Connect With Us

2.000 Petugas Kebersihan di Kota Tangerang Absen dengan Android

Denny Bagus Irawan | Senin, 1 Februari 2016 | 16:28

Petugas Kebersihan Kota Tangerang saat berdialog dengan Wali Kota Tangerang Arief R Wismansyah. (Dira Derby / Tangerangnews)

TANGERANG-Sekitar 2.000 petugas kebersihan di Kota Tangerang diwajibkan absen dengan memanfaatkan teknologi aplikasi melalui operating system di dalam ponsel Android. 

Itu bertujuan agar mereka tidak perlu berduyun-duyun datang ke kantor Dinas Kebersihan dan Pertamanan (DKP) Kota Tangerang untuk kemudian bertugas.

Karenanya, sejak satu bulan lalu hingga saat ini, kantor DKP Kota Tangerang diramaikan dengan petugas Kebersihan yang secara bergantian telah mendaftarkan jari-jemarinya  dan foto dirinya ke sistem database di DKP.

“Kita sudah siapkan aplikasinya dengan menyertai di dalam ponsel Android, nantinya mereka cukup absen dengan jarinya di lapangan melalui ponsel pengawas masing-masing,” terang Ivan Yudianto, Kepala DKP Kota Tangerang, Senin (1/2/2016).

Saat ini, kata Ivan, sudah terkumpul sekitar 1.000 lebih petugas Kebersihan yang telah menyelesaikan pendaftaran diri dengan memanfaatkan kecanggihan teknologi terkini itu.

Ivan mengaku hal ini sesuai dengan arahan Wali Kota Tangerang Arief R Wismansyah agar memanfaatkan teknologi informasi yang saat ini tengah diwajibkan seiring perkembangan zaman.

Bahkan, kata dia, tidak hanya seputar absen, untuk memantau laporan pun mereka menggunakan teknologi, seperti laporan pohon tumbang, penyelesaian kerja pembersihan dilapangan, bahkan termasuk untuk pembuatan laporan jembatan timbang sampah yang masuk ke TPA Rawa Kucing.

Dengan begitu setiap sampah yang masuk akan termonitor dan kapasitas TPA Rawa Kucing dapat diketahui. Ivan menyebut ini semua sebagai bagian dari smart city.

“Jadi pertama tujuannya untuk efisiensi waktu, efisiensi laporan, dan laporan-laporan ini bersifat real time, jumlah pasokan sampah yang masuk dari setiap truk pun kita tahu, termasuk bahan bakar truk menghabiskan berapa kita mengetahuinya saat akan masuk ke TPA,” terang Ivan.

BANTEN
PLN Nyalakan Listrik Serentak 224 Masjid dan Musala di Banten

PLN Nyalakan Listrik Serentak 224 Masjid dan Musala di Banten

Jumat, 29 Maret 2024 | 09:38

Sebanyak 224 masjid dan musala di Provinsi Banten dinyalakan listrik serentak oleh PT PLN (Persero) Unit Induk Distribusi (UID) Banten, Kamis, 28 Maret 2024.

WISATA
Bulan Ramadan Ada Unjuk Rasa Umami Eats di Tangcity Mal

Bulan Ramadan Ada Unjuk Rasa Umami Eats di Tangcity Mal

Jumat, 29 Maret 2024 | 05:32

Memasuki bulan Ramadan banyak kegiatan-kegiatan digelar, salah satunya ialah Unjuk Rasa.

PROPERTI
Rekomendasi Warna Cat Rumah untuk Sambut Lebaran 2024

Rekomendasi Warna Cat Rumah untuk Sambut Lebaran 2024

Senin, 25 Maret 2024 | 20:03

Sudah menjadi tradisi di Indonesia, momen hari raya menjadi kesempatan yang baik untuk berkumpul bersama kerabat dan sahabat.

""Kekuatan dan perkembangan datang hanya dari usaha dan perjuangan yang terus menerus""

Napoleon Hill