak. Jadi semakin jauh jarak yang ditempuh, penurunan tarifnya semakin terasa, jika dibanding angkot yang jaraknya dekat,” kata Ismu.

Ditambahkannya, Dishub sudah mencoba melakukan komunikasi dengan Organda Kota Tangerang, tetapi belum ada jawaban. “Rencananya Senin (11/1/2016) besok, kita akan kembali berkomunikasi untuk menindaklanjutinya,” jelasnya.

Menanggapi hal tersebut, Ketua Organisasi Angkutan Darat (Organda) Kota Tangerang Edy Faisal Lubis mengatakan, bahwa saat ini tarif angkot masih normal meski penurunan harga BBM sudah berlaku sejak kemarin.

“Saya sudah dengar infonya. Tapi di kita belum. Nanti ada rumusnya yang dihitung bersama Pemda, karena kalau 5 persen juga ribet karena harus ada kembalian recehan,” jelasnya.

BANTEN
Telkomsel Pastikan Jaringan Kuat di Jalur Penyeberangan Merak-Bakauheni Selama Mudik Lebaran

Telkomsel Pastikan Jaringan Kuat di Jalur Penyeberangan Merak-Bakauheni Selama Mudik Lebaran

Jumat, 19 April 2024 | 01:17

Sebagai perusahaan telekomunikasi berbasis digital yang terdepan, Telkomsel berkomitmen untuk memberikan solusi konektivitas jaringan dengan kecepatan tinggi di sepanjang jalur laut pelabuhan Merak - Bakauheni.

BISNIS
Cetak Laba Tertinggi Sepanjang Sejarah, PLN Diapresiasi Komisi VI DPR RI

Cetak Laba Tertinggi Sepanjang Sejarah, PLN Diapresiasi Komisi VI DPR RI

Jumat, 5 April 2024 | 06:59

PT PLN (Persero) berhasil mencetak rekor laba tertinggi sepanjang sejarah, yakni Rp 5,99 triliun pada 2020, menjadi Rp 13,17 triliun pada 2021, dan meningkat kembali menjadi Rp 14,41 triliun pada 2022.

KOTA TANGERANG
Sosok Arief R Wismansyah Dinilai Calon Kuat Gubernur Banten

Sosok Arief R Wismansyah Dinilai Calon Kuat Gubernur Banten

Sabtu, 20 April 2024 | 12:47

Sosok Arief R Wismansyah tidak asing lagi bagi warga di provinsi Banten, apalagi di wilayah Tangerang. Kepemimpinannya dalam menahkodai Kota Tangerang dikenal luas publik.

TANGSEL
Pria Paruh Baya Gantung Diri di Bekas Kantor Kelurahan Jurangmangu Tangsel

Pria Paruh Baya Gantung Diri di Bekas Kantor Kelurahan Jurangmangu Tangsel

Sabtu, 20 April 2024 | 14:52

Seorang pria paruh baya ditemukan tewas gantung diri di sebuah bangunan bekas kantor Jurangmangu Barat, Kecamatan Pondok Aren, Kota Tangerang Selatan (Tangsel).

""Kekuatan dan perkembangan datang hanya dari usaha dan perjuangan yang terus menerus""

Napoleon Hill