Connect With Us

Bawa 15 Kg Peledak Plus 4 Rompi, Tentara Turki Tahan 34 Orang

EYD | Rabu, 10 Februari 2016 | 06:43

Tentara Turki melakukan sweeping kepada sejumlah orang yang diduga anggota ISIS (istimewa / tangerangnews)

TANGERANG – Tentara Turki menahan 34 orang yang masuk dari perbatasan Suriah dan kedapatan membawa bahan peledak serta rompi bom bunuh diri. Sekitar 15 kilogram bahan peledak dan empat rompi bunuh diri disita dari mereka.

“Sekitar 12-15 kilogram peledak dan empat rompi peledak yang bisa digunakan untuk serangan bom bunuh diri, ditemukan di dalam dua tas,” demikian pernyataan militer Turki seperti dilansir AFP, Rabu (10/2/2016).

Sebanyak 34 orang yang terdiri atas empat laki-laki, 10 wanita, dan 20 anak-anak dihentikan di kota perbatasan Karkamis, Turki. Dilaporkan kantor berita Turki, Dogan, seperti dilansir Reuters, 34 orang itu ditahan pada Selasa (9/2) malam waktu setempat.

Militer Turki tidak merinci lebih lanjut kelompok teror yang terlibat insiden ini. Namun, kota Karkamis diketahui terletak berseberangan dengan kota Jerabalus, Suriah, yang kini dikuasai militan Islamic State of Iraq and Syria (ISIS).

Penahanan ini terjadi ketika sekitar 30 ribu warga Suriah berkumpul di perbatasan Turki, tepatnya di Oncupinar yang berjarak sekitar 100 kilometer sebelah barat Karkamis. Puluhan ribu warga Suriah ini kabur dari rumah mereka setelah pasukan loyalis Presiden Bashar al-Assad mengepung kota Aleppo.

Turki sendiri telah menampung 2,7 juta pengungsi Suriah dan menolak untuk membiarkan aliran baru pengungsi ini masuk ke wilayahnya. Pada Selasa (9/2), PBB mendorong Turki untuk membuka perbatasannya untuk gelombang baru pengungsi Suriah ini.

Wakil Perdana Menteri Turki Numan Kurtulmus menyatakan, skenario terburuk terjadi jika 600 ribu pengungsi tiba di perbatasan negara itu. Kepolisian dan militer Turki tengah waspada tinggi dengan adanya militan yang berusaha menyusup ke wilayahnya, dengan memanfaatkan gelombang pengungsi.

Pada Januari lalu, sedikitnya 11 turis Jerman tewas akibat ledakan bom bunuh diri di distrik wisata Istanbul. Pelakunya diketahui sebagai warga Suriah yang bergabung dengan ISIS dan masuk ke wilayah Turki sebagai pengungsi.

HIBURAN
Jadwal Nonton dan Harga Tiket Film Siksa Kubur di Bioskop Tangerang Kamis 11 April 2024

Jadwal Nonton dan Harga Tiket Film Siksa Kubur di Bioskop Tangerang Kamis 11 April 2024

Kamis, 11 April 2024 | 06:53

Sutradara kawakan Joko Anwar mengeluarkan karya ke-10 dalam penyutradaraannya bertajuk "Siksa Kubur".

TEKNO
Terbaru, Cara Ubah Foto Jadi Stiker Tanpa Aplikasi Tambahan

Terbaru, Cara Ubah Foto Jadi Stiker Tanpa Aplikasi Tambahan

Jumat, 12 April 2024 | 14:02

Aplikasi perpesanan WhatsApp kembali mengeluarkan fitur terbaru, Jumat, 12 April 2024.

AYO! TANGERANG CERDAS
Terbatas hingga 31 Mei, Simak Syarat dan Cara Daftar Pra PPDB SD 2024 Kota Tangerang

Terbatas hingga 31 Mei, Simak Syarat dan Cara Daftar Pra PPDB SD 2024 Kota Tangerang

Kamis, 28 Maret 2024 | 12:29

Pemerintah Kota Tangerang telah membuka pendaftaran Pra Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) untuk tahun ajaran baru. Tahap ini merupakan bagian dari proses PPDB yang harus diikuti.

WISATA
Libur Lebaran 2024, 6 Rekomendasi Wisata Belanja di Kota Tangerang

Libur Lebaran 2024, 6 Rekomendasi Wisata Belanja di Kota Tangerang

Jumat, 12 April 2024 | 06:54

Selama libur Lebaran 2024, Kota Tangerang memiliki berbagai tempat yang masih dapat dikunjungi.

""Kekuatan dan perkembangan datang hanya dari usaha dan perjuangan yang terus menerus""

Napoleon Hill