Connect With Us

Klinik Batal Ditutup, Menristek Dukung Temuan Warsito

Rangga Agung Zuliansyah | Senin, 11 Januari 2016 | 19:46

Menristek mencoba salah satu alat Dr. Warsito (tangerangnews.com / Rangga A Zuliansyah)

TANGERANG-Menteri Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Menristek) M. Nasir mendukung kelanjutan penelitian alat terapi kanker yang dikembangkan Warsito Purwo Taruno. Hal tersebut ia sampaikan saat mengunjungi klinik kanker Warsito bersama tim dari Kementerian Kesehatan, Senin (11/1/2016).

Dalam kunjungan tersebut mereka meninjau alat terapi kanker temuan Warsito, yakni Electro Capacitive Cancer Therapy (ECCT) dan Electrical Capacitance Volume Tomography (ECVT), yang berbentuk rompi dan helm.

Nasir mengatakan, sebelumnya pihaknya telah memediasi Warsito dengan Kementerian Kesehatan untuk membuat nota kesepahaman bersama tentang penelitian teknologi ECCT dan ECVT tersebut. Salah satu kesepakatan yang diambil kedua belah pihak adalah melakukan review hasil penelitian yang dilakukan Warsito melalui PT Edwar Technology.

"Saya sudah bicara dengan Menkes terkait hal ini, jadi kalau ada kesalahan kita perbaiki, bukan malah ditutup. Kalau tidak ada keberpihakan pemerintah pada mereka, inovasi anak bangsa tidak akan bisa maju," tegas Nasir.

Nasir juga mengaku siap menggelontorkan dana untuk penelitian alat pengobatan kanker Warsito. Jumlahnya akan tergantung dari proposal yang diajukan Warsito.

"Kita akan upayakan. Alokasi biaya riset bisa dilakukan kalau hal ini bisa bermanfaat untuk pelayanan masyarakat Indonesia," lanjutnya.

Sementara itu, Warsito menerima keputusan yang ditetapkan pemerintah. Menurutnya, sudah semestinya dilakukan penelitian lebih lanjut di bawah pengawasan pemerintah.

"Tapi permasalahannya bukan seberapa besar dana yang dibutuhkan. Kalau dana jadi masalah, pengembangan ini tidak akan terjadi. Keluarga pasien siap kalau dana memang diperlukan. Yang paling diperlukan itu bagaimana pengawasan dan pendampingan yang benar," jelas Warsito.

 

TANGSEL
Tangsel Tuan Rumah Porprov Banten 2026, Begini Persiapannya

Tangsel Tuan Rumah Porprov Banten 2026, Begini Persiapannya

Kamis, 28 Maret 2024 | 16:36

Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) VII Banten 2026 mendatang akan diselenggarakan di Kota Tangerang Selatan (Tangsel).

BANTEN
PLN Nyalakan Listrik Serentak 224 Masjid dan Musala di Banten

PLN Nyalakan Listrik Serentak 224 Masjid dan Musala di Banten

Jumat, 29 Maret 2024 | 09:38

Sebanyak 224 masjid dan musala di Provinsi Banten dinyalakan listrik serentak oleh PT PLN (Persero) Unit Induk Distribusi (UID) Banten, Kamis, 28 Maret 2024.

PROPERTI
Rekomendasi Warna Cat Rumah untuk Sambut Lebaran 2024

Rekomendasi Warna Cat Rumah untuk Sambut Lebaran 2024

Senin, 25 Maret 2024 | 20:03

Sudah menjadi tradisi di Indonesia, momen hari raya menjadi kesempatan yang baik untuk berkumpul bersama kerabat dan sahabat.

BISNIS
Bank bjb Siapkan Uang Tunai Rp12,5 Triliun Sambut Lebaran 2024, Sediakan Layanan Penukaran Terpadu

Bank bjb Siapkan Uang Tunai Rp12,5 Triliun Sambut Lebaran 2024, Sediakan Layanan Penukaran Terpadu

Rabu, 27 Maret 2024 | 16:44

Bank bjb memperkirakan secara musiman kebutuhan likuiditas masyarakat, terutama uang tunai meningkat pada bulan Ramadan apalagi menjelang Idul Fitri 1445 H/2024.

""Kekuatan dan perkembangan datang hanya dari usaha dan perjuangan yang terus menerus""

Napoleon Hill