Connect With Us

Olah Sampah, Kota Tangerang Berdayakan 400 Pemulung

Rangga Agung Zuliansyah | Selasa, 12 Januari 2016 | 19:26

Gerakan pungut sampah (tangerangnews.com / Rangga A Zuliansyah)

TANGERANG-Sekretaris Dinas Kebersihan dan Pertamanan (DKP) Kota Tangerang Sugiharto Ahmad Bagja mengatakan, pihaknya akan memberdayakan 400 pemulung di TPA Rawa Kucing untuk membantu mengolah sampah dengan menggunakan pirolisis.

Pirolisis merupakan alat pengolah sampah menjadi menjadi bahan bakar minyak (BBM) yang tengah disiapkan Kementerian ESDM untuk dicobakan di Kota Tangerang.

"Untuk pemilahan sampah plastik sebagai bahan baku, nanti kita akan berdayakan pemulung di TPA Rawa Kucing yang saat ini berjumlah 400 orang," katanya.

Sugiharto mengatakan, pirolisis direncanakan akan disahkan pada Februari 2016 oleh presiden atau wakil presiden. Teknologi tersebut, kata dia, diharapkan dapat mengurangi beban sampah dan menambah panjang umur TPA.

Selain itu, diharapkan juga dapat mengubah pola pikir masyarakat bahwa sampah dapat memiliki nilai ekonomi.

Sementara menunggu alat, lanjut Sugiharto, pihaknya juga menunggu regulasi untuk menentukan siapa yang mengelola dan akan diapakan BBM tersebut. Jangan sampai ketika alatnya ada, DKP tidak siap menggunakannya.

"Kalau misal BBM nya mau dijual kan harus ditentukan harga per liternya berapa, atau mau dimanfaatkan untuk kendaraan operasional pemerintah. Itu harus dibuat regulasinya dulu oleh Kementeriam ESDM. Kalau pusat maunya nyerahin saja tapi kita belum siap gimana," jelasnya.

Pihaknya sendiri menginginkan Pirolisis berkapasitas besar ini dikelola oleh pihak ketiga, yakni Badan Layanan Umum Daerah (BLUD).

 

KOTA TANGERANG
Meski Terlambat, Pj Wali Kota Tangerang Klaim Sudah Cairkan THR Pegawai

Meski Terlambat, Pj Wali Kota Tangerang Klaim Sudah Cairkan THR Pegawai

Jumat, 29 Maret 2024 | 19:02

Penjabat (Pj) Wali Kota Tangerang Nurdin mengklaim telah mencairkan membelanjakan uang Tunjangan Hari Raya (THR) dan Tunjangan Prestasi Kerja (TPK) untuk pegawai Pemerintah Kota (Pemkot) Tangerang.

KAB. TANGERANG
Kronologis Kecelakaan Mobil yang Tewaskan 1 Orang dan 4 Luka-luka di Jalan BSD Tangerang

Kronologis Kecelakaan Mobil yang Tewaskan 1 Orang dan 4 Luka-luka di Jalan BSD Tangerang

Kamis, 28 Maret 2024 | 12:19

Kecelakaan mobil Honda Brio di Jalan BSD Raya Utama, tepatnya di dekat QBig, Kelurahan Lengkong Kulon, Kecamatan Pagedangan, Kabupaten Tangerang, pada Rabu 27 Maret 2024 malam, mengakibatkan satu orang tewas dan empat lainnya luka-luka.

HIBURAN
Lagi Viral di TikTok, Begini Cara Lihat Tahun Lama di Aplikasi Google Maps

Lagi Viral di TikTok, Begini Cara Lihat Tahun Lama di Aplikasi Google Maps

Rabu, 27 Maret 2024 | 14:35

Baru-baru ini tengah viral di media sosial TikTok sebuah tren melihat tahun lama di aplikasi Google Maps.

""Kekuatan dan perkembangan datang hanya dari usaha dan perjuangan yang terus menerus""

Napoleon Hill